FOLLOW US:


Profil Stadion Euro 2020 (Euro 2021): Johan Cruyff Arena

03-05-2021 14:27

 | Serafin Unus Pasi

Profil Stadion Euro 2020 (Euro 2021): Johan Cruyff Arena
Salah satu sudut Johan Cruyff Arena yang juga menampakkan logo Ajax Amsterdam di salah satu sisinya. © Shutterstock

Bola.net - Belanda menjadi salah satu tuan rumah dari turnamen bersejarah Euro 2020. Stadion yang akan digunakan untuk turnamen antar negara Eropa itu adalah Johan Cruyff Arena.

Johan Cruyff Arena merupakan stadion yang terletak di ibukota Belanda, Amsterdam. Stadion ini pertama kali dibangun pada tahun 1993 dan baru selesai di tahun 1996 dengan biaya konstruksi mencapai 140 juta Euro pada saat itu.

Johan Cruyff Arena atau yang sebelumnya dikenal sebagai Amsterdam Arena merupakan markas dari raksasa Belanda, Ajax Amsterdam. Stadion ini merupakan stadion kedua Ajax, karena stadion pertama mereka De Meer dinilai tidak sanggup menampung antusiasme para loyalis Il Lancier, di mana stadion ini memiliki kapasitas 55 ribu penonton, hampir tiga kali lipat dari De Meer yang hanya berkapasitas 19 ribu penonton.

Semenjak dibangun, Johan Cruyff Arena menjadi salah satu stadion futuristik di Eropa. Karena stadion ini merupakan stadion pertama di Eropa yang menggunakan atap yang bisa dibuka dan ditutup (retractable roof). Namun sayang pembukaan stadion ini menjadi aib tersendiri bagi Ajax, karena mereka dihajar AC Milan dengan skor 3-0.

Menyambut Euro 2020, Johan Cruyff Arena melakukan renovasi. Ada beberapa aspek yang dihadapi terutama untuk penampakan luar stadion dan juga perbaikan sejumlah fasilitas seperti pelebaran jalan agar penonton bisa lebih nyaman mengunjungi stadion ini.

Simak informasi-informasi menarik seputar Johan Cruyff Arena selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3

Pergantian Nama

Pergantian Nama
Suasana peresmian Johan Cruyff Arena © UEFA

Seperti yang kami tuliskan sebelumnya, Johan Cruyff Arena sebenarnya bukan nama asli dari stadion ini.

Sejak awal didirikan hingga tahun 2018 silam stadion ini dikenal dengan nama Amsterdam Arena. Ini sebagai penghormatan kepada legenda Ajax dan juga putra daerah Amsterdam, Johan Cruyff yang meninggal dunia di tahun 2016.

Pengumuman pergantian nama stadion itu diumumkan pada tahun 2017. Namun karena masalah administrasi, pergantian nama itu baru disahkan tepatnya pada tahun 2018 yang lalu.

Untuk penamaan resmi stadion ini adalah Johan Cruijff Stadium, menggunakan ejaan Belanda dari Johan Cruyff.

2 dari 3

Momen Bersejarah

Momen Bersejarah
Johan Cruyff Arena © UEFA

Sebagai salah satu stadion besar di Eropa, Johan Cruyff Arena sudah menggelar beberapa momen bersejarah.

Di tahun 1998, stadion ini menggelar Final Liga Champions yang mempertemukan Real Madrid dengan Juventus. Los Blancos menjadi kampiun Eropa di laga ini berkat gol semata wayang PRedrag Mijatovic.

Di tahun 2000, Johan Cruyff Arena menjadi salah satu stadion penyelenggaran Euro 2000, di mana Belanda dan Belgia pada saat itu menjadi tuan rumah.

Pada tahun 2013, Johan Cruyff Arena menjadi venue untuk partai final Liga Europa antara Benfica vs Chelsea. The Blues berhasil mengamankan trofi juara di laga ini setelah mengalahkan wakil Portugal itu dengan skor 2-1.

Selain digunakan untuk menggelar pertandingan sepakbola, Johan Cruyff Arena juga kerap digunakan sebagai venue konser musik. Karena kapasitas stadion bisa bertambah menjadi 68 ribu penonton untuk acara-acara konser.

Bintang-bintang Dunia seperti Tina Turner, Celine Dion, Rihanna, Beyonce Madonna, Michael Jackson, David Bowie, AC/DC, The Rolling Stones, One Direction dan juga Coldplay pernah menggelar konser yang megah di stadion ini.

3 dari 3

Jadwal Pertandingan

Jadwal Pertandingan
Johan Cruyff Arena © Ist

Minggu, 13 Juni 2021, Grup C: Belanda vs Ukraina
Kamis, 17 Juni 2021 Grup C: Belanda vs Austria
Senin, 21 Juni 2021 Grup C: Makedonia Utara vs Belanda
Sabtu, 26 Juni 2021 - 16 Besar: Runner Up Grup A vs Runner Up Grup B