Nama Lengkap : Aaron James Ramsey
Tempat Lahir : Chaerphilly, Wales
Tanggal Lahir : 26 Desember 1990 (27 Tahun)
Kebangsaan : Wales
Klub : Arsenal
Posisi : Gelandang
No Punggung : 16
Tinggi : 182 cm

Karir

Aaron James Ramsey merupakan pemain sepakbola di tim nasional Welsh yang juga berkontribusi mewakili Britania Raya pada Olympic Games 2012. Selama karirnya, Ramsey utamanya bermain di posisi gelandang, dan juga cukup sering ditugasi menjaga sisi pertahanan dengan menjadi bek. Ramsey bermain untuk Cardiff City di awal karirnya saat ia masih usia sekolah dan menghabiskan delapan tahun sebagai pemain sepakbola muda sebelum tampil di 22 pertandingan untuk tim senior, termasuk final FA Cup 2008.

Ramsey pindah ke Arsenal pada tahun 2008 dengan bayaran yang disetujui sejumlah £5 juta dan dengan cepat ia telah mampu menunjukkan kemampuannya dengan baik. Namun di awal karirnya bersama Arsenal ia harus absen dari lapangan karena patah tulang kaki yang dideritanya pada pertandingan melawan Stoke City pada Februari 2010. Setelah dua kali masa peminjaman ke Nottingham Forest dan Cardiff City, secara berangsur Ramsey mulai sembuh dari cideranya.

Sebagai anak-anak dan sebelum menjadi pemain sepakbola, Ramsey adalah seorang pemain rugby dan atletik. Di usia sekolah ia bermain sebagai sayap untuk program pengembangan atlit muda, Caerphilly R.F.C.

Pada saat itu ia diincar oleh pelatih St Helens RLFC setelah pertandingan melawan tim tersebut, namun Ramsey telah bergabung terlebih dulu dengan akademi muda Cardiff City. Ramsey adalah juara dari turnamen atletik pentathlon Welsh Schools’ Athlectic Association pada tahun 2005 dan menduduki peringkat atlet terbaik ke 4 di Britania Raya dalam grup U17 pada tahun 2006.

Setelah menunjukkan peforma impresif pada turnamen Urdd sebagai pemain muda, ia bergabung dengan Cardiff City di usianya yang ke delapan dan tengah meniti karirnya dengan skuat muda. Pada Juni 2007, Cardiff City menolak tawaran sekitar £1 juta untuk Ramsey yang diberikan oleh klub yang tidak dibuka pada media namanya.

Cardiff juga menolak tawaran yang diberikan oleh Everton untuk membeli Ramsey seharga £1 juta dan gaji rutin £200.000 serta kenaikan gaji tergantung prestasi yang mampu dibuat oleh Ramsey.

Ramsey menandatangani kontraknya yang pertama sebagai pemain profesional pada Desember 2007 dan mengawali debutnya pada turnamen FA Cup. Selama musim 2007-2008, tercatat Ramses telah tampil pada 22 pertandingan, menjadi musim pertamanya sebagai pemain profesional, bermain pada lima pertandingan turnamen FA Cup dan menjadi pemain kedua termuda yang pernah bermain di babak final FA Cup.

Setelah performa impresif yang ditunjukkan oleh Ramsey selama turnamen FA Cup, diketahui bahwa manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson telah mengadakan negosiasi dengan boss Cardiff City, Dave Jones untuk menarik Ramsey ke Manchester United.

Namun chairman klub Cardiff City, Peter Ridsgale mengatakan pada BBC bahwa mereka telah menerima tawaran dari Arsenal sejumlah £5 juta. Terry Burton, asisten manajer Cardiff City yang juga mantan pemain dan pelatih Arsenal juga membantu proses transfer Ramsey dengan merekomendasikannya pada manajer Arsenal. Burton juga memberikan saran bagi Ramsey untuk bergabung ke Arsenal, karena adanya kemiripan antara cara bermain klub dan pemain tersebut.

Pada Juni 2008, diumumkan bahwa setelah diadakan pertemuan resmi antara Arsenal, Everton dan Manchester United, Ramsey memutuskan untuk bergabung ke Arsenal yang membayar £4,8 juta kepada Cardiff City untuk mendapatkannya. Alasan mengapa Ramsey memilih Arsenal di tengah tawaran dari beberapa klub lain adalah rencana manajer Arsenal, Arsene Wenger, untuk menerbangkan Ramsey dan keluarganya ke Swiss untuk membicarakan masa depan Ramsey yang sangat potensial untuk Arsenal.

Selama turnamen UEFA Champions League musim 2007-2008, ia menjadi pemain kelima termuda yang berhasil mencetak gol selama sejarah tunamen tersebut, dan pemain kedua yang lahir pada masa 1900an yang berhasil mencetak skor di Champion League.

Ia masuk ke dalam daftar pemain muda yang namanya bersinar pada tahun 2009 di situs fifa.com.


Oleh: Dhianita Kusuma Pertiwi

Berita Terbaru Aaron Ramsey

Lehmann Ingin Runtuhkan Arsenal di Kandang Sendiri

Lehmann Ingin Runtuhkan Arsenal di Kandang Sendiri

14-09-2017 16:00

Kapten Cologne, Matthias Lehman, mengakui bahwa timnya akan berstatus underdog di laga Liga Europa melawan Arsenal. Namun ia percaya diri mereka bisa mencuri kemenangan di Emirates.

Lawan Arsenal, Conte Bisa Singkirkan Fabregas

Lawan Arsenal, Conte Bisa Singkirkan Fabregas

14-09-2017 13:00

Gelandang Chelsea, Cesc Fabregas, dikabarkan akan jadi korban rotasi manajer Antonio Conte untuk laga Premier League berikutnya melawan Arsenal.

Ramsey dan Ozil Absen Lawan FC Koln

Ramsey dan Ozil Absen Lawan FC Koln

14-09-2017 00:45

Manajer Arsenal, Arsene Wenger menyebut bahwa ia tidak membawa tim terbaik untuk laga melawan FC Koln. Wenger tidak akan menurunkan Aaron Ramsey dan Mesut Ozil pada laga tersebut.

Arsenal dan City Anggap Evans Terlalu Mahal

Arsenal dan City Anggap Evans Terlalu Mahal

09-09-2017 19:40

Tony Pulis mengkonfirmasi bahwa Arsenal dan Manchester City sama-sama tertarik pada Jonny Evans, namun keduanya tak bersedia memenuhi permintaan harga West Brom untuk sang bek.

Ramsey Sedih dengan Kepergian Chamberlain ke Liverpool

Ramsey Sedih dengan Kepergian Chamberlain ke Liverpool

01-09-2017 12:30

Aaron Ramsey mengakui bahwa Arsenal sudah kehilangan seorang pemain hebat dalam diri Alex Oxlade-Chamberlain, usai sang gelandang menuntaskan transfernya ke Liverpool di musim panas ini.

Eks Arsenal Terperanjat Dengar Barkley Tolak Chelsea

Eks Arsenal Terperanjat Dengar Barkley Tolak Chelsea

01-09-2017 11:30

Eks gelandang Arsenal, Paul Merson, mengakui bahwa ia sampai 'kehilangan kata-kata' setelah tahu bahwa gelandang Everton, Ross Barkley, menolak Chelsea di tengah-tengah proses penyelesaian transfernya.

Ramsey Fit untuk Bela The Dragons

Ramsey Fit untuk Bela The Dragons

30-08-2017 14:20

Wales dikabarkan percaya diri bahwa gelandang Arsenal, Aaron Ramsey, akan bisa mengatasi cedera kecil yang ia alami tepat pada waktunya, hingga bisa bermain melawan Austria di akhir pekan ini.

Draxler Masih Muncul di Radar Arsenal

Draxler Masih Muncul di Radar Arsenal

30-08-2017 13:00

Bos Arsenal, Arsene Wenger, disebut sudah melakukan pendekatan anyar pada playmaker PSG, Julian Draxler, menurut laporan yang beredar di Prancis.

Chamberlain Tolak Chelsea demi Gabung Liverpool

Chamberlain Tolak Chelsea demi Gabung Liverpool

30-08-2017 10:10

Meski dikabarkan sudah ada kesepakatan antara Arsenal dan Chelsea, Alex Oxlade-Chamberlain kini justru memilih bergabung dengan Liverpool, menurut laporan yang diturunkan BBC.

Vieira: Arsenal Sekarang Lebih Hebat dari Invincibles

Vieira: Arsenal Sekarang Lebih Hebat dari Invincibles

29-08-2017 11:20

Legenda Arsenal, Patrick Vieira, mengklaim bahwa tim yang ada sekarang memiliki pemain yang lebih hebat dibanding eranya dulu.