5 Pelajaran Duel Belgia vs Prancis: Pertunjukan Mental Juara Les Bleus, Siap Bungkam Spanyol?

Ari Prayoga | 8 Oktober 2021 06:30
Selebrasi Karim Benzema usai mencetak gol di laga Belgia vs Prancis, semifinal UEFA Nations League 2021 (c) AP Photo

Bola.net - Prancis secara dramatis sukses mengalahkan Belgia dengan skor 3-2 dalam partai semifinal UEFA Nations League 2021 yang digelar di Allianz Stadium, Turin, Jumat (8/10/2021) dini hari WIB.

Prancis sejatinya sempat tertinggal dua gol terlebih dahulu akibat aksi Yannick Carrasco dan Romelu Lukaku di babak pertama. Namun, Les Bleus sukses bangkit dan membalikkan keadaan di paruh kedua.

Setelah memperkecil ketinggalan lewat gol Karim Benzema, Prancis membuat skor menjadi imbang berkat eksekusi penalti Kylian Mbappe dan kemudian memastikan kemenangan lewat tembakan jarak jauh Theo Hernandez.

Berkat hasil ini, Prancis berhak melaju ke partai final dan akan menghadapi Spanyol pada Senin (11/10/2021) dini hari WIB mendatang. Sementara itu, Belgia akan bertemu Italia di partai perebutan tempat ketiga.

Sejumlah pelajaran bisa dipetik dari pertemuan Belgia vs Prancis ini. Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 5 halaman

Mental Juara Prancis

Kylian Mbappe, penyerang Prancis (c) AP Photo

Prancis benar-benar menunjukkan mental juara mereka pada laga ini. Tertinggal dua gol di babak pertama jelas bukanlah persoalan enteng bagi tim mana pun.

Namun, Prancis membuktikan bahwa di saat-saat genting mental memang berbicara. Dan, Les Bleus menunjukkan bahwa mereka mampu mengejar ketinggalan, bahkan membalikkan kedudukan.

2 dari 5 halaman

Trio Lini Depan Maut

Karim Benzema dan Kylian Mbappe saat membela Timnas Prancis (c) AP Photo

Kunci mengapa Prancis bisa membalikkan kedudukan di babak kedua tentu saja ada pada trio lini depan mereka, Kylian Mbappe, Karim Benzema, dan Antoine Griezmann yang tampil impresif.

Benzema mencetak gol dengan cara luar biasa, sedangkan ketenangan Mbappe dalam mengeksekusi penalti mampu membawa Prancis menyamakan skor sekaligus makin bernafsu untuk menang.

Griezmann sendiri berperan dalam mendapatkan hadiah penalti usai ia dilanggar oleh Youri Tielemans di kotak terlarang.

3 dari 5 halaman

Keberuntungan Prancis

Duel Belgia vs Prancis di semifinal UEFA Nations League 2021 (c) AP Photo

Terlepas dari semuanya, Prancis memang bisa dibilang memiliki keberuntungan yang lebih banyak dari Belgia dalam keberhasilan mereka kali ini.

Insiden terjatuhnya Griezmann di kotak terlarang sejatinya tak diputuskan wasit sebagai pelanggaran, sebelum pada akhirnya VAR ikut campur.

Sementara itu, Romelu Lukaku sempat mencetak gol ketika skor 2-2 sebelum kemudian dianulir VAR karena ia lebih dahulu offside.

4 dari 5 halaman

Belgia Lagi-Lagi Gagal

Selebrasi Romelu Lukaku dan Kevin De Bruyne, Belgia vs Prancis, semifinal UEFA Nations League 2021 (c) AP Photo

Lagi-lagi Belgia mengalami kegagalan meraih gelar juara di turnamen besar meski memiliki materi pemain yang sangat mewah dengan keberadaan para bintang.

Sejak dilatih Roberto Martinez, pencapaian terbaik Belgia masih tetap semifinal, yakni pada Piala Dunia 2018 dan UEFA Nations League 2021 ini.

5 dari 5 halaman

Prancis Siap Juara?

Duel Belgia vs Prancis di semifinal UEFA Nations League 2021 (c) AP Photo

Laga seru dipastikan akan tersaji dari San Siro, Milan kala Prancis bertemu Spanyol yang sebelumnya menyingkirkan juara Eropa, Italia di semifinal.

Menarik dinanti bagaimana perang strategi yang terjadi antara Didier Deschamp dengan Luis Enrique pada laga final nanti.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR