FOLLOW US:


Sol Campbell Himbau Fans Inggris Tak ke Polandia-Ukraina

29-05-2012 14:15

 | Steven Gerrard

Sol Campbell Himbau Fans Inggris Tak ke Polandia-Ukraina
Steven Gerrard cs bakal minim dukungan? © AFP

Bola.net - Mantan pemain internasional Inggris, Sol Campbell, memperingatkan para pendukung Inggris untuk menyaksikan Euro 2012 secara langsung, karena terdapat ancaman rasisme dan kekerasan.

Campbell, mantan pemain bertahan Arsenal dan Tottenham Hotspur yang bermain 73 kali untuk Timnas Inggris, dan tampil di enam turnamen besar, berkata kepada program Panorama di BBC, "Tetap di rumah, tonton saja televisi. Jangan ambil resiko... karena anda dapat berakhir di peti mati."

Komentar-komentar Campbell, yang dimuat di halaman depan beberapa surat kabar Inggris pada Senin, menyusul pengumuman dari keluarga dua pemain berkulit hitam Inggris, yang berkata bahwa mereka tidak akan menyaksikan kejuaraan tersebut secara langsung.

Saudara dari pemain tengah, Theo Walcott, menulis melalui akun Twitternya bahwa ia dan ayahnya tidak akan pergi karena 'terdapat kemungkinan penyerangan rasial, sementara keluarga dari rekan setimnya di Arsenal, Alex Oxlade-Chamberlain, juga membatalkan rencana mereka untuk menonton pertandingan Inggris.

Dokumenter BBC, yang disiarkan pada Senin di Inggris, melakukan investigasi terhadap aksi kekerasan dan rasisme di pertandingan-pertandingan sepak bola, yang terjadi di kedua negara penyelenggara Euro 2012.

Tayangan tersebut memuat rekaman beberapa pendukung yang memberikan hormat bergaya Nazi, melecehkan pemain-pemain berkulit hitam dengan menirukan suara kera, yel-yel anti semit, dan sekelompok siswa asal Asia, yang diserang di Stadion Metalist di Kharkiv, stadion yang akan menggelar tiga pertandingan fase grup.

Pada pekan lalu, program di Sky TV juga menyoroti aksi-aksi kelompok sayap kanan dan kelompok rasis, serta ancaman serangan selama turnamen yang berlangsung selama tiga pekan tersebut.

Campbell mengatakan bahwa UEFA semestinya tidak mengizinkan Polandia dan Ukraina menjadi tuan rumah kompetisi ini, yang akan dimulai pada 8 Juni.

"Saya pikir mereka keliru," ucapnya. "Apa yang sebaiknya mereka katakan adalah jika anda menginginkan turnamen ini, anda menyortir masalah-masalahmu. Sampai kami melihat perkembangan besar, yang sudah anda sortir itu, anda tidak akan pernah mendapatkan turnamen."

"Anda tidak layak menyelenggarakan turnamen-turnamen ini di negaramu," imbuh pria yang diyakini sebagai salah satu bek terbaik yang pernah dimiliki The Three Lions tersebut. (reu/lex)

PIALA EROPA - Polandia-Ukraina Mulai Dijangkit Antusiasme Euro 2012