FOLLOW US:


Sepasang Tendangan Bebas Spesial Andrea Pirlo untuk Italia

05-05-2020 12:43

 | Gia Yuda Pradana

Sepasang Tendangan Bebas Spesial Andrea Pirlo untuk Italia
Andrea Pirlo © AFP

Bola.net - Andrea Pirlo adalah salah satu gelandang terbaik yang pernah memakai seragam tim nasional Italia. Dia juga merupakan pilar Azzurri ketika menjuarai Piala Dunia 2006.

Pirlo memainkan total 116 pertandingan bersama Italia selama periode 2002-2015. Selama itu, dia mencatatkan 13 gol internasional atas namanya.

Free-kick, alias tendangan bebas, adalah salah satu spesialisasi Pirlo.

Bertahun-tahun lalu, Pirlo pernah mencetak sepasang gol tendangan bebas untuk memastikan kemenangan Italia atas Skotlandia. Dalam artian tertentu, doppietta (brace) itu punya sebuah makna yang spesial.

1 dari 3

Kualifikasi Piala Dunia 2006

Italia menjamu Skotlandia di kota Milan pada 26 Maret 2005. Ini merupakan sebuah partai yang cukup krusial bagi Italia. Kemenangan akan memuluskan jalan pasukan Marcello Lippi ke putaran utama Piala Dunia 2006.

Italia mampu mengunci kemenangan. Italia menang 2-0.

Dua gol kemenangan Italia diborong oleh Pirlo, yang kala itu memperkuat klub AC Milan, di menit 35 dan 84. Dua gol itu semuanya diciptakan Pirlo lewat eksekusi tendangan bebas.

2 dari 3

Melengkung dan Mematikan

Dua tendangan bebas melengkung Pirlo membuat Skotlandia tak berdaya. Eksekusinya mematikan.

Ini salah satunya.

Cuplikan pertandingan yang lebih lengkap bisa dilihat di sini.

3 dari 3

Doppietta Satu-satunya

Doppietta (brace) kontra Skotlandia itu adalah satu-satunya doppietta yang pernah dicetak Pirlo dengan seragam tim nasional Italia.

Pemilik jumlah penampilan terbanyak ke-5 (116) dalam sejarah Italia itu memang bukan predator gol, jadi torehan golnya tidak banyak. Sepasang gol dalam sebuah pertandingan (doppietta) adalah pencapaian terbaiknya di tim nasional.

Namun, kalau untuk urusan mengatur tempo permainan, membangun serangan, maupun merancang peluang, l'architetto (Sang Arsitek) hampir tak ada duanya.