FOLLOW US:


Southgate: Callum Hudson-Odoi Punya Tempat di Timnas Inggris

24-03-2019 07:00
Southgate: Callum Hudson-Odoi Punya Tempat di Timnas Inggris
Callum Hudson-Odoi © AP

Bola.net - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate membeberkan alasan di balik pemanggilan Callum Hudson-Odoi ke timnya. Southgate menyebut sang winger bisa menjadi pemain reguler di skuat The Three Lions kendati ia tidak menjadi pilihan utama di Chelsea.

Hudson-Odoi secara mengejutkan dipanggil Southgate pada jeda internasional kali ini. Ia menggantikan sosok Luke Shaw yang harus ditarik dari skuat The Three Lions karena cedera.

Pemain 18 tahun itu mendapatkan debutnya di Timnas Senior Inggris kemarin. Ia masuk di menit 70 menggantikan Raheem Sterling saat Timnas Inggris mengalahkan Republik Ceko dengan skor 5-0.

Southgate sendiri menegaskan bahwa ia sudah membuat keputusan yang benar untuk memanggil sang pemuda. "Saya tahu bahwa ada banyak pertanyaan mengenai kriteria pemilihan pemain tim ini," buka Southgate seperti yang dikutip Goal International.

Baca pemaparan lengkap sang pelatih di bawah ini.

1 dari 2

Faktor X

Southgate mengakui bahwa Hudson-Odoi memang tidak mendapatkan jam bermain reguler di Chelsea dan itu membuat posisinya kurang kuat jika dibandingkan dengan pemain Inggris lainnya.

Namun Southgate percaya sang winger punya faktor X yang membuatnya layak mengenakan seragam The Three Lions.

"Ada banyak yang bertanya apakah saya memilih pemain berdasarkan performa atau berdasarkan kapabilitas mereka. Namun pada akhirnya pemain yang saya pilih adalah mereka yang memiliki kualitas untuk bermain menggunakan seragam ini."

2 dari 2

Kesampingkan Jam Bermain

Southgate menegaskan bahwa menit bermain memang penting untuk menentukan siapa pemain yang akan ia panggil ke Timnas Inggris.

Namun ia menegaskan bahwa menit bermain bukanlah saringan utama dirinya dalam memilih pemain, karena ia juga mempertimbangkan aspek-aspek lain untuk skuatnya.

"Idealnya, seorang pemain harus bermain secara reguler dan mereka harus bermain dalam jumlah pertandingan tertentu untuk bisa bermain di Tim Nasional. Namun saya tidak bisa menunggu klub untuk memainkan pemain mereka sebanyak 50 atau 100 kali. Itu bukanlah cara kerja yang kami terapkan." tandasnya.