FOLLOW US:


Review: Chiellini Cetak Hattrick, Italia Tundukkan Azerbaijan

11-10-2014 03:52

 | Giorgio Chiellini

Review: Chiellini Cetak Hattrick, Italia Tundukkan Azerbaijan
Giorgio Chiellini. © AFP
Bola.netBola.net - Italia kembali mengemas tiga poin setelah menundukkan Azerbaijan dengan skor tipis 2-1 pada matchday 2 Grup H kualifikasi Euro 2016 di Stadio Renzo Barbera, Sabtu (11/10).

Dua gol kemenangan Azzurri dipersembahkan oleh Giorgio Chiellini. Tak hanya itu, Chiellini juga membuat gol bunuh diri ke gawang sendiri.

Kedua tim memulai laga dengan tempo yang cukup sedang. Italia sebagai tuan rumah tampil percaya diri dengan langsung mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu.

Antonio Conte menginstruksikan anak asuhnya agar terus menekan tamunya hingga berhasil mengurung Azerbaijan di daerah pertahanannya sendiri. Tim tamu pun hanya bisa memperkuat lini belakangnya. Mereka menunggu saat yang tepat untuk melancarkan serangan balik.

Hampir semua pemain Italia mencoba untuk menjadi yang pemain pertama yang mencetak gol di pertandingan ini. Claudio Marchisio, Alessandro Florenzi, Leonardo Bonucci, Simone Zaza, Ciro Immobile, Mattia De Sciglio, Andrea Ranoccia silih berganti menebar ancaman. Namun sayangnya masih belum berhasil menemui sasaran.

Italia pun akhirnya berhasil membuka keunggulan di menit ke-43. Giorgio Chiellini sukses menjebol gawang Azerbaijan lewat sundulannya yang memanfaatkan situasi sepak pojok dari Andrea Pirlo. Skor 1-0 untuk keunggulan Azzuri bertahan hingga babak pertama usai.

Keluar dari kamar ganti, gaya permainan Italia belum berubah. Mereka tetap konsisten menggempur pertahanan lawannya dan berusaha mendominasi jalannya laga.

Duet Zaza dan Immobile berhasil membuktikan sebagai duet berbahaya dengan pergerakannya yang merepotkan barisan pertahanan Azerbaijan. Selain itu serangan demi serangan Italia semakin gencar diarahkan ke pertahanan lawan melalui kedua sayap.

Azerbaijan akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-77. Bermaksud menghalau bola dari situasi sepak pojok, Chiellini justru tak sengaja memasukkan bola ke gawang sendiri.

Setelah kedudukan imbang, Italia kembali meningkatkan serangan guna mencari gol tambahan. Akhirnya usaha Azzuri untuk menambah gol tidak sia-sia.

Chiellini akhirnya kembali menjebol gawang Azerbaijan di menit ke 82. Berawal dari Sebastian Giovinco yang mengirim umpan di depan gawang, tandukan Chiellini berhasil memaksa kiper Kamran Agayev memungut bola dari gawangnya sendiri. Bek Juventus itu akhirnya berhasil membayar kesalahannya setelah mencetak gol bunuh diri.

Kembali unggul tak membuat Italia berpuas diri, mereka masih bernafsu mencari gol tambahan. Namun usaha mereka tak membuahkan hasil di sisa waktu yang ada. Hingga wasit meniupkan peluit panjang skor 2-1 untuk keunggulan Italia tetap bertahan.

Dengan tambahan tiga poin ini Italia kokoh di puncak klasemen sementara dengan koleksi enam poin.Sedangkan Azerbaijan berada di posisi empat dengan poin nol.

Statistik Italia - Azerbaijan:

Penguasaan bola: 61% - 39%

Shot (on goal): 22 (4) - 2 (0)

Corner: 9 - 1

Pelanggaran: 20 - 17

Kartu kuning: 2 - 2

Kartu merah: 0 - 0

Susunan Pemain:

Italia (3-5-2): Buffon; Ranocchia, Bonucci, Chiellini; Darmian (Candreva 81'), Florenzi (Giovinco 77), Pirlo (Aquilani 73'), Marchisio, De Sciglio; Zaza, Immobile.

Azerbaijan (4-5-1): Agayev; Qirtimov (Ramazanov 46'), Guseynov, Allahverdiyev, Qarayev; Sadygov, A Abdullayev, Nazarov, Amirguliyev (Nadirov 86'), (Dadasov Husey 59'); Aliyev.