FOLLOW US:


Sergio Busquets Kritik FIFA Soal Rencana Piala Dunia dan Euro 2 Tahunan: Pemain Akan Meledak!

05-09-2021 01:42

 | Asad Arifin

Sergio Busquets Kritik FIFA Soal Rencana Piala Dunia dan Euro 2 Tahunan: Pemain Akan Meledak!
Gelandang Timnas Spanyol, Sergio Busquets © AP Photo

Bola.net - Gelandang Barcelona dan timnas Spanyol, Sergio Busquets, melontarkan kritik pedas pada rencana FIFA untuk menggelar turnamen besar dua tahun sekali. Dia menilai hal itu menjadikan pemain sebagai 'sapi perah'.

Saat ini di FIFA tengah bergulir wacana Euro dan Piala Dunia digelar dua tahun sekali. Sedangkan, yang sekarang terjadi, turnamen antarnegera paling bergengsi itu digelar empat tahun sekali.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, telah menunjukkan dukungan untuk proposal gelaran Piala Dunia dua tahunan. Rencana itu juga mendapat dukungan Arsene Wenger, sebagai chief of global football development FIFA.

1 dari 2

Kalender yang Sibuk

Busquets mengkritik rencana menggelar turnamen antarnegara itu dua tahun sekali. Menurutnya, rencana itu sama sekali tidak melibatkan pemain dan tidak melihat kepentingan pemain sebagai aktor utama di sepak bola.

"Untuk rencana Piala Dunia setiap dua tahun, para pemain tidak banyak bicara tentang keputusan itu,” kata Busquets pada konferensi pers dikutip dari Goal International.

"Kami hanya melihat kalender menjadi lebih sibuk ,dan lebih sibuk, dan mereka tidak peduli dengan para pemain."

"Mereka menginginkan lebih banyak Euro, lebih banyak Piala Dunia, lebih banyak Piala Dunia klub, lebih banyak pertandingan liga, lebih banyak pertandingan untuk setiap kompetisi," tegasnya.

2 dari 2

Meledak

Busquets merasa rencana makin banyak laga tiap musim bakal membuat pemain meledak. Mereka tidak punya waktu istirahat yang cukup panjang. Sementara, mereka dituntut untuk selalu berada pada top level setiap bermain.

"Akan ada momen ketika para pemain akan meledak karena permainan menjadi semakin menuntut dan kami memiliki lebih sedikit waktu untuk beristirahat," kata Busquets.

"Jadi sangat sulit untuk ditangani seperti yang kita lihat baru-baru ini dengan pandemi ini, di mana beberapa kompetisi yang berbeda bentrok."

"Semua ini akan membawa beberapa konsekuensi, jadi perlu ada pertemuan dan mendengarkan semua pihak," tutup Busquets.

Sumber: Goal International