Inggris Harus Main Seperti Chelsea-Man City, Jangan Seperti Fulham!

Richard Andreas | 10 Juni 2021 16:30
Skuad Inggris merayakan gol ke gawang San Marino, Kualifikasi Piala Dunia 2022. (c) AP Photo

Bola.net - Timnas Inggris diminta bermain berani di Euro 2020 mendatang. Inggris punya pemain yang biasa tampil dengan tempo Premier League, hal ini seharusnya bisa jadi kekuatan mereka.

Inggris memasuki Euro 2020 ini sebagai salah satu favorit. Gareth Southgate memiliki skuad muda yang cukup mumpuni, ada banyak pemain top di level klub.

Meski begitu, komposisi pemain top saja tidak akan cukup. Inggris harus menyuguhkan permainan tepat dengan pilihan taktik yang bisa memaksimalkan potensi mereka.

1 dari 2 halaman

Seperti Chelsea Man City!

Keresahan soal taktik Inggris ini disampaikan oleh analis Premier League, Paul Merson. Menurutnya, Inggris harus bermain dengan gaya sepak bola cepat khas Premier League.

"Kami [Inggris] harus bermain dalam tempo yang tepat. Jika kami bisa bermain di level Premier League seperti Man City dan Chelsea saat melawan Real Madrid, Atletico Madrid, PSG maka negara-negara lawan pasti akan kerepotan," kata Merson di Sky Sports.

"Karena tempo inilah semua orang di seluruh dunia ingin menonton Premier League. Permainannya begitu cepat, ada tembakan ke gawang di satu sisi, lalu 30 detik berikutnya ada tendangan sudut di sisi lain."

"Inggris harus bermain dengan cara itu," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Jangan seperti Fulham

Sayangnya, Merson tidak selalu melihat permainan seperti itu dalam beberapa laga uji coba terakhir. Dia melihat Inggris bermain terlalu lambat dan terlalu banyak bermain di belakang.

"Sayangnya, yang saya lihat dalam beberapa laga terakhir adalah kami bermain dengan gaya Fulham tepat setelah kick-off!" lanjut Merson.

"Kami mengirim bola kembali ke belakang untuk bek tengah, dua-tiga sentuhan, lalu dioper ke bek tengah lainnya, lalu dioper kembali ke kiper."

"Jika kami tetap bermain seperti itu, kami tidak akan punya peluang, jelas tidak ada," tutupnya.

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR