Rodri Bermain Sebagai 'False 4' Saat Timnas Spanyol Bantai Kosta Rika, Apa Maksudnya?

Asad Arifin | 24 November 2022 11:28
Aksi pemain Timnas Spanyol, Rodri, pada duel lawan Kosta Rika di Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Julio Cortez

Bola.net - Luis Enrique membawa Timnas Spanyol meraih kemenangan telak 7-0 atas Kosta Rika pada matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022) malam WIB. Pada duel itu, Luis Enrique membuat terobosan dengan taktik 'false 9' dan 'false 4' sekaligus.

Spanyol tampil sangat dominan ketika berjumpa Kosta Rika. Bukan hanya dengan tujuh gol yang mereka cetak, La Roja juga punya penguasaan bola di atas 80 persen. Spanyol mendominasi sebagian besar jalannya laga di Stadion Al Thumama.

Di atas kertas, Luis Enrique memakai formasi 4-3-3. Tidak ada yang aneh dari pemilihan formasi itu. Namun, jika melihat pemilihan pemain dan pembagian peran, ada hal yang cukup unik dari taktik Luis Enrique.

Enrique memainkan Marco Asensio untuk peran 'false 9'. Lalu, Rodri bermain untuk peran 'false 4'. Apa maksud Enrique dan bagaimana penjelasan peran tersebut? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Apa itu 'False 4'?

Enrique memainkan Asensio untuk peran 'false 9'. Peran tersebut sudah jamak dipakai Timnas Spanyol. Di masa lalu, ada David Silva dan Andres Iniesta yang pernah memainkan peran tersebut. Kini, Asensio yang memainkannya.

Lalu, apa yang dimaksud dengan 'false 4' yang dimainkan Rodri pada duel lawan Kosta Rika?

Sebenarnya, ini bukan terobosan yang benar-benar baru. Di masa lalu, ada Javier Mascherano yang memainkan peran itu di Barcelona. Mascherano adalah pemain 'nomor 4'. Namun, dia bermain lebih dalam layaknya bek tengah. Dari situs, Mascherano tetap memainkan peran sebagai gelandang bertahan.

Mascherano lah yang melakukan distribusi bola dan mengatur ritme permainan, bukan dari posisi gelandang akan tetapi dari garis pertahanan. Peran seperti itulah yang dimainkan Rodri ketika Spanyol berjumpa Kosta Rika.

"Ini sangat mirip dengan pivot meskipun Anda harus tahu di mana orang terakhir berada. Pada prinsipnya, saya adalah pivot," ucap Rodri pada The Guardian.

2 dari 3 halaman

Apakah Rodri Menikmatinya?

Aksi pemain Timnas Spanyol, Rodri, pada duel lawan Kosta Rika di Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Pavel Golovkin

Bagi Rodri, peran 'false 4' bukan hal baru dalam kariernya. Dalam situasi tertentu, Rodri juga memainkannya di Manchester City. Kepada Sid Lowe dari The Guardian, Rodri menjelaskan bahwa dia tidak masalah dengan peran baru tersebut.

"Jika Anda lihat, Fernandinho bermain hampir sepanjang musim sebagai bek tengah. Fabinho juga bermain di sana ketika ada cedera. Mereka adalah gelandang. Saya pikir ini adalah konversi yang paling mudah dan paling logis," kata Rodri.

"Jika Anda menyerang pertahanan yang dalam, sebagian besar kontak yang Anda lakukan dengan bola sebagai bek tengah berada di zona pivot. Dengan bola, itu tidak berubah. Namun, tanpa bola, itu berbeda. Ada elemen lain: Anda tidak bisa naik kapan pun Anda mau, Anda harus menahan diri," kata pemain 26 tahun.

Sumber: The Guardian, Sid Lowe, Goal

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR