FOLLOW US:


Review: Neymar Dua Gol, Brasil Clean Sheet

13-11-2014 03:35

 | Neymar

Review: Neymar Dua Gol, Brasil Clean Sheet
Brasil melanjutkan tren positif © Bola.net

Bola.net - Brasil meneruskan tren positif pasca kegagalan di Piala Dunia 2014. Menjalani partai uji coba di Ataturk Olimpiyat Stadi, Istanbul, pada hari Kamis (13/11) Selecao membungkam tuan rumah Turki dengan skor 4-0. Bagi The Crescent Stars, kekalahan ini menjadi yang ketiga dalam lima laga terakhir di semua kompetisi.

Pada awalnya, Turki masih mampu mempertahankan pertahanannya dengan tak memberi banyak ruang gerak. Oscar menjadi pemain pertama yang melepaskan tendangan on target, hanya saja bola mengarah tepat ke pelukan kiper Demirel.

Dua peluang berikutnya hadir dari aksi Neymar, kurang tenang saat melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti, peluang pun hilang. Lalu sebuah tusukan dari Willian memancing pemain Turki melakukan pelanggaran, tendangan bebas dieksekusi Neymar, skor belum berubah.

DI menit ke-20 sebuah serangan balik langsung meruntuhkan gawang Demirel. Berada beberapa meter di belakang garis tengah lapangan, Fernandinho mengirim umpan lambung yang dikejar Neymar. Kontrol dan dribel sempurna penyerang Barcelona itu diakhiri dengan sontekan yang mengubah kedudukan.

Empat menit kemudian tim tamu menggandakan keunggulan. Danilo yang sejak awal memang sangat aktif di sisi kanan melepas umpan silang yang ditujukan pada Luiz Adriano di depan gawang, sayangnya usaha Semih Kaya untuk memotong crossing itu membuat bola berbelok ke gawangnya sendiri.

Tak mampu mengembangkan tempo permainan, tuan rumah mengancam gawang Diego Alves lewat tendangan terukur Arda Turan, bola ditepis dan tendangan sudut tak menghasilkan apa-apa. Erding juga tak mampu memaksimalkan crossing Altintop beberapa menit berikutnya.

Pertandingan memasuki menit 44, Brasil makin menjauh. Neymar menembus kotak penalti lawan, melewati dua pemain, bola lepas tapi Willian berada dalam posisi yang pas untuk menyambarnya. Babak pertama pun usai dengan skor 3-0 untuk Samba.

Belum genap 10 menit berjalannya babak kedua, pertahanan Turki kembali dikoyak oleh aksi individu Willian yang melewati dua pemain di sisi kanan, gagal mengirim umpan, Brasil mendapatkan tendangan sudut. Dari skema itu David Luiz cukup bebas di muka gawang, tapi kiper pengganti, Babacan menunjukkan reaksi kelas atas untuk menggagalkan sundulan bek PSG itu.

Sentuhan satu-dua antara Neymar dan Willian dengan mudahnya membuka pertahanan lawan saat pertandingan memasuki menit 60. Neymar pun kembali mencatatkan namanya dalam papan skor setelah menempatkan bola ke tiang jauh. Unggul empat gol, penguasaan bola Brasil sedikit menurun, meski intensitas masih terjaga.

Akibatnya satu serangan Turki hampir membobol gawang juara dunia lima kali itu. Umpan Arda diteruskan Umut Bulut, lagi-lagi Diego Alves menghalaunya. Lima menit terakhir kedua tim sama-sama tak mau mengambil resiko dan lebih memilih menahan bola selama mungkin. Wasit Ravshan Irmatov meniup peluit panjang, skor tetap 4-0 untuk kemenangan Brasil.

Uji coba berikutnya, Brasil akan melawan Austria sementara Turki kembali bertarung di kualifikasi Euro 2016 dengan menjamu Kazakhstan.

Susunan pemain
Turki : Demirel (Babacan 46); Kaya, Irtegun, Koybasi, Tufan; Altintop, (Selcuk Inan 46) Topal (Camdal 79), Kisa (Erkin 46), Turan; Bulut (Potuk 85), Erding (Sen 46)

Brasil : Diego Alves; Danilo, Miranda, David Luiz, Filipe Luis; Luiz Gustavo (Fred 85), Fernandinho (Casemiro 73), Oscar (Coutinho 73); Willan (Douglas Costa 77), Luiz Adriano (Firmino 73), Neymar. (bola/dct)