FOLLOW US:


Wenger: Prancis Harusnya Minta Tanding Ulang

22-11-2009 21:54

 | Thierry Henry

Arsene Wenger, tanding ulang demi keadilan olah raga. (c)AP
Arsene Wenger, tanding ulang demi keadilan olah raga. (c)AP

Bola.net - Manajer Arsenal, Arsene Wenger, menanggapi wacana pertandingan ulang yang diminta Federasi Sepak Bola Republik Irlandia (FAI) kepada FIFA sebagai buntut aksi handball kontroversial Thierry Henry pada pertandingan playoff di Stade de France, Kamis (18/11) pekan lalu.

Gol William Gallas yang menyamakan kedudukan menjadi 1-1 (agregat 2-1 untuk keunggulan Prancis) tercipta berkat handball Thiery Henry sebelum memberi umpan kepada mantan rekan satu timnya di Arsenal itu.

Meski FIFA telah menolak mentah-mentah terhadap wacana tanding ulang, Wenger menilai tanding ulang seharusnya diajukan oleh Federasi Sepak Bola Prancis (FFF), bukan FAI atau FIFA.

Menurut Wenger, Henry telah menunjukkan sikap yang benar dengan mengatakan pertandingan ulang sebagai "solusi paling adil". Wenger menganggap tanding ulang sebagai salah satu jalan menegakkan "keadilan dalam olah raga".

"Menurut saya Federasi Sepak Bola Prancis-lah yang harus mengajukan tanding ulang," ujar Wenger pada situs resmi Arsenal.

"Henry telah melakukan banyak hal untuk sepak bola Prancis dan mereka (FFF) harus membantunya,"

"Manajer Prancis adalah bagian dari sepak bola Prancis dan menurut saya kredibilitas sepak bola Prancis di Piala Dunia akan bergantung pada situasi ini," lanjut pelatih yang konon akan ditunjuk Inggris sebagai duta pencalonan mereka sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 itu. (bola/zul)