FOLLOW US:


Trofi Piala Dunia Sedot Animo Tinggi Masyarakat

26-01-2010 21:10
Trofi Piala Dunia di Jakarta. (c)AP
Trofi Piala Dunia di Jakarta. (c)AP

Bola.net - Panitia "FIFA World Cup Trophy Tour by Coca Cola" hanya memberikan kesempatan bagi 10.000 pengunjung yang dapat berfoto bareng dengan trofi Piala Dunia yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (26/1).

Humas Coca Cola, Arif Mujahidin mengatakan, memang tidak semua pengunjung yang mendapat kesempatan berfoto bareng trofi asli Piala Dunia ini.

"Panitia membatasinya hanya untuk 10 ribu pengunjung saja. Kuota ini menurut Arif sama untuk tiap negara yang dilalui FIFA World Cup Trophy Tour by Coca Cola," katanya.

Ia mengatakan, untuk pengunjung lainnya hanya boleh melihat saja, namun tidak boleh berfoto. Aturan ini sama dengan negara-negara lainnya.

Bagi pengunjung yang hendak foto bareng harus mengantre di depan pintu masuk Assembly Hall yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Dalam ruangan, mereka dapat mengikuti games atau berfoto di bola raksasa atau Jabulani raksasa maupun Zakumi, maskot Piala Dunia 2010.

Ada lima stan yaitu "Indonesian Football, South African Football, Stadium, 3D Movie dan Trofi Piala Piala dunia".

Trofi Piala Dunia ini telah dan akan menempuh perjalanan keliling dunia menjelang putaran final Piala Dunia 2010. Sejauh ini, lebih dari 200.000 pecinta sepak bola di benua Afrika dan di sejumlah negara Asia telah menyaksikan rangkaian kegiatan terkait kunjungan Trofi dan mendapat kesempatan langka untuk berfoto bersama Trofi Piala Dunia tersebut.

"FIFA World Cup Trophy Tour by Coca-Cola " ini singgah di Indonesia sejak Minggu (24/1) lalu sebagai bagian dari kunjungannya ke 83 negara.

Rombongan trofi FIFA ini bersama Menegpora diterima Presiden SBY di Istana Kepresidenan.

Trofi memulai perjalanannya dari Kantor Pusat FIFA sejak 21 September 2009 dan terus berkeliling ke pelosok dunia sebelum akhirnya akan tiba di Afrika Selatan tanggal 4 Mei 2010.

Tur trofi Piala Dunia ini menempuh jarak 134.017 km atau tiga kali keliling bumi. Jakarta merupakan kota keempat di Asia yang mendapatkan kesempatan langka ini. Sebelumnya, trofi ini mengunjungi Calcutta, India (17/1), Ho Chi Minh City, Vietnam (20/1), dan Bangkok, Thailand (23/1). Setelah Indonesia, trofi akan berlanjut ke Malaysia.

Trofi Piala Dunia hanya diberikan bagi negara pemenang kejuaraan piala dunia. Tinggi trofi ini adalah 36,8 cm (14,5 inci) dan berat 6,175 gr (13,61 gram) serta terbuat dari emas 18 karat.

Negara pemenang akan menyimpan trofi otentik tersebut sampai kejuaraan dunia berikutnya berlangsung, lalu sebagai gantinya akan memperoleh trofi berlapis emas.

Bagian bawah trofi terdiri dari dua lapis logam malachite (copper carbonate), sementara pada sisi bawah trofi terukir tahun dan nama negara pemenang Piala Dunia FIFA sejak tahun 1974. (ant/zul)