ALEXOXLADE-CHAMBERLAIN

Alex Oxlade-Chamberlain
Nama Lengkap : Alexander Mark David Oxlade-Chamberlain
Tempat Lahir : Portsmouth, Inggris
Tanggal Lahir : 15 Agustus 1993 (24 Tahun)
Kebangsaan : Inggris
Klub : Arsenal
Posisi : Gelandang
No Punggung : 15
Tinggi : 180 cm

Karir

Alexander Mark David Oxlade-Chamberlain yang lahir di korta Porsmouth pada 15 Agustus 1993, merupakan seorang pemain sepak bola berkewarganegaraan Inggris yang bermain di posisi sayap.

Oxlade Chamberlain menjadi pemain pilihan utama Southampton selama musim 2010-2011 pada usianya yang baru tujuh belas tahun. Kemudian ia bergabung dengan Arsenal pada Agustus 2011. Ia berhasil menyumbangkan dua gol pada tiga pertandingan untuk klub tersebut dan Oxlade Chamberlain menjadi top skorer Inggris termuda selama sejarah turnamen UEFA Champion League dan menduduki posisi sebagai pemain utama di skuat tim nasional Inggris U21.

Para suporter memberi julukan pada pemain tersebut “The Ox” yang diambil dari nama akhirnya, Oxlade, dan menggambarkan kekuatan fisik serta gaya bermain bersemangat yang selalu ditunjukkannya di atas lapangan.

Oxlade Chamberlain mengawali debutnya sebagai punggawa tim nasional Inggris di skuat senior pada Mei 2012 dengan turun pada pertandingan tim nasional Norwegia yang berakhir dengan skor 1-0, kemenangan untuk Inggris. Kemudian ia menerima panggilan untuk turut membela tanah airnya di turnamen UEFA Euro 2012, menjadi pemain kedua termuda yang pernah menjadi wakil Inggris dalam turnamen tersebut, setelah Wayne Rooney.

Oxlade Chamberlain bergabung dengan Southampton Academy pada usia tujuh tahun dan mengawali debut sebagai pemain profesional pada tahun 2010. Tepatnya pada Maret 2010, ia bermain pertama kali untuk Southampton di usianya yang ke enam belas tahun.

Pertandingan melawan Huddersfield Town tersebut dimenangkan Southampton dengan skor akhir 5-0. Oxlade Chamberlain menjadi pemain termuda kedua yang bermain untuk tim tersebut setelah Theo Walcott. Oxlade Chamberlain turun di menit ke 82 untuk menggantikan Jason Puncheon pada babak final melawan Southend United pada Mei 2010.

Pada Agustus 2010, setelah ulang tahunnya yang ke tujuh belas, Oxlade Chamberlain menandatangani kontrak profesional tiga tahun dengan manajemen Southampton. Pada November 2010, Oxlade Chamberlain dianugerahi penghargaan Man of the Match untuk pertama kalinya, pada pertandingan melawan Dagenham & Redbridge.

Musim 2010-2011 berakhir dengan keberhasilan Oxlade Chamberlain menyumbangkan sembilan gol dan mengantarkan Southampton mendapatkan promosi. Disamping keberhasilan tersebut, Southampton juga dianugerahi penghargaan PFA League One Team of the Year untuk musim 2010-2011.

Chamberlain menjadi incaran beberapa klub setelah memperoleh prestasi yang berhasil ia capai bersama Southampton. Ayahnya, Mark Chamberlain mengatakan bahwa ia menginginkan anaknya segera bergabung dengan Arsenal untuk melanjutkan perkembangan karirnya.

Pada Agustus 2011, diumumkan bahwa Oxlade Chamberlain telah menandatangani kontrak dengan manajemen klub klasemen Premier League, Arsenal. Kedua pihak baik manajemen klub maupun Oxlade Chamberlain tidak mempublikasikan pada media tentang informasi detail kontrak, namun diperkirakan bahwa pemain tersebut dibeli dengan harga 12 juta pound sterling.

Di akhir bulan Agustus 2011 Oxlade Chamberlain mengawali debutnya dengan Arsenal pada pertandingan melawan Manchester United yang berakhir dengan kemenangan Arsenal, berhasil mencetak delapan gol ke gawang Manchester United dan hanya dapat dibalas dua gol.

'The Ox' menjadi pemain ke 150 yang bermain untuk Arsenal di turnamen Premier League. Manajer asal Belanda, Marco van Basten menganggap Oxlade Chamberlain sebagai ‘permata’ karena performa impresif yang ia tunjukkan selama musim 2011-2012 bersama Arsenal.

Dan kapten tim Arsenal, Robin van Persie mengatakan bahwa Oxlade Chamberlain adalah masa depan Arsenal dan Inggris. Kemudian pemain tersebut juga dinominasikan untuk penghargaan PFA Young Player of the Year, dan menjadi pemain termuda yang termasuk dalam daftar nominator penghargaan tersebut.

Oxlade Chamberlain mencetak gol pertamanya di musim 2012-2013 bersama Arsenal pada pertandingan melawan Coventry City. Pertandingan tersebut dimenangkan Arsenal dengan skor 6-1, dengan satu gol yang ditendang oleh Oxlade Chamberlain dari jarak 23 meter.

Pada pembukaan musim 2013-2014, Oxlade Chamberlain turun pada pertandingan melawan Aston Villa dan mengalami cidera yang mengharuskannya absen dari lapangan selama kira-kira enam minggu sampai tiga bulan, melewatkan babak kualifikasi Piala Dunia melawan Polandia dan Montenegro.

Walaupun tidak bisa bermain dikarenakan cidera, Oxlade Chamberlain dinominasikan di penghargaan Golden Boy Award 2013.


Oleh: Dhianita Kusuma Pertiwi

Berita Terbaru Alex Oxlade-Chamberlain

Eks Spurs: Chamberlain Tidak Sebagus Mane Atau Salah

Eks Spurs: Chamberlain Tidak Sebagus Mane Atau Salah

20-10-2017 01:18

Eks gelandang Tottenham menyebut Alex Oxlade-Chamberlain tidak sebagus Mohamed Salah atau Sadio Mane dan menyarankannya agar pindah posisi dan fokus bersaing di lini tengah.

Ox Chamberlain Puji Ketekunan Liverpool Dalam Usahanya Mencari Gol

Ox Chamberlain Puji Ketekunan Liverpool Dalam Usahanya Mencari Gol

19-10-2017 22:20

Gelandang Liverpool Alex Oxlade-Chamberlain senang rekan-rekannya tidak putus asa menciptakan peluang demi peluang karena pada akhirnya hal tersebut membuahkan hasil positif.

Klopp: Gol Perdana Lepas Beban Chamberlain

Klopp: Gol Perdana Lepas Beban Chamberlain

18-10-2017 15:45

Jurgen Klopp berharap Alex Oxlade-Chamberlain bisa terus menunjukkan momen positif usai ia mencetak gol perdana bagi Liverpool.

Bikin Gol Perdana, Chamberlain Langsung Diperingatkan Owen

Bikin Gol Perdana, Chamberlain Langsung Diperingatkan Owen

18-10-2017 14:25

Michael Owen memperingatkan Alex Oxlade-Chamberlain bahwa ia akan menghadapi tantangan berat untuk menjadi pemain reguler di Liverpool.

Chamberlain: Saya Masih Belajar di Liverpool

Chamberlain: Saya Masih Belajar di Liverpool

18-10-2017 14:05

Alex Oxlade-Chamberlain mengakui ia masih harus terus belajar dan berkembang untuk menjadi pemain reguler di Liverpool usai pindah dari Arsenal di musim panas.

Klopp Sebut Chamberlain Belum Siap Jadi Gelandang Tengah

Klopp Sebut Chamberlain Belum Siap Jadi Gelandang Tengah

18-10-2017 11:30

Jurgen Klopp memuji Alex Oxlade-Chamberlain, yang tampil sebagai pemain pengganti di laga melawan Manchester United, namun mengatakan ia masih belum siap menjadi gelandang tengah.

Chamberlain Dalam Tekanan, Klopp Membela

Chamberlain Dalam Tekanan, Klopp Membela

17-10-2017 10:20

Jurgen Klopp merasa performa Alex-Oxlade Chamberlain sebagai pemain pengganti di laga 0-0 melawan Manchester United telah menjad langkah besar dalam karirnya di Liverpool.

Mudah Bagi Klopp Coret Chamberlain di Liverpool

Mudah Bagi Klopp Coret Chamberlain di Liverpool

15-10-2017 07:00

Jurgen Klopp mengakui mudah baginya untuk mencoret Alex Oxlade-Chamberlain dari barisan starter untuk pertandingan Liverpool melawan Manchester United.

Chamberlain Diminta Bekerja Lebih Keras di Liverpool

Chamberlain Diminta Bekerja Lebih Keras di Liverpool

12-10-2017 08:50

Alex Oxlade-Chamberlain harus bekerja lebih keras untuk membuktikan kemampuannya di hadapan Jurgen Klopp dan mendapat jatah sebagai starter di Liverpool.

Oxlade-Chamberlain Dinilai tak Layak Masuk Skuat Inggris

Oxlade-Chamberlain Dinilai tak Layak Masuk Skuat Inggris

08-10-2017 02:04

Mantan pemain Chelsea, Chris Sutton menilai bahwa Scott Sinclair lebih layak masuk dalam skuat timnas Inggris daripada Alex Oxlade-Chamberlain.