FOLLOW US:


Thierry Henry: Kini Semua Kiper Akan Meniru Neuer

25-02-2015 01:00

 | Manuel Neuer

Thierry Henry: Kini Semua Kiper Akan Meniru Neuer
Manuel Neuer seorang kiper sekaligus libero © AFP

Bola.net - Tahun demi tahun, era demi era, sepak bola selalu mengalami perubahan. Dalam Piala Dunia 2014 kemarin, perubahan itu terlihat mencolok ada di posisi kiper atau lebih tepatnya yang dilakukan kiper Jerman, Manuel Neuer.

Itulah yang diyakini legenda Prancis dan Arsenal, Thierry Henry. Dalam wawancara bersama FIFA.com ia melihat Neuer telah merevolusi peran seorang penjaga gawang.

"Saya rasa Neuer mengubah persepsi kita atas pekerjaan seorang kiper. Aturan sudah berubah ketika kiper dilarang memegang bola hasil back-pass , tapi orang yang benar-benar melakukan revolusi di posisi penjaga gawang adalah Neuer.

"Dengan adanya Neuer, sebuah tim seperti memiliki pemain tambahan. Perubahan itu juga muncul karena kebebasan yang diberikan pelatihnya, tapi Neuer bisa melakukannya dan ia adalah seorang kiper yang benar-benar hebat."

Mantan striker Barcelona itu menilai apa yang dilakukan kiper utama Bayern Munich itu akan diikuti oleh kiper-kiper lainnya.

"Ia selalu tenang saat melepas umpan, ia seperti seorang libero sejati. Posisi libero muncul di era 80 dan 90 tapi sekarang Neuer adalah libero baru. Hal tersebut membuat semua orang di Piala Dunia kagum dan sekarang semua kiper akan mulai bermain sepertinya." (fifa/dct)