Nama Lengkap : Arda Turan
Tempat Lahir : Fatih, Istanbul, Turki
Tanggal Lahir : 30 Januari 1987 (30 Tahun)
Kebangsaan : Turki
Klub : Barcelona
Posisi : Gelandang
No Punggung : 7
Tinggi : 177 cm

Karir

Arda Turan adalah pemain sepakbola yang lahir di Istanbul, Turki pada 30 Januari 1987. Pemain bertinggi 1.77 meter ini bermain untuk klub Spanyol, Atlético Madrid sejak 2011. Arda Turan menempati posisi sebagai pemain sayap yang terkadang dapat juga beroperasi sebagai gelandang serang.

Sebagai pemain yang tumbuh dan berkembang di Istanbul, mencintai klub tempat kelahiran adalah hal yang biasa. Begitu juga dengan kecintaan Arda Turan terhadap tim ibukota Turki, Galatasaray. Turan sendiri merupakan produk hasil didikan dari Galatasaray muda. Namun di awal karirnya, Turan tidak langsung bergabung dengan Galatasaray. Turan terlebih dahulu bergabung dengan akademi Altintepsi Makelspor pada 1997.

Setelah 3 tahun di Makelspor, Arda Turan kemudian bergabung dengan akademi Galatasaray pada tahun 2000. Arda Turan menjadi pemain yang sangat menonjol di youth team. Karena itulah, pelatih Galatasaray saat itu, Georghe Hagi mempromosikannya ke tim utama Galatasaray untuk menghadapi musim 2004-2005.

Turan menjalani debutnya pada 22 Januari 2005 di Piala Turki melawan Bursaspor. Meskipun masih sulit menembus skuat inti dan hanya bermain di 2 pertandingan, Turan kemudian dipinjamkan ke Manisaspor untuk musim 2005-2006 demi mendapatkan jam terbang. Arda Turan dapat bermain lebih maksimal kala di Manisaspor dan mencatatkan 15 laga, 2 gol, serta 3 assist.

Sebelum kembali ke Galatasaray, Turan sempat ditawari kontrak permanen oleh Manisaspor dengan gaji yang lebih tinggi. Namun karena kecintaannya terhadap Galatasaray, ia menolak dan menyatakan bahwa berapapun uang yang ditawarkan, ia akan tetap memilih Galatasaray. Keputusannya kembali ke Galatasaray sangatlah tepat karena Turan langsung menembus skuat utama untuk menjalani musim 2006-2007.

Pada musim 2009-2010, berdasarkan performa dan sikapnya di lapangan pada musim-musim sebelumnya, Turan ditunjuk sebagai kapten Galatasaray. Turan lalu memimpin Galatasaray untuk meraih gelar liga untuk keenam kalinya secara berturut-turut. Berkat penampilan cemerlangnya selama 4 musim di skuat utama Galatasaray, munculah ketertarikan dari Atlético Madrid untuk membelinya.

Akhirnya pada 9 Agustus 2011, kesepakatan pembelian pun tercapai dengan harga mencapai 19 juta Euro menjadikannya pemain Turki termahal yang hijrah keluar Turki. Memakai jersey bernomor 11, Turan mengawali debutnya pada 28 Agustus 2011 melawan Osasuna. Dilanjutkan dengan gol pertamanya pada 30 November 2011 ke gawang Celtic di ajang UEFA Europa League.

Turan berhasil membawa Atlético Madrid mencapai UEFA Europa League Final 2012 dan berperan besar untuk mengantar Atlético Madrid meraih gelar tersebut. Assist-nya dapat dikonversi dengan baik oleh Radamel Falcao untuk membawa Atlético Madrid memimpin 2-0. Laga kemudian berakhir 3-0 dan menjadi gelar Eropa pertama bagi Turan.

Permainan cemerlangnya kembali membantu Atlético Madrid meraih gelar, kali ini ia lakukan di 2012 UEFA Super Cup dengan memberi assist untuk Falcao yang mencetak gol ketiga. Laga berakhir 4-1 untuk kemenangan Atlético Madrid. Adanya Arda Turan membuat Atlético Madrid dapat bersaing dengan 2 raksasa Spanyol, Real Madrid dan FC Barcelona.

