DANTE

Dante
Nama Lengkap : Dante Bonfim Costa Santos
Tempat Lahir : Salvador, Bahia, Brazil
Tanggal Lahir : 18 Oktober 1983 (34 Tahun)
Kebangsaan : Brasil
Klub : Nice
Posisi : Bek
No Punggung : 4
Tinggi : 188 cm

Karir

  • 2002 - 2004 : Juventude
  • 2004 - 2006 : Lille
  • 2006 - 2007 : Charleroi
  • 2007 - 2009 : Standard Liege
  • 2009 - 2012 : Borussia Monchenglad
  • 2012 - 2015 : Bayern Munich
  • 2015 - 2016 : Wolfsburg
  • 2016 - : Nice

Dante merupakan pemain yang berposisi sebagai bek tengah. Ia merupakan pemain yang memiliki daya juang tinggi. Sebagai pemain bertahan, posturnya yang tinggi cukup membantunya mengamankan gawang dari serangan para penyerang klub lawan. Dante sendiri sering disebut sebagai bintang yang telat bersinar. Kemampuannya dalam hal kekuatan dan duel udara baru terasah kala usianya sudah tidak lagi bisa dibilang muda untuk ukuran pemain sepak bola.

Dante memulai karirnya di dunia sepak bola bersama beberapa klub lokal dimana ia tumbuh di Bahia, Brazil. Pada 2001, Dante bergabung bersama dengan tim kebanggaan kota Turin, si Nyonya Tua Juventus. Kala itu ia bergabung dengan tim junior Juventus dan menjadi pilar di tim junior tersebut. Baru pada tahun keduanya bersama Juve ia mulai dipromosikan untuk bermain di tim utama.

Segera setelah ia sukses bermain bersama Juventude, Dante hijrah ke klub Ligue 1 Perancis, Lille OSC. Pada jendela transfer musim panas tahun 2004, Dante resmi diperkenalkan oleh pihak Lille sebagai salah satu amunisi lini belakang klub Ligue 1 tersebut. Sayangnya, selama dua musim berkarir bersama Lille di kompetisi Ligue 1, pemain berdarah Brazil ini hanya mengemas 12 kali penampilan. Hal tersebutlah yang membuatnya ingin hengkang dari Lille.

Pada jeda transfer awal musim 2006-2007, Dante resmi berlabuh ke liga Belgia bersama dengan Charleroi SC.  Bersama dengan klub Belgia tersebut Dante tampil mengesankan. Kontribusinya selama satu musim membuat Charleroi mampu bercokol di peringkat ke lima pada klasmen akhir musim kompetisi. Tercatat ia bermain sebanyak 23 kali dan menyarangkan 1 gol untuk Charleroi sepanjang musim kompetisi 06/07.

Atas pertimbangan penampilan impresifnya bersama dengan Cherleroi, raksasa liga Belgia, Standard Liege, memutuskan untuk meminang Dante pada musim 07/08. Dante resmi mengenakan seragam Standard Liege pada 31 Desember 2007. Debut pemain bernama lengkap Dante Bonfim Costa Santos ini berlangsung kala Standard berlaga melawan mantan timnya, Charleroi. Pertandingan tersebut berakhir dengan kemenangan Standard dengan skor 5-2.  Pada pertandingan tersebut ia bermain penuh 90 menit dan mengemas 1 gol guna memantapkan kemenangan Standard atas mantan klubnya, Charleroi.

Dante bertahan bersama dengan raksasa Belgia, Standard Liege, selama dua musim. Pada masa-masa kebersamaannya dengan Standard tersebut ia tampil sebanyak 63 kali dan sukss menyarangkan bola ke gawang lawan sebanyak 2 kali. Atas penampilan apiknya tersebut, ia sukses menjadi salah satu bek paling tangguh di liga Belgia dan memikat salah satu tim asal Jerman, Borussia Monchengladbach.

Dante bergabung dengan Monchengladbach pada Desember 2008 dengan nilai kontrak yang dirahasiakan. Debutnya bersama Monchengladbach bisa dibilang mengecewakan karena ia hanya tampil pada babak kedua dan pertandingan berakhir dengan kekalahan Die Fohlen atas VfL Bochum. Pemain yang terkenal dengan rambut afronya ini mencetak gol perdananya untuk Die Fohlen kala menghadai VfL Wolfsburg.

Ada dua momen yang akan diingat oleh Dante semasa karirnya bersama dengan Monchengladbach. Yang pertama adalah kala ia mencetak gol ke gawang Borussia Dortmund yang membuat pertandingan berakhir imbang 1-1. Hasil tersebut membuat Die Fohlen terhindar dari degradasi. Momen kedua adalah kala ia gagal mengeksekusi tentandang pinalti kala menghadai Bayern Munich pada semifinal DFB Pokal pada maret 2012. Hal tersebut membuat mereka gagal melaju ke partai final DFB Pokal.

Pada April 2012, pemain afro ini resmi mengenakan kostum kebesaran Bayern Munich. Ia ditransfer dari Munich dengan bandrol senilai €4,7 juta. Penampilan apiknya di Bayern sukses membawa FC Hollywood memenangkan Liga Champions pada tahun 2013. Di mata pelatih Heynckes dan pelatih anyar FC Hollywood, Pep Guardiola, Dante merupakan salah satu pilar penting bagi Die Roten. Di level tim nasional, Dante sendiri dipanggil oleh pelatih Felipe Scolari guna memperkuat Brazil di ajang piala konfederasi tahun 2013. Brazil sendiri berhasil memenangi turnamen tersebut setelah mengalahkan Spanyol di partai final.

Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Dante

Diincar Barca, Nice Tak Berani Jamin Masa Depan Seri

Diincar Barca, Nice Tak Berani Jamin Masa Depan Seri

28-08-2017 12:00

Bos Nice, Lucien Favre, mengaku tidak yakin apakah Jean Michael Seri akan terus bertahan di klub usai bursa transfer musim panas ditutup pekan ini, meski Barcelona sudah memutuskan mundur.

'Seri ke Barcelona Hanya Rumor'

'Seri ke Barcelona Hanya Rumor'

22-08-2017 08:40

Direktur Nice, Julien Fournier, membantah laporan yang mengatakan bahwa gelandang Jean Michael Seri akan segera pindah ke Barcelona.

Bos Nice Tak Bisa Bayangkan Seri ke Barcelona

Bos Nice Tak Bisa Bayangkan Seri ke Barcelona

21-08-2017 11:20

Lucien Favre mengatakan ia tak bisa membayangkan Nice tanpa Jean Seri, yang kabarnya akan dibeli 40 juta euro oleh Barcelona, meski ia mengatakan masa depan sang gelandang masih gelap.

Main di Prancis, Sneijder Bantah Terpengaruh Neymar

Main di Prancis, Sneijder Bantah Terpengaruh Neymar

09-08-2017 07:40

Wesley Sneijder membantah transfer Neymar yang memecahkan rekor dunia ke PSG tidak mempengaruhi keputusannya untuk bermain bersama Nice di Ligue 1.

Dante Ingatkan Para Rival Soal Kondisi Balotelli

Dante Ingatkan Para Rival Soal Kondisi Balotelli

26-07-2017 12:30

Dante memperingatkan semua rival Nice di Ligue 1, bahwa Mario Balotelli kini dalam kondisi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Dante: Guardiola Akan Temukan Solusi di City

Dante: Guardiola Akan Temukan Solusi di City

01-02-2017 07:20

Josep Guardiola akan membuat Manchester City bermain persis seperti yang ia inginkan musim depan, menurut bek Nice, Dante.

Dante: Guardiola Pelatih Bagus, Namun Buruk Dalam Komunikasi

Dante: Guardiola Pelatih Bagus, Namun Buruk Dalam Komunikasi

01-09-2016 08:21

Bek Brasil, Dante, belum lama ini mengkritik mantan manajernya di Bayern Munchen, Josep Guardiola, yang disebutnya tidak terlalu sering berkomunikasi dengan pemain - membuat mereka tidak mendapat gambaran mengenai situasi di klub.

Ambisi Singkirkan Madrid, Dante Harap Draxler Bersinar

Ambisi Singkirkan Madrid, Dante Harap Draxler Bersinar

12-04-2016 14:18

Dante berharap Julian Draxler mampu menunjukkan penampilan terbaik, seiring ambisi Wolfsburg untuk menyingkirkan Real Madrid dan masuk semifinal Liga Champions musim ini.

Hentikan Ronaldo, Dante Minta Lini Belakang Wolfsburg Solid

Hentikan Ronaldo, Dante Minta Lini Belakang Wolfsburg Solid

12-04-2016 14:17

Dante meminta para pemain belakang Wolfsburg untuk tampil solid, demi menghentikan serangan dari Cristiano Ronaldo, ketika tim bermain melawan Real Madrid di leg kedua perempat final Liga Champions dini hari nanti.

Dante: Real Madrid ala Zidane Salah Satu yang Terbaik

Dante: Real Madrid ala Zidane Salah Satu yang Terbaik

12-04-2016 14:16

Pemain Wolfsburg, Dante, mengharap ujian sulit di Liga Champions melawan Real Madrid, di mana tim Spanyol berharap bisa membalikkan keadaan usai tertinggal 0-2 di leg pertama.