FOLLOW US:


Tiga Bek Jadi Pilihan Inggris di Piala Dunia 2018

10-10-2017 14:07
Tiga Bek Jadi Pilihan Inggris di Piala Dunia 2018
Gareth Southgate © AFP

Bola.net - Pelatih Inggris, Gareth Southgate mengatakan bahwa dirinya memperhatikan bahwa sistem tiga bek berjalan baik dan sesuai keinginannya. Dan karena itu, besar kemungkinan itu akan dia mainkan di Piala Dunia 2018.

Gareth Southgate ditunjuk sebagai pelatih interim Inggris pada 27 September 2016 menggantikan posisi Sam Allardyce yang mundur. Sejak itu, The Three Lions memang telah memainkan berbagai variasi taktik mulai dari sistem empat bek klasik, hingga bermain dengan tiga bek, seperti saat mengalahkan Lithuania pekan lalu.

Berbicara baru-baru ini soal sistem apa yang akan dia usung ke Rusia tahun depan, mantan pelatih Middlesbrough tersebut mengaku puas dengan kinerja timnya saat bermain dengan tiga bek.

"Dari sisi cara kami bermain dari belakang, tiga bek adalah pilihan yang lebih baik. Saat ini kami terlalu sering membalikkan, dan ketika kami melakukan itu, ini membuat dua bek tengah kami terbuka lebar," ujarnya.

"Tapi tiga bek memberikan kami stabilitas yang baik dan ini memberi kami solusi lebih mudah bagi pemain lini tengah kami juga. Anda memiliki sedikit waktu untuk bekerja dengan pemain sehingga semakin jelas mereka mendapatkan tekanan mereka akan semakin tahu apa yang akan terjadi," sambungnya.

"Kami punya beberapa pemain muda yang bisa memainkan bola, tiga bek tengah yang bermain lawan Lithuania, Harry Maguire, John Stones dan Michael Keane. Phil Jones salah satunya. Gary Cahill bermain di Chelsea dengan tiga bek. Kami harus memberi mereka kesempatan untuk memperbaiki diri," tambahnya.

Selain itu, dikatakan oleh Southgate bahwa sistem tiga bek juga memberikan dasar yang kuat untuk melakukan eksperimen di lini tengah dan di lini depan.

"Ini juga memungkinkan untuk mengganti apa yang kami mainkan di depan tiga bek kami. Mungkin bisa dua penyerang di laga-laga tertentu," imbuhnya.

"Kami harus fokus pada sistem dan benar-benar mencoba mengasahnya, mengerjakannya, memperbaikinya. Itu mungkin kami harus meninggalkan beberapa pemain bagus, tapi kami harus mulai mengambil keputusan di pemusatan latihan selanjutnya," tandasnya.