Tite Sebut Kemampuan Neymar Menjadi Pusat Permainan Brasil di Piala Dunia 2022

Asad Arifin | 6 Desember 2022 08:29
Tite Sebut Kemampuan Neymar Menjadi Pusat Permainan Brasil di Piala Dunia 2022
Selebrasi Neymar dalam laga 16 besar Piala Dunia 2022 Brasil vs Korea Selatan, Selasa (6/12/2022) (c) AP Photo/Pavel Golovkin

Bola.net - Timnas Brasil sukses melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022 setelah taklukkan Korea Selatan pada Selasa (6/12/2022). Tim asuhan Tite tersebut berhasil menang telak 4-1 atas Korea Selatan berkat penampilan apik para pemainnya.

Timnas Brasil memang dianugerahi segudang pemain bintang di berbagai posisi. Namun lini serang menjadi salah satu yang terbaik dengan beberapa pemain terbaik dunia, salah satunya adalah Neymar.

Di laga melawan Korea Selatan, peran Neymar sangat terasa sebagai penghubung antar pemain Brasil. Hal ini diakui pelatih Brasil, Tite yang merasa kemampuan teknik Neymar mendukungnya sebagai pusat permainan Selecao.

"Setiap orang memiliki karakteristik mencolok mereka sendiri, tetapi Neymar adalah pusatnya, yang memberdayakan (pemain) yang lain," terang Tite dikutip dari Fotmob.

1 dari 2 halaman

Kemampuan Teknik yang Luar Biasa

Kemampuan Teknik yang Luar Biasa

Neymar membawa bola di tengah kepungan pemain lawan di laga Brasil vs Serbia, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Darko Vojinovic

Pernyataan Tite tentang pentingnya peran Neymar di timnas Brasil bukan omong kosong semata. Pasalnya, absennya Neymar sangat terasa dalam permainan Brasil di beberapa laga sebelumnya.

Neymar harus absen akibat cedera yang dialaminya pada laga perdana Grup G Piala Dunia 2022 melawan Serbia. Tidak ada Neymar, Brasil hanya mampu menang 1-0 atas Swiss dan kalah mengejutkan dari Kamerun 1-0.

Namun kembalinya Neymar di laga melawan Korea Selatan langsung memberikan dampak yang signifikan. Hal itu terlihat di babak pertama dengan Brasil yang unggul empat gol tanpa balas dengan hadirnya Neymar.

“Dia (Neymar) adalah referensi dalam hal teknik. Neymar adalah pemimpin secara teknik. Ketika sebuah tim mencari pemain, mereka tahu bahwa mereka memiliki senjata di sana, (seseorang yang dapat membuat) perbedaan (dan itulah Neymar)," ucap Tite.

Dalam segi teknik, Neymar memang salah satu pemain yang paling baik. Neymar memiliki kemampuan yang lengkap secara teknik yang membuatnya mampu menggerakan permainan secara keseluruhan bersama pemain-pemain lainnya.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

2 dari 2 halaman

Kehadiran Neymar Memberi Motivasi Lebih

Kehadiran Neymar Memberi Motivasi Lebih

Jadwal perempat final Piala Dunia 2022 Qatar. (c) AP Photo/Manu Fernandez

Selain memiliki kemampuan teknikal yang luar biasa, kehadiran Neymar juga memberikan motivasi lebih bagi para pemain Brasil. Wajar saja mengingat Neymar merupakan sosok vital dan senior terutama di lini serang Selecao.

“Neymar, selain keterampilan teknisnya, dia memotivasi yang lain dan kami sangat senang dia kembali (dari cedera). Dia tampil hebat, dia pulih dan siap untuk tantangan baru,” terang asisten pelatih Brasil, Cesar Sampaio.

Selain Motivasi, Sampaio juga menyatakan bahwa kehadiran Neymar di lapangan memberikan perbedaan signifikan dalam permainan. Dengan adanya Neymar, Brasil mampu mencapai potensi sepenuhnya di Piala Dunia 2022.

Sumber: Fotmob

Penulis: Ahmad Daerobby

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR