FOLLOW US:


Sudah Lewati Rekor Gol Ronaldo, Pantaskah Neymar Disebut Legenda Brasil?

15-10-2020 06:00

 | Richard Andreas

Sudah Lewati Rekor Gol Ronaldo, Pantaskah Neymar Disebut Legenda Brasil?
Penyerang Brasil, Neymar, merayakan golnya ke gawang Peru dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022, Rabu (14/10/2020). © AP Photo

Bola.net - Resmi sudah, Neymar telah menyalip Ronaldo Nazario untuk posisi kedua top scorer sepanjang masa Timnas Brasil. Lantas, sudah pantaskah Neymar disebut sebagai legenda Brasil, bahkan melebihi Ronaldo?

Neymar memborong tiga gol pada kemenangan 4-2 Brasil atas Peru, Rabu (14/10/2020) kemarin. Dia merupakan salah satu pemain terpenting pada kemenangan Selecao.

Bintang PSG ini mengoleksi 64 gol dari 103 pertandingan sejak debut pada tahun 2010 lalu. Sekarang torehan gol Neymar hanya kalah dari Pele.

Pertanyaannya, apakah lantas Neymar sudah pantas disebut sebagai legenda Brasil?

1 dari 3

Jangan dibandingkan

Menukil Goal internasional, jumlah gol Neymar boleh jadi telah melampaui Ronaldo, tapi soal trofi dan sumbangsih dia masih kalah jauh.

Ronaldo pernah mempersembahkan trofi Piala Dunia untuk Brasil. Dia pun dipandang sebagai pemain paling berbakat milik Brasil yang pernah merajai Eropa.

Pelatih Brasil sekarang, Tite, menegaskan bahwa perbandingan ini tidaklah adil. Dia percaya Neymar tetap pemain hebat.

"Tidaklah adil membuat perbandingan seperti itu. Yang bisa saya katakan adalah Neymar sangat tidak bisa diprediksi," kata Tite.

2 dari 3

Pantaskah jadi legenda?

Status Pele dan Ronaldo sebagai legenda Brasil tidak bisa dibantah, tapi apakah Neymar sudah mencapai level itu? Secara angka sudah, tapi ukurannya tidak hanya itu.

Neymar sudah membungkus 64 gol, dan tak lama lagi bakal melewati rekor Pele dengan 77 gol. Namun, dia masih belum memberikan kesuksesan sejati di level internasional.

Pemain-pemain seperti Ronaldo, Rivaldo, Ronaldinho, bahkan Romario, adalah legenda Brasil yang telah mempersembahkan trofi tertinggi dunia. Saat ini level Neymar masih jauh di bawah mereka.

3 dari 3

Piala Dunia berikutnya

Belum lagi Neymar masih berurusan dengan cedera kambuhan. Dia juga harus belajar jadi lebih dewasa lagi, mengurangi kebiasaan dramatis di lapangan.

Sekarang Neymar sudah 28 tahun, mungkin akan segera melewati rekor gol Pele dan membuat sejarah baru.

Kendati demikian, statusnya sebagai legenda baru akan ditentukan dengan performanya di Piala Dunia 2022 Qatar nanti.

Sumber: Goal