Kata Eks Liverpool Soal Kontroversi Penalti Sterling di Laga Inggris vs Denmark: Emang Diving!

Dimas Ardi Prasetya | 9 Juli 2021 03:24
Raheem Sterling berada di kepungan pemain Denmark pada laga semifinal Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Eks gelandang Liverpool Dietmar Hamann menganggap Raheem Sterling memang melakukan diving di laga Inggris vs Denmark.

Inggris dan Denmark bersua di semifinal Euro 2020 di Stadion Wembley. Pertandingan berlangsung dengan ketat dan seru.

Denmark bisa mencetak gol lebih dahulu melalui Mikkel Damsgaard. Sementara itu Inggris bisa membalas melalui bunuh diri Simon Kjaer.

Duel berlangsung sama kuat 1-1 sampai waktu normal. Di waktu ekstra time, Inggris mendapat hadiah penalti, setelah Sterling dianggap dijatuhkan oleh pemain Denmark, Joakim Maehle.

1 dari 3 halaman

Kata Hamann Soal Sterling

Banyak yang kemudian menganggap Raheem Sterling melakukan diving. Namun ada juga yang meyakini bahwa Inggris memang layak mendapatkan penalti.

Dietmar Hamann sendiri kemudian mengatakan bahwa Inggris tak layak mendapatkan penalti. Sebab ia merasa Sterling berbuat curang dan pura-pura dilanggar lawan.

“Saya pikir itu memalukan. Jelas, mereka melihat permainan dengan baik setelah unggul. Apakah mereka pantas mendapatkannya? Saya harus tidak setuju dengan Liam karena mereka menang dengan penalti yang merupakan jelas aksi diving," serunya pada RTE, via Independent.

2 dari 3 halaman

Tak Ada Kontak

Dietmar Hamann menambahkan, Joakim Maehle tak melakukan kontak sama sekali dengan Raheem Sterling. Sebab Hamann mengaku melihat Maehle menarik kakinya dan tak jadi melakukan tekel.

“Kami membawa VAR, Sterling mungkin mengira tekel akan datang jadi saya memberinya keuntungan dari keraguan, ia mungkin mengira tekel itu akan datang tetapi Maehle menarik diri karena ia melihat ia tidak bisa mendapatkannya [bola]," cetusnya.

“Tidak ada kontak apa pun. VAR dibawa untuk memperbaiki keputusan ini dan mengubah kesalahan mencolok oleh wasit. Ini adalah kesalahan yang mencolok seperti yang akan Anda lihat dan ini adalah semifinal Kejuaraan Eropa," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Denmark Punya Kans Menang

Dietmar Hamann kemudian mengatakan dirinya melihat ada potensi bagi Denmark untuk bisa meraih kemenangan di laga lawan Inggris tersebut. Khususnya apabila laga dilanjutkan ke babak penalti.

Sebab Denmark punya pemain yang sangat bagus di pos penjaga gawang. Ia adalah Kasper Schmeichel, yang tampil apik di sepanjang pertandingan tersebut.

"Saya merasa kasihan pada Denmark. Saya merasa ada setiap peluang untuk adu penalti dan kami semua mungkin mengira mereka memiliki keunggulan dengan Schmeichel di bawah mistar gawang," seru Hamann.

Skuat Inggris sekarang mempersiapkan diri menghadapi Italia di final Euro 2020. Duel itu akan digelar pada 11 Juli 2021.

(Independent)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR