FOLLOW US:


Luis Enrique Mengundurkan Diri, RFEF Angkat Robert Moreno Jadi Pelatih Timnas Spanyol

19-06-2019 21:23

 | Serafin Unus Pasi

Luis Enrique Mengundurkan Diri, RFEF Angkat Robert Moreno Jadi Pelatih Timnas Spanyol
Luis Enrique saat melatih timnas Spanyol di laga melawan Bosnia (19/11/2018) © AFP

Bola.net - Sebuah kabar mengejutkan datang dari Timnas Spanyol. Juru taktik mereka, Luis Enrique memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya pada hari Rabu (19/6).

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Presiden Federasi Sepakbola Spanyol [RFEF], Luis Rubiales. Dalam konferensi pers yang ia gelar, Rubiales mengonfirmasi bahwa Enrique memutuskan untuk mundur dari jabatannya selaku pelatih Timnas Spanyol.

"Luis Enrique sudah memberikan informasi kepada kami bahwa ia tidak akan melanjutkan pekerjaannya sebagai pelatih Tim Nasional [Spanyol]," ujar Rubiales di situs resmi RFEF.

"Saya wajib mengucapkan terima kasih kepadanya. Ia telah menghormati aturan no 10 RFEF. Kami sama sekali tidak memiliki masalah dengan dia, dan kami selalu bersama dengan dia.".

Pada kesempatan ini, Rubiales juga mengonfirmasi siapa pengganti Enrique sebagai juru taktik La Furia Roja. Rubiales dan RFEF mempercayakan jabatan itu kepada Robert Moreno yang merupakan asisten Luis Enrique.

"RFEF telah membuat keputusan untuk mempercayakan Robert Moreno sebagai pelatih dari Tim Nasional yang baru."

"Dia akan melanjutkan kerjanya sesuai dengan durasi kontrak yang sudah ia tangani sebelumnya. Ia akan menangani tim ini hingga Euro 2020 mendatang jika kami berhasil lolos ke turnamen tersebut." tandas sang Presiden.

Baca komentar Robert Moreno yang terpilih sebagai pelatih baru Timnas Spanyol di bawah ini.

1 dari 2

Lanjutkan Suksesi

Dalam konferensi pers tersebut, Moreno mengaku masih terkejut ia ditunjuk menjadi pelatih baru Timnas Spanyol. Namun Moreno berjanji akan mengerahkan segenap kemampuannya untuk menjadikan Timnas Spanyol lebih baik lagi.

"Pertama-tama saya ingin mengucapkan rasa terima kasih saya kepada RFEF yang telah memberikan kepercayaan bagi saya untuk melatih tim ini."

"Saya sebenarnya tidak menyangka menjadi pelatih tim utama dengan kondisi yang seperti ini. Namun kami akan terus bekerja keras agar apa yang sudah dibangun Luis dalam tim ini bisa berlanjut." tandas sang pelatih.

2 dari 2

Masalah Keluarga

Menurut laporan yang beredar di Spanyol, Enrique mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Spanyol karena masalah keluarga.

Masalah keluarga yang masih dirahasiakan ini sudah terjadi dalam jangka waktu yang cukup panjang. Alhasil ia tidak bisa menemani La Furia Roja beraksi melawan Malta, Kepulauan Faroe dan Swedia dalam ajang Kualifikasi Euro 2020.

Robert akhirnya ditunjuk menjadi pengganti Enrique karena ia sudah menjadi tangan kanan Enrique sejak sang pelatih menangani AS Roma, sehingga ia dinilai mampu melanjutkan pekerjaan Enrique bersama La Furia Roja.