FOLLOW US:

CLAUDIOMARCHISIO

Claudio Marchisio
Nama Lengkap : Claudio Marchisio
Tempat Lahir : Turin, Italia
Tanggal Lahir : 19 Januari 1986 (33 Tahun)
Kebangsaan : Italia
Klub : Juventus
Posisi : Gelandang
No Punggung : 8
Tinggi : 180 cm

Karir

  • 2006 - : Juventus
  • 2007 - 2008 : Empoli

Claudio Marchisio merupakan pemain Italia yang sangat dihormati. Peran sentralnya bersama dengan skuat Italia sukses membawa Italia melaju ke final piala Eropa 2012 meski pada akhirnya harus menyerah kepada Spanyol di partai puncak. Gelandang dengan kekuatan dan stamina prima ini sukses menjelma menjadi pilar utama baik bagi tim nasional maupun klub yang ia bela.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini mengawali karirnya bersama dengan akademi klub kebanggaan kota Turin, Juventus, di usianya yang ke 7. Sejak kecil, Marchisio memang merupakan fans sejati Juve. Hal itu dikarenakan kedua orang tuanya juga adalah fans Juve dan sejak kecil ia telah sering melihat pertandingan – pertandingan Juve di Stadio delle Alpi, baik sebagai penonton maupun sebagai ball boy bagi tim kesayangannya tersebut.

Pada 1993, Marchisio bergabung bersama dengan program pembinaan usia muda Juve. Kala itu ia bermain diposisi trequartista. Posisi itu ia pilih karena ia sangat mengidolakan sang pangeran Turin, Alessandro Del Piero. Sebagai trequartista, Marchisio menjadi gelandang yang berposisi lebih menyerang. Seiring berjalannya waktu, ia berpindah ke posisi yang sedikit lebih kebelakang sebagai gelandang pada usianya yang ke 16.

Ia terlihat menikmati posisi barunya sebagai gelandang tengah dibandingkan dengan posisi lamanya sebagai trequartista. Ia lebih bebas memilih untuk maju atau bertahan diposisinya yang baru itu. Bersama dengan tim junior Juve, pemain kelahiran 19 Januari ini perlahan tapi pasti menjadi sosok pemain sentral di tim junior si Nyonya Tua. Perannya sebagai gelandang sukses ia tempati dengan apik, baik kala timnya maju menyerang maupun kala bertahan dari gempuran serangan lawan.

Atas pertimbangan permainan apiknya selama di tim akademi, pelatih Juventus kala itu, Fabio Capello, sering memanggil Marchisio untuk bergabung guna berlatih bersama dengan tim utama Juve pada musim 2004/2005. Ia bahkan sukses membuat Capello terpikat oleh gaya permainan pemain kelahiran Turin ini.

Perkembangan yang ia tunjukkan kala berlatih bersama dengan tim utama si Nyonya Tua membuat Capello bahkan tak ragu untuk memberinya nomor punggung dan mendaftarkan namanya sebagai pemain pengganti di skuat utama Juve meski ia belum sempat mendapatkan pengalaman bermain bersama dengan skuat utama kala itu.

Setelah si Nyonya Tua tersendat kasus Calciopoli dan harus turun kasta ke Serie B, Marchisio resmi dipromosikan menjadi pemain utama di dalam skuat Juve dan dianugerahi nomor punggung 15. Ia sukses menjalankan tugasnya dengan baik kala menjadi pemain inti Juve. Debutnya pada babak ketiga Copa Italia setelah menggantikan Matteo Paro di babak kedua sukses ia akhiri dengan kemenangan 3 gol tanpa balas Juventus atas Martina. Ia terus bermain apik sejak debutnya dan sukses membawa Juve kembali ke panggung Serie A.

Meski bermain apik pada Serie B, Marchisio ternyata masih belum bisa mengamankan posisinya di tim utama Juve. Pada awal musim 2007/2008, ia dan Giovinco dipinjamkan ke Empoli guna mendapat pengalaman bermain di tim utama klub Serie A.

Selama masa  peminjamannya tersebut, baik Marchisio maupun Giovinco sukses memberikan penampilan yang apik dan menjadi pemain sentral di Empoli. Sayangnya pada akhir musim, penampilan apik kedua pemain pinjaman ini tak mampu berbuat banyak guna menyelamatkan Empoli dari jurang degradasi.

