Termasuk Bidikan Manchester United, Ini 5 Pemain yang Paling Efektif di Fase Grup Piala Dunia 2022

Serafin Unus Pasi | 3 Desember 2022 17:25
Termasuk Bidikan Manchester United, Ini 5 Pemain yang Paling Efektif di Fase Grup Piala Dunia 2022
Selebrasi penyerang Belanda, Cody Gakpo di Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Petr David Josek

Bola.net - Manchester United disebut sedang menjadikan Piala Dunia 2022 ini sebagai ajang mencari sosok pengganti Cristiano Ronaldo. Salah satu pemain yang disebut sedang dalam pantauan Setan Merah adalah Cody Gakpo.

Kabar ketertarikan United kepada Gakpo sendiri bukan tanpa alasan. Pemain asal Belanda tersebut bermain apik sepanjang fase grup Piala Dunia 2022.

Sepanjang fase grup, Gakpo mencetak tiga gol bagi Belanda. Catatan gol tersebut juga menjadikannya sebagai salah satu pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2022 sejauh ini.

Selain itu, Gakpo juga mencatatkan prestasi lain. Ia juga menjadi salah seorang pemain yang paling efektif mencatatkan peluang di Piala Dunia 2022.

Bukah hanya Gakpo, ada sejumlah pemain lain yang juga tampil efektif dalam memanfatkan peluang yang mereka miliki.

Siapa saja pemain yang paling efektif memanfaatkan peluang di fase grup Piala Dunia 2022? Berikut lima di antara mereka.

1 dari 5 halaman

Alvaro Morata

Alvaro Morata

Piala Dunia 2022: Momen ketika striker Timnas Spanyol, Alvaro Morata membobol gawang Timnas Jerman (c) AP Photo/Matthias Schrader

Di peringkat kelima dalam daftar lima pemain yang paling efektif memanfaatkan peluang di fase grup Piala Dunia 2022 ada nama Alvaro Morata. Penyerang Spanyol ini memiliki efektivitas menuntaskan peluang dalam fase grup sebesar 0,5.

Sepanjang fase grup, Morata mencetak tiga gol bagi Spanyol. Tiga gol ini dicetaknya dari enam tembakan. Dari enam tembakan tersebut lima di antaranya tepat sasaran.

Secara kualitas peluang, enam tembakan Morata ini memiliki nilai expected goals (xG) sebesar 1,2. Artinya, rata-rata nilai xG pemain berusia 30 tahun tersebut 0,2.

2 dari 5 halaman

Breel Embolo

Breel Embolo

Pahlawan kemenangan Swiss saat jumpa Kamerun, Breel Embolo (c) AP Photo/Ebrahim Norooz

Breel Embolo menempati posisi empat dalam daftar lima pemain yang paling efektif memanfaatkan peluang di fase grup Piala Dunia 2022. Efektivitas pemain depan Swiss ini dalam menuntaskan peluang sepanjang fase grup sebesar 0,5.

Embolo mencetak dua gol bagi Swiss pada fase grup. Bagi pemain berusia 25 tahun tersebut, dua gol ini merupakan buah dari enoat tembakan yang ia lepaskan. Dari empat tembakan ini, tiga di antaranya mengarah tepat ke gawang lawan.

Untuk urusan kualitas peluang, Embolo mencatatkan nilai xG sebesar 2,0. Rata-rata, nilai xG peluangnya sebesar 0,5.

3 dari 5 halaman

Ritsu Doan

Ritsu Doan

Winger Jepang, Ritsu Doan, saat menjebol gawang Jerman di laga Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Matthias Schrader

Urutan ketiga dalam daftar lima pemain yang paling efektif memanfaatkan peluang di fase grup Piala Dunia 2022 ditempati Ritsu Doan. Di fase grup, pemain depan Jepang tersebut ditaksir memiliki efektivitas menuntaskan peluang sebesar 0,67.

Bagi Jepang, Doan merupakan kartu as mereka sepanjang fase grup. Ia mencetak dua gol bagi Samurai Biru di fase grup. Dua gol ini merupakan buah tiga tembakan yang ia lepaskan. Hebatnya, ketiga tembakan Doan tepat sasaran.

Untuk urusan kualitas peluang, Doan memiliki nilai xG sebesar 0,4. Rata-rata, tiap peluang pemain berusia 24 tahun tersebut adalah 0,133

4 dari 5 halaman

Giorgian De Arrascaeta

Giorgian De Arrascaeta

Giorgian De Arrascaeta merayakan golnya di laga Ghana vs Uruguay di matchday 3 Grup H Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium, Jumat (02/12/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Darko Vojinovic

Di peringkat kedua dalam daftar lima pemain yang paling efektif memanfaatkan peluang di fase grup Piala Dunia 2022 ada nama Giorgian De Arrascaeta. Gelandang Uruguay tersebut ditaksir memiliki efektivitas menuntaskan peluang sebesar 0,67.

De Arrascaeta mencetak dua gol bagi Uruguay pada fase grup Piala Dunia 2022 Qatar. Dua gol ini dicetaknya dari tiga tembakan yang dilepaskan. Tiga tembakan pemain 28 tahun tersebut kesemuanya tepat sasaran.

Nilai xG De Arrascaeta sendiri sebesar 1,2. Rata-rata, kualitas peluangnya sebesar 0,4.

5 dari 5 halaman

Cody Gakpo

Cody Gakpo

Ekspresi Cody Gakpo usai membobol gawang Qatar, Selasa (29/11/2022) (c) AP Photo/Moises Castillo

Cody Gakpo menempati posisi puncak dalam daftar lima pemain yang paling efektif memanfaatkan peluang di fase grup Piala Dunia 2022. Efektivitas pemain depan Belanda tersebut dalam menuntaskan peluang disebut sepanjang fase grup sebesar 0,75.

Sepanjang fase grup, Gakpo mencetak tiga gol. Tiga gol tersebut merupakan buah dari empat tembakan yang dilepaskan pemain 23 tahun ini sepanjang fase grup. Dari empat tembakan ini, tiga di antaranya tepat sasaran dan menjadi gol.

Untuk urusan kualitas peluang, Gakpo mencatatkan nilai xG sebesar 0,3. Rata-rata, kualitas tiap peluang pemain yang disebut dibidik Manchester United ini berada di angka 0,07.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR