FOLLOW US:


Review: Spanyol Pulang Dengan Kemenangan

24-06-2014 00:56

 | David Villa

Review: Spanyol Pulang Dengan Kemenangan
Spanyol tumbangkan Australia. © AFP
Bola.netBola.net - Australia menghadapi Spanyol dalam matchday terakhir Grup B Piala Dunia 2014. Laga ini digelar di Arena da Baixada Curitiba pada Senin (23/06).

Laga ini sebenarnya sudah tidak menentukan langkah kedua tim karena keduanya sudah dipastikan tersingkir dari Piala Dunia. Namun Spanyol yang tak mau pulang tanpa kemenangan akhirnya bisa unggul tiga gol tanpa balas lewat David Villa, Fernando Torres dan Juan Mata.

Laga dimulai dengan tempo sedang dengan Spanyol berusaha mengendalikan pertandingan. Dengan umpan-umpan pendek terukur, Spanyol perlahan-lahan mencoba menusuk pertahanan Australia.

Sebaliknya, Australia lebih banyak menunggu dan melancarkan serangan balik kilat. Selain dengan umpan-umpan panjang, Australia mencoba memanfaatkan kecepatan para pemainnya dalam melakukan dribel.

Spanyol secara umum belum menemukan ritme dan keganasan mereka seperti pada turnamen-turnamen sebelumnya. Namun superioritas Spanyol akhirnya berbuah gol lewat David Villa pada menit ke-36.

Juanfran melakukan overlap dan mengirim umpan cutback kepada Villa yang berada di depan gawang lawan. Villa menyelesaikan umpan itu dengan backheel flick yang mengelabui kiper Socceroos Mathew Ryan. Keunggulan satu gol ini bertahan hingga babak pertama usai.

Spanyol masih menguasai pertandingan pada babak kedua. Australia yang tampil bersemangat tidak bisa menandingi superioritas teknik lawan mereka di lapangan.

Meski demikian, Spanyol baru bisa menambah gol pada menit ke-69 lewat Fernando Torres. menerima umpan terukur dari Andres Iniesta, Torres menempatkan bola melewati dua kaki Ryan dan membuat kedudukan menjadi 2-0 untuk Spanyol.

Keunggulan Spanyol bertambah pada menit ke-82. Kerjasama dua pemain pengganti Cesc Fabregas dan Juan Mata sukses menjebol gawang Australia untuk kali ketika.

Mata yang lolos dari jebakan offside dengan tenang kembali mengelabui Ryan. Tendangan pelan Mata sukses melewati penjagaan Ryan dan membawa La Roja unggul semakin jauh.

Skor 3-0 ini bertahan hingga laga usai. Dengan hasil ini Spanyol sukses menempati peringkat tiga Grup B sementara Australia harus rela menjadi juru kunci.

Susunan pemain Australia: Ryan; McGowan, Spiranovic, Wilkinson, Davidson; McKay, Jedinak, Bozanic (Bresciano, 72'); Leckie, Taggart (Halloran, 46'), Oar (Troisi, 61').

Susunan pemain Spanyol: Pepe Reina; Juanfran, Albiol, Sergio Ramos, Jordi Alba; Xabi Alonso (Silva, 84'), Koke, Iniesta; Cazorla (fabregas, 68'), Fernando Torres, David Villa (Juan Mata, 57').