Pada musim selanjutnya, ia kembali ke Juventus kala Juve dibawah komando arsitek baru mereka, Claudio Ranieri. Di bawah arahan Ranieri, Marchisio menjadi pilihan utama di posisi gelandang bagi Juve. Ia dengan cepat menjadi favorit fans Juventus karena kegigihannya bermain di lapangan tengah si Nyonya Tua.

Ia juga terus menjadi pilihan utama dibawah asuhan pelatih-pelatih selanjutnya bagi Juve. Marchisio sendiri sukses memberikan berbagai gelar domestik bagi Juve.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Claudio Marchisio

Enggan Dekat-dekat dengan Inter, Eks Juventus Ini Tolak Tawaran Jiangsu Suning

Enggan Dekat-dekat dengan Inter, Eks Juventus Ini Tolak Tawaran Jiangsu Suning

20-08-2019 05:18

Kesetiaan gelandang asal Italia, Claudio Marchisio, kepada Juventus masih melekat hingga sekarang. Bahkan, ia menolak opsi pindah ke salah satu klub asal Tiongkok, Jiangsu Suning, karena dirasanya terlalu dekat dengan rival bebuyutan Bianconeri, Inter Milan.

Pakai Jersey Nomor 8, Ramsey Berharap Bisa ikuti Jejak Marchisio

Pakai Jersey Nomor 8, Ramsey Berharap Bisa ikuti Jejak Marchisio

15-07-2019 21:55

Gelandang anyar Juventus Aaron Ramsey berharap bisa mengikuti jejak kesuksesan Claudio Marchisio bersama Bianconeri.

Marchisio Dukung Paul Pogba untuk Kembali ke Juventus

Marchisio Dukung Paul Pogba untuk Kembali ke Juventus

15-05-2019 18:49

Eks gelandang Juventus Claudio Marchisio mendukung Paul Pogba untuk kembali memperkuat Bianconeri musim depan.

Juve Diminta Pertahankan Paulo Dybala dan Rekrut Mauro Icardi

Juve Diminta Pertahankan Paulo Dybala dan Rekrut Mauro Icardi

15-05-2019 18:15

Eks gelandang Juventus Claudio Marchisio meminta Bianconeri mempertahankan Paulo Dybala dan kemudian menduetkannya bersama Mauro Icardi.

Marchisio Ingin Juventus Dilatih Oleh Jurgen Klopp

Marchisio Ingin Juventus Dilatih Oleh Jurgen Klopp

15-05-2019 17:48

Eks gelandang Juventus Claudio Marchisio mengaku ingin melihat Bianconeri dilatih oleh manajer Liverpool saat ini, Jurgen Klopp.

Marchisio: Bahkan Seorang Juara Seperti Ronaldo Tak Beri Garansi Juara

Marchisio: Bahkan Seorang Juara Seperti Ronaldo Tak Beri Garansi Juara

20-04-2019 02:05

Cristiano Ronaldo adalah seorang juara akan tetapi menurut Claudio Marchisio hal itu saja tak cukup untuk membawa Juventus memenangi Liga Champions.

Marchisio: Ronaldo Punya Tubuh yang Tidak Biasa

Marchisio: Ronaldo Punya Tubuh yang Tidak Biasa

21-03-2019 18:17

Eks gelandang Juventus Claudio Marchisio menyebut Cristiano Ronaldo sebagai seorang teladan dan ia memiliki tubuh yang tidak biasa untuk seorang pesepakbola.

Marchisio Jadi Sedih Lihat Nasib Dybala

Marchisio Jadi Sedih Lihat Nasib Dybala

21-03-2019 17:47

Eks gelandang Juventus Claudio Marchisio mengaku sedih melihat Paulo Dybala sekarang ini diposisikan menjauh dari kotak penalti.

Marchisio: Akan Salah untuk Bertahan di Juventus

Marchisio: Akan Salah untuk Bertahan di Juventus

21-03-2019 17:15

Claudio Marchisio mengaku ia akan membuat keputusan yang salah jika terus bertahan di Juventus musim panas lalu karena ia pasti akan makin jarang dapat kesempatan main.

Dua Kali Marchisio Tolak Pinangan Milan Demi Cintanya Pada Juventus

Dua Kali Marchisio Tolak Pinangan Milan Demi Cintanya Pada Juventus

21-03-2019 16:46

Eks gelandang Juventus Claudio Marchisio mengungkapkan bahwa AC Milan pernah berusaha membajaknya dua kali akan tetapi ia selalu menolaknya.