CARLJENKINSON

Carl Jenkinson
Nama Lengkap : Carl Daniel Jenkinson
Tempat Lahir : Harlow, Inggris
Tanggal Lahir : 08 Februari 1992 (24 Tahun)
Kebangsaan : Inggris
Klub : Arsenal
Posisi : Bek
No Punggung : 25
Tinggi : 185 cm

Karir

  • 2010 - 2011 : Charlton Athletic
  • 2010 - : Welling United
  • 2010 - : Eastbourne Borough
  • 2011 - : Arsenal
  • 2014 - 2015 : West Ham
  • 2015 - 2016 : West Ham

Carl Daniel Jenkinson atau yang lebih akrab dengan sapaan Jenkinson adalah pemain sepak bola profesional berdarah Inggris dan Finlandia dan pernah memperkuat tim nasional kedua negara tersebut sejak tahun 2012.

Ia merintis karir sepak bolanya sejak tahun 2007 dengan bergabung dengan klub muda Charlton Athletic hingga tahun 2010. Di tahun 2010, Jenkinson mendapat tempat dan dikontrak di klub senior yang sama. Di musim tersebut dia sempat dipinjamkan ke Welling United dan Eastbourne Borough hingga November 2010.

Jenkinson baru sempat mendapat kesempatan pertama untuk bermain bersama klub di semifinal turnamen Football League Thropy region selatan saat melawan Brentford di stadio Griffin Park pada Desember 2010. Dia bermain selama 90 menit dan ditempatkan di posisi bek kanan oleh sang pelatih.

Ia memutuskan untuk hengkang dari tim berjulukan The Addicks dan resmi bergabung dengan Arsenal pada Juni 2011. Pada tanggal 16 di bulan yang sama, dia berkesempatan untuk bermain di laga debutnya bersama Arsenal, dimainkan babak kedua untuk menggantikan Johan Djorou yang cedera di partai final Kualifikasi Liga Champion melawan Udinese.

Di Liga Premier pertamanya, pemuda kelahiran 8 Februari 1992 ini bermain melawan Liverpool dan ditempatkan di posisi bek kanan. Dia tetap konsisten mempertahankan posisinya sebagai bek kanan di tim, bahkan ketika melawan Manchester United di Old Trafford.

Jenkinson juga pernah bermain duet bersama Robin van Persie dan mencetak gol di babak kedua, walaupun haris berakhir dengan kekalahan telak 2-8 melawan Manchester United. Kekalahan telak itu tidak membuat performa permainan Jenkinson menurun. Ketika dia bermain menggantikan posisi Bacary Sagna, dia mampu bermain dengan sangat baik ketika melawan West Bromwich.

Di beberapa pertandingan selanjutnya, dia mengalami keretakan tulang di bagian punggung bawah yang harus memaksanya untuk vakum sementara sembari menjalani perawatan selama 3 bulan. Setelah pulih dari cederanya, Jenkinson memulai 5 pertandingan pertama di musim 2012-2013 dengan sangat memukau, bahkan ketika melawan Manchester United lagi.

Di penghujung tahun 2012, telah diumumkan bahwa Jenkinson dan beberapa rekan di Arsenal menandatangani kontrak baru bersama The Gunners untuk jangka waktu yang belum belum ditentukan.

Terlahir dari ayah yang berasal Inggris dan ibu dari Finlandia, membuat pemain jangkung ini memiliki kewarganegaraan ganda dan memiliki hak bermain untuk dua negara tersebut di laga internasional.

Awal mulanya, dia bermain bersama punggawa tim nasional U-18 Finlandia yang berkompetisi di turnamen Valentin Granatkin Memorial tahun 2010. Dia sempat bermain selama 3 kali dan dipercaya untuk menjadi kapten bagi tim. Jenkinson juga masih bermain bersama tim nasional Finlandia U-21 di kompetisi Kualifikasi UEFA U-21 pada Juni 2011 yang berakhir dengan skor imbang 0-0 melawan Malta.

