Hasil Pertandingan Belanda vs Prancis: Skor 2-0

Bola.net | 17 November 2018 04:46
Georginio Wijnaldum (Bawah) Bersama Memphis Depay (c) AFP

Bola.net - - Sang Juara Dunia Takluk di Hadapan Belanda

Status juara bertahan Piala Dunia tidak membuat Prancis bisa dengan mudah meraih kemenangan atas Belanda dalam laga lanjutan UEFA Nations League, Sabtu (17/11). Malahan, tim asuhan Didier Deschamps itu kalah dengan skor 0-2.

Belanda nyaris memulai laga dengan sempurna andai saja Georginio Wijnaldum bisa memanfaatkan peluang bersih pada menit kedua. Tembakannya, setelah diberi umpan oleh Memphis Depay, berhasil diselamatkan dengan baik oleh Hugo Lloris.

Pelan tapi pasti, permainan Prancis mulai hidup. Pada menit ke-10, Les Blues mendapatkan peluang dari kaki Antoine Griezmann melalui skema serangan balik. Untungnya Jasper Cillessen masih bisa menyelamatkan bola.

1 dari 3 halaman

Lanjutan Babak Pertama

Depay kembali membuat pertahanan Prancis kocar-kacir. Menit ke-25, pemain Olympique Lyon tersebut berhasil melewati barisan bek Les Blues dengan kecepatan tinggi usai mendapatkan umpan terobosan apik dari rekan setimnya. Sayang, ia sudah terlanjur terjebak offside.

Empat menit setelahnya, giliran Prancis yang memberikan ancaman. Sepakan Griezmann dari tendangan bebas berhasil dihalau, namun bola jatuh di kaki Benjamin Parvard yang langsung melepas tembakan voli dari luar kotak penalti. Kurang beruntung, tembakan kerasnya hanya melewati mistar gawang.

Belanda Gol! Menit ke-44, Steven Nzonzi melakukan kesalahan dalam mengantisipasi umpan silang sehingga bola jatuh di kaki Ryan Babel. Tembakan sang penyerang berhasil ditepis Hugo Lloris, namun Wijnaldum berhasil menyambar bola liar dan menyarangkannya ke gawang Prancis. 1-0.

Setelah mencetak gol, Belanda tampak lebih mudah menguasai pertandingan. Namun tidak ada gol lagi yang tercipta di sisa-sisa menit, membuat skor 1-0 untuk Der Oranje bertahan hingga jeda.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Babak kedua dimulai dengan penguasaan bola dari Belanda. Skuat besutan Ronald Koeman tersebut masih tampil digdaya dan menunjukkan penguasaan bola sejak menit-menit awal permainan.

Menit ke-60, Belanda mendapatkan peluang. Berawal dari sepak pojok, bola kiriman Depay mengarah ke kepala Virgil van Dijk yang berada di kotak penalti Prancis. Sayang, sundulan bek Liverpool tersebut masih melewati mistar gawang.

Dua menit setelahnya, Belanda kembali membuat Lloris kerepotan. Kiper Tottenham itu harus melakukan penyelamatan ganda atas peluang Denzel Dumfries, yang mendapatkan umpan silang dari Daley Blind.

Lagi-lagi Lloris! Di menit ke-72, Belanda dihadiahi tendangan bebas setelah Depay dijatuhkan oleh Pavard di luar kotak penalti. Dipercaya sebagai eksekutor, Depay mengarahkan bola mendatar ke arah tiang jauh, namun Lloris berhasil menepis hingga menghasilkan sepak pojok.

Lloris kembali menjadi penyelamat gawang Prancis. Pada menit-menit akhir pertandingan, kiper veteran tersebut berhasil menepis tembakan jarak jauh yang dilepaskan oleh pemain muda Belanda, Frankie De Jong.

Penalti untuk Belanda! Performa gemilang De Jong membuatnya harus dijatuhkan di kotak terlarang oleh pemain Prancis. Memphis Depay sukses mengeksekusi penalti sekaligus menggandakan keunggulan Belanda 2-0 pada menit-menit akhir.

Tepat setelah penalti dieksekusi dengan baik oleh Depay, wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Belanda tampil apik dan pantas meraih kemenangan atas sang juara Piala Dunia 2018 tersebut.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Belanda (4-3-3): Jasper Cillessen; Denzel Dumfries, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Daley Blind; Marten de Roon, Georginio Wijnaldum (Tonny Vilhena 89'), Frenkie de Jong; Ryan Babel (Nathan Ake 90'), Steven Bergwijn (Quincy Promes 86'), Memphis Depay.

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Presnel Kimpembe, Lucas Digne; N'Golo Kante, Steven Nzonzi (Tanguy NDombele 81'); Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Blaise Matuidi (Moussa Sissoko 65'); Olivier Giroud (Ousmane Dembele 65').

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR