CLAUDIOMARCHISIO

Claudio Marchisio
Nama Lengkap : Claudio Marchisio
Tempat Lahir : Turin, Italia
Tanggal Lahir : 19 Januari 1986 (31 Tahun)
Kebangsaan : Italia
Klub : Juventus
Posisi : Gelandang
No Punggung : 8
Tinggi : 180 cm

Karir

  • 2006 - : Juventus
  • 2007 - 2008 : Empoli

Claudio Marchisio merupakan pemain Italia yang sangat dihormati. Peran sentralnya bersama dengan skuat Italia sukses membawa Italia melaju ke final piala Eropa 2012 meski pada akhirnya harus menyerah kepada Spanyol di partai puncak. Gelandang dengan kekuatan dan stamina prima ini sukses menjelma menjadi pilar utama baik bagi tim nasional maupun klub yang ia bela.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini mengawali karirnya bersama dengan akademi klub kebanggaan kota Turin, Juventus, di usianya yang ke 7. Sejak kecil, Marchisio memang merupakan fans sejati Juve. Hal itu dikarenakan kedua orang tuanya juga adalah fans Juve dan sejak kecil ia telah sering melihat pertandingan – pertandingan Juve di Stadio delle Alpi, baik sebagai penonton maupun sebagai ball boy bagi tim kesayangannya tersebut.

Pada 1993, Marchisio bergabung bersama dengan program pembinaan usia muda Juve. Kala itu ia bermain diposisi trequartista. Posisi itu ia pilih karena ia sangat mengidolakan sang pangeran Turin, Alessandro Del Piero. Sebagai trequartista, Marchisio menjadi gelandang yang berposisi lebih menyerang. Seiring berjalannya waktu, ia berpindah ke posisi yang sedikit lebih kebelakang sebagai gelandang pada usianya yang ke 16.

Ia terlihat menikmati posisi barunya sebagai gelandang tengah dibandingkan dengan posisi lamanya sebagai trequartista. Ia lebih bebas memilih untuk maju atau bertahan diposisinya yang baru itu. Bersama dengan tim junior Juve, pemain kelahiran 19 Januari ini perlahan tapi pasti menjadi sosok pemain sentral di tim junior si Nyonya Tua. Perannya sebagai gelandang sukses ia tempati dengan apik, baik kala timnya maju menyerang maupun kala bertahan dari gempuran serangan lawan.

Atas pertimbangan permainan apiknya selama di tim akademi, pelatih Juventus kala itu, Fabio Capello, sering memanggil Marchisio untuk bergabung guna berlatih bersama dengan tim utama Juve pada musim 2004/2005. Ia bahkan sukses membuat Capello terpikat oleh gaya permainan pemain kelahiran Turin ini.

Perkembangan yang ia tunjukkan kala berlatih bersama dengan tim utama si Nyonya Tua membuat Capello bahkan tak ragu untuk memberinya nomor punggung dan mendaftarkan namanya sebagai pemain pengganti di skuat utama Juve meski ia belum sempat mendapatkan pengalaman bermain bersama dengan skuat utama kala itu.

Setelah si Nyonya Tua tersendat kasus Calciopoli dan harus turun kasta ke Serie B, Marchisio resmi dipromosikan menjadi pemain utama di dalam skuat Juve dan dianugerahi nomor punggung 15. Ia sukses menjalankan tugasnya dengan baik kala menjadi pemain inti Juve. Debutnya pada babak ketiga Copa Italia setelah menggantikan Matteo Paro di babak kedua sukses ia akhiri dengan kemenangan 3 gol tanpa balas Juventus atas Martina. Ia terus bermain apik sejak debutnya dan sukses membawa Juve kembali ke panggung Serie A.

Meski bermain apik pada Serie B, Marchisio ternyata masih belum bisa mengamankan posisinya di tim utama Juve. Pada awal musim 2007/2008, ia dan Giovinco dipinjamkan ke Empoli guna mendapat pengalaman bermain di tim utama klub Serie A.

Selama masa  peminjamannya tersebut, baik Marchisio maupun Giovinco sukses memberikan penampilan yang apik dan menjadi pemain sentral di Empoli. Sayangnya pada akhir musim, penampilan apik kedua pemain pinjaman ini tak mampu berbuat banyak guna menyelamatkan Empoli dari jurang degradasi.

Pada musim selanjutnya, ia kembali ke Juventus kala Juve dibawah komando arsitek baru mereka, Claudio Ranieri. Di bawah arahan Ranieri, Marchisio menjadi pilihan utama di posisi gelandang bagi Juve. Ia dengan cepat menjadi favorit fans Juventus karena kegigihannya bermain di lapangan tengah si Nyonya Tua.

Ia juga terus menjadi pilihan utama dibawah asuhan pelatih-pelatih selanjutnya bagi Juve. Marchisio sendiri sukses memberikan berbagai gelar domestik bagi Juve.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Claudio Marchisio

Allegri Tak Berencana Cari Pengganti Marchisio

Allegri Tak Berencana Cari Pengganti Marchisio

26-08-2017 10:15

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri mengungkapkan bahwa dirinya tak masuk kembali dalam pasar pemain usai Claudio Marchisio dipastikan absen karena cedera.

Cedera Lutut Kambuh, Marchisio Absen Satu Bulan

Cedera Lutut Kambuh, Marchisio Absen Satu Bulan

25-08-2017 17:05

Juventus dipastikan tidak akan memainkan gelandang Claudio Marchisio pada laga akhir pekan ini melawan Genoa, Sabtu (26/8). Pasalnya, Marchisio dilaporkan harus menepi karena mengalami cedera lutut kambuhan.

Marchisio Konfirmasi Akan Bertahan di Turin

Marchisio Konfirmasi Akan Bertahan di Turin

24-08-2017 09:10

Claudio Marchisio telah mengkonfirmasi bahwa ia akan bertahan di Juventus, meski sempat dikaitkan dengan Chelsea.

Chelsea Kembali Lirik Marchisio

Chelsea Kembali Lirik Marchisio

22-08-2017 22:49

Chelsea dikabarkan berencana untuk bisa memboyong Claudio Marchisio ke Stamford Bridge musim panas ini.

Sang Ayah Bantah Marchisio Akan Gabung Milan

Sang Ayah Bantah Marchisio Akan Gabung Milan

22-08-2017 10:25

Ayah dan sekaligus agen Claudio Marchisio membantah bahwa gelandang Juventus itu bisa bergabung dengan AC Milan. Diakuinya, dia tak tahu dari mana rumor itu berasal.

Marchisio Ditukar Locatelli Atau Bonaventura?

Marchisio Ditukar Locatelli Atau Bonaventura?

22-08-2017 09:42

Juventus dilaporkan telah meminta AC Milan untuk memasukkan nama Manuel Locatelli atau Giacomo Bonaventura sebagai imbalan melepas Claudio Marchisio.

AC Milan Pantau Situasi Marchisio di Juventus?

AC Milan Pantau Situasi Marchisio di Juventus?

22-08-2017 08:05

AC Milan dilaporkan telah menanyakan situasi Claudio Marchisio kepada Juventus dan menjajaki kemungkinan mendatangkan gelandang timnas Italia itu.

Marchisio Akan Tinggalkan Juventus?

Marchisio Akan Tinggalkan Juventus?

21-08-2017 17:33

Situasi yang cukup pelik saat ini sedang menimpa gelandang tengah Juventus, Claudio Marchisio. Kabarnya, Marchisio akan pindah di bursa transfer musim panas ini karena sudah mulai tidak merasa jadi pemain penting lagi.

Marchisio Soal Pentingnya Tur Pramusim Juventus

Marchisio Soal Pentingnya Tur Pramusim Juventus

27-07-2017 09:25

Gelandang Juventus, Claudio Marchisio mengungkapkan salah satu manfaat dari tur pramusim yang dijalani timnya di Amerika Serikat. Salah satunya adalah untuk saling mengenal lebih antar pemain dan dalam permainan.

Marchisio Sambut Kedatangan Bernardeschi Dengan Pujian

Marchisio Sambut Kedatangan Bernardeschi Dengan Pujian

27-07-2017 08:45

Gelandang Juventus, Claudio Marchisio memberikan ucapan selamat datang kepada pemain baru Federico Bernardeschi. Dia juga memuji Bernardeschi sebagai pemain dengan bakat murni.