Ini Daftar Pemain Tertua yang Memenangi Kejuaraan Euro

Serafin Unus Pasi | 11 Juni 2021 22:10
Pepe & Ricardo Quaresma (c) AFP

Bola.net - Gelaran Euro 2020 bakal mulai dihelat dalam beberapa jam lagi. Sebelas kota di sebelas negara bakal menjadi tempat dihelatnya turnamen sepak bola antarnegara paling bergengsi di Benua Eropa tersebut.

Edisi ini akan menjadi gelaran ke-16 bagi ajang yang dihelat pertama kali pada 1960 tersebut.

Sepanjang gelaran Piala Eropa, ratusan pemain sudah terlibat. Tak hanya pemain muda yang memanfaatkan ajang ini untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka. Sejumlah pemain senior pun menjadikan turnamen ini sebagai sarana untuk pensiun dengan happy ending.

Ada sejumlah pemain senior yang sukses menjadikan ajang ini sarana mereka untuk meraih prestasi terakhir sebelum gantung sepatu. Para pemain tersebut bahkan ada yang sukses meraih gelar juara Piala Eropa di usia senja mereka.

Siapa saja para pesepak bola tertua yang meraih gelar juara Piala Eropa? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 10 halaman

Pepe

Pepe (c) AFP

Pepe berada di peringkat kesebelas dalam daftar pemain tertua yang mampu menjuarai Piala Eropa. Pemain belakang lugas ini membantu Portugal meraih gelar juara Euro 2016 saat berusia 33 tahun dan 135 hari.

2 dari 10 halaman

Antonios Nikopolidis

Posisi kesepuluh dalam daftar pemain tertua yang mampu menjuarai Piala Eropa ditempati Antonios Nikopolidis. Kiper Timnas Yunani ini mampu membawa Skuad Para Dewa tersebut meraih gelar juara Euro 2004 kala berusia 33 tahun dan 172 hari.

3 dari 10 halaman

Stefan Kuntz

Stefan Kuntz berada di peringkat kesembilan dalam daftar pemain tertua yang mampu menjuarai Piala Eropa. Penyerang Timnas Jerman ini membantu Der Panzer meraih gelar juara Euro 1996 kala berusia 33 tahun dan 244 hari.

4 dari 10 halaman

Eduardo Carvalho

Posisi delapan dalam daftar pemain tertua yang mampu menjuarai Piala Eropa ditempati oleh Eduardo Carvalho. Kiper Timnas Portugal ini sukses membantu Selecao meraih gelar juara Euro 2016. Waktu itu, Eduardo berusia 33 tahun dan 295 hari.

Ivo Viktor berada di peringkat ketujuh dalam daftar pemain tertua yang mampu menjuarai Piala Eropa. Pemain Timnas Cekoslovakia ini sukses mengantarkan negaranya menjuarai gelaran Euro 1976. Waktu itu, pemain berposisi kiper ini berusia 34 tahun dan 30 hari.

5 dari 10 halaman

Andreas Kopke

Posisi enam dalam daftar pemain tertua yang mampu menjuarai Piala Eropa adalah Andreas Kopke. Kiper Timnas Jerman ini berhasil mengantarkan Der Panzer meraih gelar juara Euro 1996 saat berusia 34 tahun 110 hari.

6 dari 10 halaman

Laurent Blanc

Laurent Blanc (c) Popperfoto

Laurent Blanc menempati peringkat kelima dalam daftar pemain tertua yang mampu menjuarai Piala Eropa. Pemain belakang Timnas Prancis ini sukses mengantarkan Les Bleus menjadi juara Euro 2000 kala berusia 34 tahun dan 226 hari.

7 dari 10 halaman

Andres Palop

Andres Palop (c) AFP

Posisi empat dalam daftar pemain tertua yang mampu menjuarai Piala Eropa ditempati oleh Andres Palop. Kiper Timnas Spanyol tersebut berhasil mengantarkan La Furia Roja menjuarai gelaran Euro 2008. Waktu itu, Palop berusia 34 tahun 251 kali.

8 dari 10 halaman

Arnold Muhren

Arnold Muhren menempati peringkat ketiga dalam daftar pemain tertua yang mampu menjuarai Piala Eropa. Ketika berusia 37 tahun dan 54 hari, gelandang Timnas Belanda ini sukses mengantarkan De Oranje meraih gelar juara Euro 1988.

9 dari 10 halaman

Bernard Lama

(c)

Posisi dua dalam daftar pemain tertua yang mampu menjuarai Piala Eropa ditempati Bernard Lama. Kiper Timnas Prancis ini menjadi bagian sukses Les Bleus kala menjuarai Euro 2000. Waktu itu, Lama berusia 37 tahun 86 hari.

10 dari 10 halaman

Ricardo Carvalho

Ricardo Carvalho (c) NurPhoto

Peringkat pertama dalam daftar pemain tertua yang mampu menjuarai Piala Eropa ditempati oleh Ricardo Carvalho. Pemain belakang Timnas Portugal ini sukses membantu A Selecao meraih gelar juara Euro 2016. Waktu itu, usia Carvalho sudah 38 tahun 53 hari.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR