FOLLOW US:


Prancis Sesuaikan Diri Dengan Formasi Baru

14-11-2011 05:45
Prancis Sesuaikan Diri Dengan Formasi Baru
Blanc ingin kembangkan tim Prancis. © AFP

Bola.net - Prancis akan menggunakan pertandingan persahabatan melawan Belgia pada Selasa, untuk mencoba sistem baru 4-4-2.

Sementara, pelatih Laurent Blanc berharap timnya juga semakin agresif di depan gawang lawan.

Les Bleus menang 1-0 atas Amerika Serikat pada pertandingan persahabatan Jumat (11/11). Namun penyerang-penyerang seperti Kevin Gameiro dan Karim Benzema gagal untuk bersinar dalam sistem tersebut, karena ketiadaan seorang pengatur permainan. Pada pertandingan tersebut, Prancis memang bermain tanpa Samir Nasri yang sedang dililit cedera.

Gelandang serang Jeremy Menez dan Franck Ribery sempat memberi ancaman, namun mereka sulit mengantarkan bola pada Benzema dan Gameiro.

"Kami tidak terlalu terbiasa menggunakan sistem ini. Kami mencoba untuk bermain bersama, namun itu tidak bekerja," kata penyerang Real Madrid, Karim Benzema.

"Kami harus sedikit meningkatkan keharmonisan antara keempat pemain di lini depan." Gameiro menyetujui pernyataan Benzema, dengan menambahkan: "Kami harus meneruskan pekerjaan. Saya tidak mendapat banyak bola di depan gawang." Prancis, yang memastikan tempat di putaran final Euro 2012 dengan memuncaki klasemen grup bulan lalu, lebih sering bermain dengan formasi 4-2-3-1.

"Ketika kamu memiliki empat penyerang, akan sukar untuk menemukan ruang dan tidak ada satu pun yang membuat operan," kata Blanc, yang berharap untuk 'kembali melakukan eksperimen terhadap sistem tersebut.' "Itulah seluruh masalah dengan 4-4-2. Kamu membutuhkan satu penyerang untuk sedikit mundur, dan memberi bola kepada yang lainnya." Benzema tidak terlalu khawatir, karena yakin kalau Prancis masih memeiliki waktu untuk berkembang sebelum kejuaraan Eropa di Polandia dan Ukraina dimulai juni mendatang.

"Kami memiliki marjin yang signifikan untuk berkembang," ucapnya, sambil menambahkan kalau Prancis telah melalui 16 pertandingan tanpa terkalahkan.

"Itu bagus untuk kepercayaan diri kami." Gelandang Yohan Cabaye dan Florent Malouda, yang absen saat pertandingan Jumat karena cedera, ambil bagian dalam sesi latihan Sabtu, dan diharapkan sudah pulih untuk menghadapi Belgia di Stade de France.

Pertandingan persahabatan Prancis selanjutnya adalah melawan Jerman di Bremen pada Februari 2012. (ant/rev)