Mengenal Dragan Dzajic, si Lokomotif Uap Yugoslavia

06-04-2016 12:49
Mengenal Dragan Dzajic, si Lokomotif Uap Yugoslavia
© Ist

Bola.net - Di era sepakbola Modern saat ini, kita mengenal banyak Winger-Winger dengan kemampuan dribble dan crossing di atas rata-rata. Sebut saja duo mega bintang Real Madrid, Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo, lalu ada juga sosok duo winger Bayern Munchen yaitu Franck Ribery dan Arjen Robben dan masih banyak winger-winger yang terkenal akan kecepatan, kelihaian, serta kekuatan mereka. Namun jauh sebelum nama-nama itu mencuat, ada seorang legenda dari tanah Serbia yang disebut-sebut sebagai Winger terbaik pada masa itu, dia adalah Dragan Dzajic.

Nama Dragan Dzajic identik dengan klub asal Serbia, Red Star Belgrade dan Timnas Yugoslavia. Dzajic yang berposisi sebagai Winger Kiri ini disebut-disebut sebagai salah satu talenta terbaik yang dimiliki Serbia. Dzajic yang pada saat itu masih berusia 18 tahun sudah dipanggil untuk memperkuat Timnas Yugoslavia pada tahun 1964. Ia dipersiapkan untuk bermain di Euro 1968 karena Yugoslavia gagal dalam partai kualifikasi Euro 1964.

Pada euro 1968, Dzajic mmebuktikan bahwa dirinya memang layak diperhitungkan untuk masuk ke dalam timnas Yugoslavia. Pada partai semi final mereka melawan Inggris, Dzajic melakukan gol semata wayang pada pertandingan tersebut sehingga membawa Yugoslavia menuju ke Final.

Pada partai final, Yugoslavia sudah ditunggu oleh sang tuan rumah Euro 1968, Italia. Pada pertandingan itu Dzajic sukses membawa Yugoslavia unggul terlebih dahulu melalui golnya dimenit 32. Namun sayang gol tersebut berhasil dibalas oleh Italia melalui gol Angelo Domenghini di menit 80, sehingga kedua negara harus melakoni partai ulangan yang dimenangkan oleh Italia.

Semenjak Euro 1968, nama Dzajic semakin melambung di dunia sepakbola Internasional. Ia mendapat julukan lokomotif uap Yugoslavia karena ia memiliki kecepatan yang sangat tinggi dan sangat sulit dijatuhkan oleh para pemain lawan. Ia juga menjadi pemain yang mengoleksi caps terbanyak untuk Timnas Yugoslavia dengan total 85 penampilan dan mengumpulkan 23 gol. (bola/dub)
 

Rekomendasi Pilihan



Akses Bola.net melalui https://m.bola.net/ pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Piala Eropa

- - -