Suksesnya di level klub membuatnya menjadi aset berharga untuk Tim Nasional Turki. Turan sudah mewakili tim nasional Turki berbagai usia. Di mulai dari timnas U-16 sampai dengan senior. Namun ia paling berperan di level senior saat membawa Turki mencapai babak semifinal Euro 2008. Mengalahkan Kroasia di babak perempat final, Turki akhirnya dikandaskan oleh Jerman.

Turan merupakan pribadi yang menyenangkan baik di dalam maupun di atas lapangan. Ia dikenal sering menjadi sukarelawan sosia untuk membantu anak-anak yang menderita sakit. Turan yang juga seorang fans Liverpool, memiliki ketertarikan terhadap otomotif. Menurut media Turki, Turan memiliki 1 Aston Martin DB9 dan 1 Mercedez-Benz SLS AMG.       


Oleh: Faris Faishal

Berita Terbaru Arda Turan

Turan Siap Habiskan Kontraknya di Barcelona

Turan Siap Habiskan Kontraknya di Barcelona

28-10-2017 17:01

Gelandang Barcelona, Arda Turan, dengan senang hati akan menghabiskan sisa kontraknya di Barcelona.

Barca Akan Jual Lima Pemain di Musim Panas 2018

Barca Akan Jual Lima Pemain di Musim Panas 2018

28-10-2017 00:31

Raksasa asal Catalan Barcelona dikabarkan akan melepas lima pemainnya pada musim panas mendatang demi mengurangi beban gaji klub.

Barca Rotasi Skuat, Turan dan Vidal Tetap Tidak Main

Barca Rotasi Skuat, Turan dan Vidal Tetap Tidak Main

24-10-2017 17:07

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde mengaku akan bakal melakukan rotasi pemain di laga Copa Del Rey. Kendati begitu, Valverde memastikan bahwa Aleix Vidal dan Arda Turan tetap tidak akan bisa bermain.

Adriano Yakin Turan Masih Bisa Sukses di Barcelona

Adriano Yakin Turan Masih Bisa Sukses di Barcelona

13-10-2017 15:20

Adriano Correia mengatakan bahwa mantan rekannya di Barcelona, Arda Turan, tak boleh menyerah begitu saja dengan karirnya di Camp Nou.

Turan Dikonfirmasi Ingin Datang ke Gatalasaray

Turan Dikonfirmasi Ingin Datang ke Gatalasaray

13-10-2017 15:05

Gelandang Barcelona, Arda Turan, amat ingin kembali ke Galatasaray, menurut mantan rekan setimnya.

Arsenal Siap Jadi Pelabuhan Arda Turan

Arsenal Siap Jadi Pelabuhan Arda Turan

10-10-2017 10:00

Arsenal dikabarkan tertarik untuk mendatangkan gelandang Barcelona, Arda Turan, di Januari mendatang.

Tiga Pemain Ini Masuk Daftar Jual Barca

Tiga Pemain Ini Masuk Daftar Jual Barca

09-10-2017 21:04

Barcelona akan melakukan perombakan dalam skuatnya pada bursa transfer bulan Januari yang akan datang. Setidaknya, ada tiga pemain yang dikabarkan akan masuk dalam daftar jual Barca selanjutnya.

Klub Turki Ini Ngotot Pulangkan Turan dari Barca

Klub Turki Ini Ngotot Pulangkan Turan dari Barca

07-10-2017 23:40

Galatasaray takkan menyerah dalam upaya mereka untuk menghadirkan kembali pemain Barcelona, Arda Turan.

Presiden Barca Tak Tampik Gosip Pembelian Isco

Presiden Barca Tak Tampik Gosip Pembelian Isco

20-09-2017 13:40

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, tak membantah bahwa klubnya sempat mencoba merekrut Isco di bursa musim panas lalu.

Pelatih Barca Indikasikan Arda Turan Malas Latihan dan Pembangkang?

Pelatih Barca Indikasikan Arda Turan Malas Latihan dan Pembangkang?

19-09-2017 08:27

Ernesto Valverde lebih memilih mencari pemain di Barca B ketimbang menurunkan Arda Turan.