Kisah Francis Uzoho, Fanboy David De Gea yang Nyaris Bikin Klub Favoritnya, Manchester United Merana

Serafin Unus Pasi | 14 Oktober 2022 06:00
Kisah Francis Uzoho, Fanboy David De Gea yang Nyaris Bikin Klub Favoritnya, Manchester United Merana
Francis Uzoho (kanan) melakukan penyelamatan atas peluang Cristiano Ronaldo (c) Europa League Official

Bola.net - Manchester United nyaris kehilangan dua poin saat berhadapan dengan Omonia Nicosia pada pertandingan keempat grup E Liga Europa 2022/23 dini hari tadi. Kecemerlangan Francis Uzoho nyaris membuat Setan Merah merana di Old Trafford.

Dini hari tadi, United menjamu Omonia di Old Trafford. Kemenangan dibutuhkan United karena mereka harus menempel ketat Real Sociedad yang saat ini menjadi pemuncak klasemen grup E.

Menurunkan hampir seluruh tim terbaiknya, United tampil dominan sejak awal laga. Mereka membuat Omonia tidak berdaya dan bertahan sangat dalam di kotak penalti mereka.

United mengakhiri laga dengan skor tipis 1-0. Di laga ini, United seharusnya bisa menang besar jika Francis Uzoho tidak tampil istimewa di laga ini.

Simak kisah menarik seputar Francis Ozoho di bawah ini.

1 dari 8 halaman

Bukan Kiper Utama

Bukan Kiper Utama

Aksi Cristiano Ronaldo dalam laga Manchester United vs Omonia Nicosia, Jumat (14/10/2022) (c) AP Photo

Francis Uzoho bisa dikatakan bukan kiper utama Omonia Nicosia. Kiper 23 tahun itu seharusnya tidak bermain di laga ini.

Namun dewi fortuna tersenyum pada Uzoho. Tepat satu hari sebelum pertandingan melawan Manchester United, kiper utama Omonia, Fabiano mengalami cedera saat latihan.

Alhasil mau tidak mau, pelatih Omonia, Neil Lennon memainkan kiper asal Nigeria itu melawan Manchester United, di mana Uzoho sendiri baru satu kali dimainkan Lennon sepanjang musim ini.

2 dari 8 halaman

Bikin MU Frustrasi

Bikin MU Frustrasi

Ekspresi Cristiano Ronaldo dalam laga Manchester United vs Omonia Nicosia, Jumat (14/10/2022) (c) AP Photo

Jika melihat jalannya pertandingan, Manchester United sangat mendominasi pertandingan. Mereka menguasai 78% bola sejak awal laga.

Tidak hanya unggul penguasaan bola, United juga aktif mencetak peluang. Sebanyak total 34 tembakan dilesakkan Manchester United di laga ini, dan 12 di antaranya tepat sasaran.

Bolaneters yang tidak menonton laga ini tentu bertanya-tanya, bagaimana bisa dari 13 tembakan tepat sasaran itu hanya berbuah satu gol. Kami bisa pastikan bahwa 12 peluang tepat sasaran MU itu sebenarnya peluang yang berbahaya, namun Uzoho jadi pembeda di laga itu.

Ia membuat total 12 penyelamatan di laga ini. Ia benar-benar membuat Cristiano Ronaldo, Casemiro dan Marcus Rashford frustrasi dengan penyelamatan-penyelamatan gemilangnya.

3 dari 8 halaman

Loyalis Manchester United

Loyalis Manchester United

Aksi Casemiro dalam laga Manchester United vs Omonia Nicosia, Jumat (14/10/2022) (c) AP Photo

Bermain di Old Trafford dan menghadapi Manchester United merupakan mimpi yang jadi nyata bagi Uzoho. Karena sang kiper ini merupakan pengagum berat Setan Merah.

"Ini adalah mimpi yang jadi nyata bagi saya. Saya sudah bermimpi sejak lama sekali bisa bermain di sini [Old Trafford]," beber Uzoho kepada BT Sports.

"Ketika saya melihat hasil undian, saya menyadari bahwa saya punya kesempatan untuk bisa bermain di Old Trafford. Saya berdoa kepada tuhan agar saya bisa mendapatkan kesempatan untuk bermain, dan tuhan mengabulkan doa saya," ia menandaskan.

4 dari 8 halaman

Fanboy David De Gea

Fanboy David De Gea

Kiper Manchester United David de Gea. (c) AP Photo

Kebahagiaan Uzoho semakin berlipat ganda di laga ini. Pasalnya ia berkesempatan untuk bermain melawan sang idola, David De Gea.

Kiper 23 tahun ini diketahui merupakan penggemar berat De Gea. Ia sering menunjukkan kekagumannya terhadap kiper timnas Spanyol itu melalui akun media sosialnya seperti di bawah ini.

5 dari 8 halaman

Minta Foto dengan Ten Hag

Minta Foto dengan Ten Hag

Ekspresi Erik ten Hag ketika melatih Manchester United pada musim 2022/2023 (c) AP Photo

Uzoho nampaknya benar-benar fans berat Manchester United. Ini terlihat dari aktivitasnya seusai laga.

Sang kiper diketahui mencegat Erik Ten Hag di lorong Old Trafford seusai laga. Ia meminta kesempatan untuk berforo dengan manajer Setan Merah itu, dan Ten Hag dengan senang hati melayani permintaan tersebut.

6 dari 8 halaman

Kemenangan Krusial

Kemenangan Krusial

Starting XI Manchester United menghadapi Omonia Nicosia, Jumat (14/10/2022) (c) AP Photo

Kemenangan melawan Omonia Nicosia ini merupakan kemenangan yang sangat krusial bagi Manchester United.

Gol tunggal Scott McTominay itu membawa Setan Merah kini mengoleksi sembilan poin dari total empat pertandingan di grup E Liga Europa.

United saat ini masih menempati peringkat kedua klasemen sementara grup E. Ini disebabkan Real Sociedad berhasil mengalahkan Sheriff Tiraspol dengan skor 3-0 pada dini hari tadi, sehingga mereka mengoleksi 12 poin dari 4 laga.

7 dari 8 halaman

Laga Berikutnya

Laga Berikutnya

Ekspresi Fred dalam laga Manchester United vs Omonia Nicosia, Jumat (14/10/2022) (c) AP Photo

Manchester United tidak punya banyak waktu untuk merayakan kemenangan melawan Omonia. Karena mereka akan beraksi lagi di EPL dalam dua hari ke depan.

United dijadwalkan akan menjamu Newcastle di pekan ke-11 EPL, di mana Setan Merah menargetkan kemenangan agar bisa merengsek masuk empat besar.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR