FOLLOW US:


Bos Belanda: Inggris Berhutang Budi pada Gareth Southgate!

06-06-2019 14:40

 | Serafin Unus Pasi

Bos Belanda: Inggris Berhutang Budi pada Gareth Southgate!
Gareth Southgate © AP

Bola.net - Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman memberikan pujian setinggi langit kepada Gareth Southgate. Ia percaya bahwa berkat pelatih 47 tahun ini, Timnas Inggris saat ini menjelma menjadi tim yang menakutkan di benua biru.

Southgate pertama kali diangkat menjadi manajer tim senior Inggris di tahun 2016 silam. Ia yang pada saat itu melatih Timnas U-21 Inggris dipromosikan setelah Sam Allardyce pada saat itu tersangkut skandal.

Sejauh ini Southgate melakukan pekerjaan yang luar biasa bersama Inggris. Selain membawa The Three Lions lolos ke semifinal Piala Dunia 2018, ia juga berhasil membawa Jordan Henderson dan kolega bermain di semifinal UEFA Nations League tahun ini.

Di mata Koeman, prestasi Inggris ini disebabkan buah kejeniusan Gareth Southgate, sehingga Koeman merasa sang pelatih layak mendapatkan banyak kredit atas pekerjaannya. "Itulah mengapa saya mengatakan Southgate telah melakukan pekerjaan yang fantastis," ujar Koeman yang dikutip Sportsmole.

Baca komentar lengkap sang pelatih di bawah ini.

1 dari 2

Ubah Situasi

Koeman menyebut bahwa Inggris tengah mengalami keterpurukan sebelum Southgate mengambil alih. Untuk itu ia merasa Southgate telah merevolusi Timnas Inggris.

"Saya rasa pada sekitar tahun 2014 ke 2016, Inggris tengan mengalami periode yang sangat sulit."

"Namun setelah Gareth Southgate mengambil alih pelatih Inggris, segalanya berubah. Ia memberikan kesempatan kepada para pemain muda untuk beraksi dan itu memberikan dampak yang besar bagi Tim Nasional mereka."

2 dari 2

Belajar Banyak

Koeman pada kesempatan ini tidak sungkan mengakui bahwa ia banyak meniru metode Southgate di Timnas Belanda.

Ia merasa metode Southgate itu berhasil meningkatkan performa skuat Die Oranje sehingga ia menaruh hormat yang tinggi kepada juru taktik The Three Lions tersebut.

"Apa yang dilakukan Southgate menjadi contoh bagi kami di Timnas Belanda. Bagaimana cara ia menyusun skuatnya, bagaimana ia memberikan kesempatan bermain kepada pemain muda."

"Itu semua membuat timnya memiliki banyak pemain yang berkualitas. Itulah mengapa Tim Nasional mereka benar-benar kuat saat ini." tandasnya.