Pada Pertengahan Oktober 2012, manajer tim nasional Inggris, Roy Hodgson, mengungkapkan bahwa Jenkinson sudah berlatih bersama rekan-rekan tim nasional Inggris sebelum bertanding melawan Polandia di babak Kualifikasi Piala Dunia. Sang manajer juga menyatakan bahwa Jenkinson sudah bertekad bulat untuk membela tim Inggris dan meninggalkan Finlandia.

Karir senior Jenkinson bersama Timnas Inggris dimulai pada pertengahan November 2012 sebagai pemain pengganti di babak kedua di pertandingan persahabatan melawan Swedia. Pada Oktober 2013, Jenkinson mendapat panggilan untuk memperkuat skuad tim nasional Inggris U-21 di Kualifikasi European Championship melawan Lithuania dan San Marino.

Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru Carl Jenkinson

Bos Palace Beri Kabar Soal Transfer Evra dan Jenkinson

Bos Palace Beri Kabar Soal Transfer Evra dan Jenkinson

22-01-2017 01:00

Bos Crystal Palace, Sam Allardyce, takkan menyerah dalam usahanya untuk merekrut Carl Jenkinson dan Patrick van Aanholt, dan berkeras masih belum ada perkembangan soal transfer Patrice Evra.

Jenkinson Batal Pindah ke Palace

Jenkinson Batal Pindah ke Palace

19-01-2017 22:55

Bek Arsenal, Carl Jenkinson, dikabarkan tak jadi pindah ke Crystal Palace karena tak menemui kata sepakat soal gaji.

Arsenal Dipastikan Segera Kehilangan Satu Beknya

Arsenal Dipastikan Segera Kehilangan Satu Beknya

18-01-2017 11:00

Kepindahan Carl Jenkinson dari Arsenal ke Crystal Palace akan segera terjadi, menurut reporter Sky Sports, Dharmesh Sheth.

Jenkinson Dipastikan Angkat Kaki Dari Arsenal

Jenkinson Dipastikan Angkat Kaki Dari Arsenal

13-01-2017 20:28

Manajer Arsenal, Arsene Wenger, menyatakan bahwa Carl Jenkinson akan segera angkat kaki dari Emirates dalam waktu dekat.

Arsenal Mantap Lepas Jenkinson

Arsenal Mantap Lepas Jenkinson

12-01-2017 08:00

Carl Jenkinson akan bergabung dengan Crystal Palace dengan status transfer permanen dari Arsenal di bulan ini.

Jenkinson Tinggalkan Arsenal, Palace Terdepan Menampung

Jenkinson Tinggalkan Arsenal, Palace Terdepan Menampung

10-01-2017 09:00

Bos Crystal Palace, Sam Allardyce, dikabarkan sudah menetapkan pemain belakang Arsenal, Carl Jenkinson, sebagai salah satu target transfernya di Januari.

Wenger Siap Lepas Debuchy dan Jenko

Wenger Siap Lepas Debuchy dan Jenko

06-01-2017 12:40

Arsene Wenger mengatakan bahwa ia akan dengan senang hati melepas dua pemain bertahan, Carl Jenkinson dan Mathieu Debuchy, di bursa transfer Januari.

Wenger Akan Tendang Debuchy di Januari

Wenger Akan Tendang Debuchy di Januari

03-01-2017 09:03

Bos Arsenal, Arsene Wenger, disebut siap menjual Mathieu Debuchy bulan ini, menurut laporan yang beredar di Inggris.

Carl Jenkinson Diminati Lima Klub

Carl Jenkinson Diminati Lima Klub

29-12-2016 08:00

Bek Arsenal, Carl Jenkinson, disebut tengah masuk radar transfer lima klub, yang berminat untuk meminjamnya di bursa Januari mendatang.

Arsenal Segera Lepas Beknya ke West Ham?

Arsenal Segera Lepas Beknya ke West Ham?

22-12-2016 09:59

Jenkinson dikabarkan akan dilepas ke West Ham United sebagai pemain pinjaman hingga akhir musim nanti.