Roberto Mancini Usul Slot Otomatis ke Piala Dunia Ditambah

Abdi Rafi Akmal | 23 November 2022 00:30
Roberto Mancini Usul Slot Otomatis ke Piala Dunia Ditambah
Pelatih Timnas Italia Roberto Mancini. (c) AP Photo

Bola.net - Kegagalan Italia melaju ke Piala Dunia 2022 jadi ironi karena dua tahun sebelumnya, Gli Azzuri sukses merajai Piala Eropa. Oleh sebab itu, pelatih Roberto Mancini mengusulkan slot otomatis ke Piala Dunia ditambah.

Italia sendiri gagal lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2022 gara-gara hanya finis di posisi kedua di bawah Swiss pada kualifikasi zona Eropa. Namun, mereka diberi peluang lewat jalur play-off.

Awalnya Italia digadang-gadang bisa melalui play-off tersebut dengan mudah. Lalu, kejutan tercipta. Italia takluk dari Makedonia Utara di babak semifinal, sekaligus memupus kesempatan Italia terbang ke Qatar.

Mancini masih kesal jika mengingat-ingat kegagalan tersebut. Namun yang semakin membuatnya kesal karena Italia tidak mendapat slot otomatis ke Piala Dunia meski sudah menasbihkan diri sebagai yang terbaik di Eropa.

1 dari 3 halaman

Semua Benua Harus Seperti Itu

Saat ini, slot otomatis ke Piala Dunia hanya diberikan pada satu tim, yaitu tuan rumah. Sisanya harus melalui kualifikasi di zona masing-masing.

Dengan kata lain, Italia yang menjadi juara Piala Eropa harus mengikuti kualifikasi seperti tim lain. Di dalam pikiran Mancini, sistemnya seharusnya tidak seperti itu.

Italia dan negara-negara lain yang menjuarai turnamen di zonanya masing-masing seharusnya punya hak istimewa untuk langsung lolos ke putaran final.

“Jadi tidak hanya pemenang Piala Eropa, tetapi juga pemenang di setiap benua. Saya mengatakan ini demi sepak bola yang baik,” kata dia kepada Corriere Della Sera.

2 dari 3 halaman

Juara Bertahan Juga Wajib Lolos

Juara Bertahan Juga Wajib Lolos

Ronaldo mencium trofi Piala Dunia 2002 (c) FIFA

Tak hanya pemenang di setiap benua, Mancini juga mendorong supaya juara bertahan kembali mendapatkan jatah otomatis ke putaran final. Sistem semacam ini sudah diterapkan sejak edisi 1938 sampai 2002.

Jadi Brasil yang jadi juara Piala Dunia 2002 kala itu jadi juara bertahan pertama yang harus melalui jalur kualifikasi untuk lolos ke Piala Dunia 2006.

“Begitu pula dengan pemenang di edisi sebelumnya harusnya bisa langsung lolos. Memang beginilah seharusnya sejak lama,” lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Tidak Buru-buru Pikirkan 2026

Kegagalan mentas di edisi 2022 memaksa Italia harus benar-benar memaksimalkan peluang di edisi 2026. Namun, Mancini menegaskan tidak ingin buru-buru memikirkan hal itu.

“Saat ini kami tidak boleh memikirkan terlalu jauh ke depan. Piala Dunia 2026 kan masih sangat lama. Jadi fokusnya sekarang di final Nations League dan kualifikasi Euro,” terangnya.

“Secara pribadi saya masih ingin bertahan di sini untuk mencapai Piala Dunia. Tapi di sepak bola tidak ada yang pasti. Intinya kami kami ingin ke Piala Dunia selanjutnya dan memenangkannya,” tutup dia.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

Sumber: Corriere Della Sera

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR