Tak Panggil Trent ke Timnas Inggris, Ini Klarifikasi Southgate

Dimas Ardi Prasetya | 19 Maret 2021 18:27
Trent Alexander-Arnold. (c) Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Manajer Timnas Inggris Gareth Southgate mengaku ia tak memanggil Trent Alexander-Arnold ke skuat The Three Lions karena penampilannya mengalami penurunan dan menantangnya untuk segera kembali menemukan performa terbaiknya.

Jeda internasional di akhir Maret 2021 sudah di depan mata. Dalam jeda kali ini, banyak negara Eropa akan berjibaku di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Salah satunya tentu saja timnas Inggris. Mereka tergabung di Grup I bersama Albania, Andorra, Hungaria, Polandia, dan San Marino.

Southgate sudah memanggil sejumlah pemain ke skuat Inggris. Untuk pos bek kanan, ada Reece James, Kyle Walker, dan bahkan Kieran Trippier yang sebelumnya menjalani sanski larangan bermain selama 10 pekan gara-gara ketahuan berjudi.

1 dari 2 halaman

Alasan Trent tak Dipanggil Timnas Inggris

Gareth Southgate kemudian mengungkapkan apa alasan dirinya tidak memanggil Trent Alexander-Arnold ke Timnas Inggris. Dikatakannya, level permainan Trent belakangan ini bersama Liverpool terlihat menurun.

Kebetulan ada sejumlah pesaing lainnya di posisi itu yang tampil oke. Jadi ia pun harus membuat keputusan secara adil.

"Ada beberapa area lapangan di mana kami memiliki persaingan luar biasa untuk memperebutkan tempat dan Trent sangat disayangkan," ucap Southgate seperti dilansir Sportsmole.

"Saya tidak berpikir ia bermain di level yang ia temukan dalam beberapa tahun terakhir, tapi saya pikir ia sudah sangat dekat dengan itu sekarang. Saya pikir dalam beberapa minggu terakhir ia pasti mengambil langkah ke arah yang benar," cetusnya.

"Kami hanya berpikir Reece James, Kieran Trippier benar-benar memiliki musim yang luar biasa dengan klub mereka. Kyle Walker dalam performa bagus bersama Manchester City, jadi kami punya pemain lain di liga yang juga bermain bagus di posisi itu," terangnya.

2 dari 2 halaman

Tantangan untuk Trent

Gareth Southgate kemudian mencoba memberikan tantangan kepada Trent Alexander-Arnold. Ia mengatakan kepadanya agar bisa menempuh jalan yang sama seperti Kyle Walker dan Kieran Trippier sebelumnya.

"Apa yang saya katakan kepada Trent sebelumnya hari ini, saya telah melakukan panggilan yang sama ke Kyle dan Kieran di masa lalu dan tanggapan mereka bagus," ungkapnya.

"Mereka menerima tantangan dan menemukan diri mereka kembali ke dalam skuad dan Trent tentu saja adalah talenta super dan saya yakin ia akan memainkan peran besar di Inggris di masa depan," sambungnya.

"Ia absen kali ini. Tapi kita bisa membayangkan duduk di sini sebelum musim panas dan ia bersama kita," tandas Southgate.

Di laga pertama di Kualifikasi Piala Dunia 2021 nanti, Inggris akan bersua dengan San Marino pada 26 Maret. Dua hari kemudian Gareth Southgate akan memimpin timnya menghadapi Albania dan pada 1 April, The Three Lions akan berduel lawan Polandia. Sementara itu bagi Trent Alexander-Arnold sendiri, keputusan Southgate akan menguntungkannya dan Liverpool karena itu artinya ia bisa mendapatkan jatah istirahat yang cukup panjang.

(Sportsmole)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR