Bolanet Scout: 5 Pemain Italia yang Wajib Masuk Daftar Belanja Klub Besar Usai Euro 2020

Yaumil Azis | 12 Juli 2021 11:00
Bolanet Scout: 5 Pemain Italia yang Wajib Masuk Daftar Belanja Klub Besar Usai Euro 2020
Selebrasi timnas Italia setelah memastikan sebagai juara Euro 2020. (c) AP Photo

Bola.net - Italia berhasil keluar sebagai juara Euro 2020 usai mengalahkan Inggris lewat drama adu penalti di babak final, Senin (12/7/2021) dini hari tadi. Prestasi semacam ini bisa membuat beberapa nama anak asuh Roberto Mancini tersebut bisa laris di pasaran.

Apalagi Italia memiliki beberapa nama yang tidak dikenal secara luas sebelum kompetisi digelar. Sebut saja Matteo Pessina, Manuel Locatelli, hingga Domenico Berardi. Walaupun ketiga nama di atas sudah mencuri perhatian di kancah domestik.

Italia juga diperkuat oleh sejumlah pemain bintang seperti Marco Verratti, Jorginho, hingga Gianluigi Donnarumma. Namun karena berbagai alasan, mereka sepertinya tidak tersedia di bursa transfer musim panas ini. Jikalau iya, klub harus menyediakan uang banyak untuk bisa mendapatkannya.

Bolanet Scout mengumpulkan lima pemain Italia yang paling realistis untuk direkrut klub besar pada musim panas ini beserta informasi singkatnya. Informasi selengkapnya bisa Bolaneters simak di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Domenico Berardi

Pemain Sassuolo ini juga turut terlibat dalam laga final. Sayangnya, ia tidak punya waktu banyak untuk memberikan dampak vital pada kemenangan Italia selain golnya dalam drama adu penalti. Mancini memainkan Berardi sebagai starter cukup sering di fase grup.

Seiring berjalannya waktu, Federico Chiesa mampu merebut tempatnya di starting XI. Namun itu tidak menjadi alasan untuk mempertanyakan kualitasnya. Apa yang ditunjukkan Berardi di fase grup seharusnya bisa menarik perhatian klub besar.

Pada pertandingan pertama kontra Turki, Berardi berkontribusi besar di balik gol bunuh diri yang diciptakan Merih Demiral. Ia pun memberikan asis yang membantu Manuel Locatelli mencetak gol kala menghadapi Swiss dalam laga kedua.

Berardi pun gemilang di level klub. Ia menghasilkan total 17 gol dan delapan asis dari 30 penampilan yang membantu Sassuolo finis di peringkat delapan klasemen Serie A. Catatan di atas seharusnya sudah cukup untuk meyakinkan klub besar merekrutnya.

Taksiran harga Transfermarkt: 35 juta euro

2 dari 5 halaman

Matteo Pessina

Nama Pessina sangat jarang dibicarakan sebelum sang gelandang mendapatkan panggilan untuk memperkuat Italia di ajang Euro 2020. Padahal, ia adalah salah satu sosok yang berjasa membawa Atalanta finis di empat besar klasemen Serie A.

Bukan sesuatu yang mengherankan, memang. Meningat La Dea punya banyak pemain bertalenta di dalam skuatnya. Sebut saja Remo Freuler, Duvan Zapata, Josip Ilicic hingga Cristian Romero yang baru saja membantu Argentina juara Copa America 2021.

Pessina juga bukan seorang kreator gol ataupun asis yang ulung, di mana dirinya cuyma mampu menghasilkan dua gol dan asis pada musim 2020/21 lalu. Namun itu cukup untuk membuat Gian Piero Gasperini memainkannya sebagai starter sebanyak 21 kali di Serie A.

Kendati demikian, Pessina bisa menjadi jawaban ketika sebuah klub membutuhkan gol penting. Ia menunjukkan bakat ini dalam laga melawan Wales dan Austria, di mana dirinya menjadi sosok krusial di balik kemenangan Italia.

Taksiran harga Transfermarkt: 20 juta euro

3 dari 5 halaman

Manuel Locatelli

Namanya meledak setelah berhasil mencetak dua gol kala Italia berhasil mengalahkan Swiss di laga kedua fase grup. Berkat kedua gol tersebut, Gli Azzurri mampu keluar sebagai pemenang dengan skor telak 3-0.

Sebelum artikel ini diterbitkan, Locatelli diketahui telah menarik perhatian dua klub raksasa Eropa yakni Arsenal dan Juventus. Tapi kami berpendapat kalau Locatelli pantas mendapatkan eksposur yang lebih besar setelah Italia berhasil menjadi juara.

Menyebut Locatelli sebagai calon pemain 'one-hit wonder' adalah kesalahan besar. Ia sudah tampil apik sejak lama dan sempat jadi pemain penting Milan pada musim 2016/17 dan 2017/18. Waktu itu, usianya masih sangat belia.

Ia merupakan penggawa penting Sassuolo dan mencatatkan 34 penampilan di semua kompetisi, mengantongi rata-rata 1.1 key pass per laga, akuasi umpan mencapai 88.3 persen, dan membuat empat gol serta dua asis.

Taksiran harga Transfermarkt: 35 juta euro

4 dari 5 halaman

Nicolo Barella

Ketika berbicara soal lini tengah Italia, publik seringkali tertuju kepada Jorginho dan Marco Verratti. Padahal lini tengah Italia juga bisa kuat seperti ini berkat kehadiran gelandang Inter Milan, Nicolo Barella.

Perlu dicatat kalau Barella bermain sebagai starter sebanyak enam kali di kompetisi ini. Ia cuma absen ketika Italia melawan Wales pada laga terakhir fase grup, di mana mereka sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Kontribusi Barella memang tidak semenonjol dua rekannya di lini tengah. Kendati demikian, ia juga berjasa besar dalam menjaga keseimbangan permainan Gli Azzurri. Dan tanpa disadari, Barella menghasilkan satu gol dan dua asis di ajang ini.

Di level klub, Barella adalah pemain berharga dalam strategi Inter Milan asuhan Antonio Conte. Ia juga turut berkontribusi dalam keberhasilan Nerazzurri menjuarai Serie A 2020/21. Merekrutnya mungkin akan menjadi misi berat, namun kendala finansial yang dialami Inter membuat semuanya bisa saja terjadi.

Taksiran harga Transfermarkt: 65 juta euro

5 dari 5 halaman

Emerson Palmieri

Emerson Palmieri tidak pernah dianggap sebagai pilihan utama, baik di level klub maupun timnas. Akan tetapi, penampilannya tak pernah mengecewakan jika diberi kesempatan. Ia membuktikan itu selama pagelaran Euro 2020 berlangsung.

Pria berumur 26 tahun tersebut kalah saing dengan Leonardo Spinazzola yang tampil gemilang. Namun begitu pemain AS Roma itu mengalami cedera, Mancini jadi tidak memiliki pilihan selain memainkan Palmieri sejak menit awal di laga-laga sisa.

Ia tidak mengecewakan. Kehadirannya di sisi kiri pertahanan tidak mengubah kualitas lini pertahanan Italia. Palmieri juga mampu menjalankan peran sebagai wingback dengan menyusuri sisi kiri lapangan tanpa masalah.

Mengingat dirinya bukan pilihan utama buat Chelsea, peluang untuk merekrutnya di musim panas ini terbilang besar. Klub-klub papan atas Eropa sudah pasti bisa mempercayakan sisi kiri kepada Palmieri tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

Taksiran harga Transfermarkt: 12 juta euro

(Transfermarkt)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR