Lev Yashin, Si Laba-Laba Hitam Uni Soviet

05-04-2016 11:31
Lev Yashin, Si Laba-Laba Hitam Uni Soviet
© Ist

Bola.net - Semenjak digelar pertama kali pada tahun 1960 silam, Euro telah melahirkan pemain-pemain bintang baru disetiap kompetisinya. Banyak pemain dari berbagai macam posisi mendapatkan kehidupan baru setelah bersinar di Euro, salah satunya penjaga gawang legendaris Uni Soviet (Sekarang Rusia), yaitu Lev Yashin.

Pada ajang Euro 1960, hanya ada empat tim yang turut berpartisipasi pada pagelaran pertama Euro tersebut. Mereka adalah Uni Soviet, Cekoslovakia, Yugoslavia, dan Prancis selaku tuan rumah. Berbeda dengan sekarang, Euro pada tahun itu menggunakan sistem gugur tanpa melalui fase grup (karena minim peserta) sehingga Uni Soviet langsung berhadapan dengan Cekoslovakia pada babak semi final.

Pada pertandingan tersebut Yashin menjadi kiper pertama yang mencatatkan Clean Sheet pertama di ajang empat tahunan tersebut saat Uni Soviet sukses menghempaskan Cekoslovakia dengan skor 3-0.  Ia juga menjadi salah satu aktor penting dari kemenangan dramatis Uni Soviet atas Yugoslavia pada partai final Euro 1960 dengan skor akhir 2-1.

Apiknya penampilan Yashin pada Euro 1960 membuatnya mendapat julukan sebagai si Laba-Laba hitam. Julukan ini diberikan kepadanya karena di setiap pertandingan ia selalu menggunakan atribut hitam dari atas kepala hingga sepatu, dan julukan laba-laba disematkan kepadanya karena ia memiliki kemampuan menangkap bola yang bagus, seolah-olah ia memiliki enam tangan seperti laba-laba.

Selain mendapat julukan tersebut, Prestasi apik Yashin tersebut mendapat pengakuan dari dunia setelah ia dianugerahi gelar sebagai pemain terbaik dunia pada tahun 1963 melalui trofi Ballon D'Or. Pencapaian Yashin sebagai kiper pertama yang meraih Ballon D'or belum pernah disamai oleh penjaga gawang lain hingga hari ini.

Terakhir kali penjaga gawang Bayern Munchen, Manuel Neuer masuk kedalam nominasi tiga besar Ballon D'Or tahun 2014. Selain itu ia mendapatkan beberapa penghargaan lainnya seperti Euro Team of The Tournament, FIFA Goalkeeper of The Century, World Soccer Greatest XI all the time, dan masih banyak penghargaan lainnya.  (bola/dub)

  

Rekomendasi Pilihan



Akses Bola.net melalui https://m.bola.net/ pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Piala Eropa

- - -