FOLLOW US:


Toni Kroos: Pemain Kini Hanya jadi Boneka FIFA dan UEFA

12-11-2020 03:35

 | Ari Prayoga

Toni Kroos: Pemain Kini Hanya jadi Boneka FIFA dan UEFA
Toni Kroos berduel dengan Xherdan Shaqiri dalam laga Jerman vs Swiss, Rabu (14/10/2020) © AP Photo

Bola.net - Gelandang Real Madrid, Toni Kroos melontarkan kritikan keras terhadap badan sepak bola dunia, FIFA dan Eropa, UEFA yang ia anggap menjadikan pemain sebagai boneka.

Pekan ini dan pekan depan, Kroos bakal memperkuat Jerman dalam ajang UEFA Nations League, sebuah turnamen yang diciptakan untuk menggantikan partai persahabatan internasional.

Sebelumnya, FIFA juga sudah mengumumkan rencana mereka untuk memperbesar turnamen Piala Dunia Antarklub, sedangkan dari benua biru muncul gagasan diadakannya ajang Liga Super Eropa.

1 dari 2

Kritik Kroos

Kroos pun merasa dirinya sebagai pemain menjadi korban dari keputusan para pemangku kebijakan yang ia tuding hanya mementingkan bagaimana mengeruk uang.

"Dengan penemuan semua hal baru ini, kami tampaknya hanya menjadi boneka FIFA dan UEFA. Kompetisi ini diciptakan untuk menyedot segalanya dari setiap pemain secara fisik dan menyedot uang sebanyak mungkin," ujar Kroos.

"Ketika hal-hal tertentu berjalan dengan baik, sebaiknya biarkan saja." tambahnya ketika berbicara dalam podcast Einfach mal Luppen yang ia bikin bersama sang adik, Felix Kroos.

2 dari 2

Jadwal Semakin Padat

Keresahan Kross tersebut memang cukup beralasan. Pasalnya, padatnya jadwal kompetisi semakin terasa pada musim ini, dengan imbas dari pandemi Covid-19.

Jadwal padat di level klub masih ditambah dengan sesaknya pertandingan ketika jeda internasional tiba. Apalagi para pemain juga memiliki waktu libur yang lebih singkat pada musim panas kemarin.

Sumber: Einfach mal Luppen