Juventus Terima Dana Kompensasi Paling Besar Dari Euro 2016

03-02-2017 05:36
Juventus Terima Dana Kompensasi Paling Besar Dari Euro 2016
Italia © AFP

Bola.net - ECA (European Club Association) berusaha untuk terus menjadi jembatan antara klub dan timnas. Seperti diketahui, pihak klub kerap keberatan melepas para pemain mereka ke timnas dengan berbagai alasan, utamanya resiko cedera.

Dalam beberapa tahun terakhir, situasi semakin membaik dengan banyaknya dialog yang dilakukan pihak klub, FIFA dan juga ECA. Langkah paling besar adalah kemauan FIFA untuk memberikan ganti rugi jika ada pemain yang mengalami cedera saat membela timnasnya.

ECA memang cuma beroperasi di Eropa, namun mereka punya pengaruh besar lantaran hampir semua klub besar Eropa merupakan anggota mereka. Salah satu hasil yang diraih oleh ECA adalah kesuksesan negosiasi dengan UEFA perihal insentif untuk klub yang pemainnya dipanggil ke timnas untuk ajang Euro 2016, baik ketika masih kualifikasi hingga putaran final.

Selama kualifikasi, pihak klub akan menerima 3.536 hingga 4.307 euro per pemain per matchday. Untuk putaran final, pembayaran diberikan setiap hari dengan jumlah 2.410 hingga 7.231 euro per pemain setiap harinya.

UEFA mengalokasikan 50 juta plus 755.937 euro (sisa dari Euro 2012) untuk membayar kompensasi selama kualifikasi. Sementara itu, untuk putaran final, UEFA mengalokasikan dana sebesar 100 juta euro.

Dari hasil penghitungan itu, Juventus mendapatkan dana kompensasi paling besar dengan total melebihi 3,4 juta euro. Berikut adalah tabel 10 besar penerima dana kompensasi untuk Euro 2016.



"Ini adalah kompensasi yang adil dan penting untuk mengapresiasi dan membayar pihak klub yang sudah bersedia melepas pemain mereka," terang Chairman ECA, Karl Heinz Rummenigge seperti dilansir laman resmi ECA. (eca/hsw)

 

Rekomendasi Pilihan



Akses Bola.net melalui https://m.bola.net/ pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Piala Eropa

- - -