Rombak Starting XI Besar-besaran, Italia Langsung Catat Rekor Baru

Yaumil Azis | 21 Juni 2021 03:29
Timnas Italia merayakan kemenangannya atas Wales di matchday ketiga Grup A Euro 2020 di Stadio Olimpico, Minggu (20/06/2021) malam WIB. (c) Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Sebuah pencapaian besar berhasil dicatatkan Timnas Italia ketika menjalani matchday ketiga Grup A Euro 2020 pada hari Minggu (20/6/2021). Pencapaian itu menjadi warna tersendiri buat kemenangan Gli Azzurri atas Wales.

Pertemuan antara Italia dengan Wales terjadi di Stadio Olimpico. Italia berhasil keluar sebagai pemenang dengan kedudukan tipis 1-0 berkat gol semata wayang yang dicetak Matteo Pessina pada menit ke-39.

Gli Azzurri menampilkan permainan yang cukup fantastis pada malam tersebut. Mereka mendominasi dengan catatan 23 kali tembakan, enam di antaranya menemui sasaran, dan memiliki penguasaan bola sebesar 70 persen.

Pada pertandingan itu juga, Italia menunjukkan kedalaman skuatnya yang begitu berharga. Mereka masih mampu meraih kemenangan dengan dominasi total meski terjadi perubahan sana-sini di starting XI-nya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Rekor Baru Italia

Perubahan pada starting XI Italia sebenarnya telah diduga oleh banyak orang. Pasalnya, italia sudah dipastikan berpartisipasi di babak 16 besar usai mengalahkan Swiss dengan skor telak 3-0 beberapa hari sebelumnya.

Yang tidak disangka adalah Italia mengganti delapan pemain intinya di laga melawan Wales. Hanya Gianluigi Donnarumma, Leonardo Bonucci, dan Jorginho saja yang kembali dimainkan dan ikut serta dalam dua pertandingan sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa ini adalah kali pertama Gli Azzurri melakukan pergantian starting XI sebanyak ini untuk satu pertandingan resmi. Mereka belum pernah melakukannya dalam ajang Piala Dunia ataupun Euro edisi-edisi yang lalu.

2 dari 2 halaman

16 Besar Menanti

Berkat kemenangan atas Wales, Italia berhak melaju ke babak 16 besar dengan status juara grup. Perlu diketahui bahwa juara Grup A bakalan bertemu dengan runner-up Grup C pada laga 16 besar yang digelar di Wembley Stadium hari Minggu (27/6/2021) nanti.

Dan sepertinya, Italia masih harus menunggu lagi sebelum bisa mendapatkan ujian yang sebenarnya. Jika melihat situasi di Grup C sekarang, Gli Azzurri mungkin bakal dipertemukan dengan Ukrania atau Austria.

Belanda sudah hampir pasti takkan dihadapi oleh Italia. Tim besutan Frank de Boer tersebut sedang memimpin klasemen dengan raihan enam poin, dan akan bertemu Makedonia Utara yang sedang menempati juru kunci klasemen saat ini.

(Football Italia)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR