Nama Lengkap : David William Moyes
Tempat Lahir : Glasgow, Scotland
Tanggal Lahir : 25 April 1963 (54 Tahun)
Kebangsaan : Republik Irlandia
Klub : Sunderland
Posisi : -
No Punggung : -
Tinggi : 185 cm

David William Moyes adalah seorang manajer sepakbola yang juga seorang mantan pemain sepakbola berkewarganegaraan Skotlandia. Sebelum menjadi manajer Manchester United, ia adalah manajer dari klub Everton. Moyes dianugerahi penghargaan League Managers Association Manager of the Year pada tahun 2003, 2005 dan 2009. Ia juga menjadi salah satu pengurus League Managers Association di bagian eksekutif.

Moyes telah tampil di 540 pertandingan sebagai pemain tengah dengan Celtic sebagai tim pertamanya. Ia kemudian bermain untuk Cambridge United, Bristol City, Shrewsbury Town dan Dunfermline Athletic sebelum mengakhiri karirnya sebagai pemain dengan klub Preston North End. Moyes menjadi pelatih di Preston, mengawali karirnya menjadi asisten manajer sebelum sepenuhnya menjadi seorang manajer pada tahun 1998.

Moyes menjadi manajer Everton pada Maret 2002 dan dibawah arahannya, klub tersebut berhasil lolos kualifikasi turnamen Champion League 2005 dan mencapai babak final FA Cup 2009. Saat mencapai tahun ke sepuluhnya menjadi manajer Everton, ia mendapatkan banyak pujian dari rekan-rekan manajer lain seperti Sir Alex Ferguson, Arsene Wenger dan Kenny Dalglish atas prestasinya bersama Everton.

Keputusan mengundurkan diri yang diambil oleh Sir Alex Ferguson dari Manchester United setelah 26 tahun berkarir di klub tersebut, membuka kesempatan bagi Moyes untuk menjadi penggantinya. Ia memulai karirnya sebagai manajer Manchester United pada Juli 2013 dengan menandatangani kontrak enam tahun.

Moyes menjadi manajer Preston sejak bulan Januari 1998, menggantikan manajer sebelumnya yaitu Gary Peter. Pada saat itu Preston tengah berjuang keras di Divisi Dua dan berada di bawah ancaman degradasi. Ia menghabiskan sisa waktunya sebagai pemain sepakbola dengan mempersiapkan urusan manajerial dan menjadi pelatih pada usia 22 tahun. Akhirnya Preston berhasil bebas dari ancaman degradasi di penghujung musim 1997-1998 dan bertanding di turnamen Divisi Dua, walau harus mengalami kegagalan.

Pada musim selanjutnya, Moyes mengantarkan Preston menjuarai turnamen Divisi Dua dan mendapatkan promosi menuju Divisi Satu. Preston kalah pada pertandingan final pada Mei 2001. Satu bulan kemudian, Moyes menandatangani kontrak baru berumur lima tahun dengan klub tersebut.

Pada penghujung musim 2001-2002, Moyes meninggalkan Everton dan memberikan kursi manajer pada Scotsman Walter Smith. Tercatat Moyes telah bertugas untuk Preston pada 243 pertandingan, dengan 113 kemenangan, 63 kekalahan dan 67 seri.

Moyes bergabung dengan Everton pada Maret 2002. Di bawah arahan Moyes, Everton mampu bertahan dengan kondisi aman dan bebas dari degradasi yang merupakan ancaman terberat saat Moyes ditunjuk untuk bergabung dalam Everton.

Pada musim panas 2004, Tim Cahill dianggap sebagai pemain terbaik yang berhasil ditunjuk oleh Moyes untuk bergabung dalam Everton disamping beberapa pemain lain yang kurang memberikan kontribusi pada tim. Cahill berhasil menyumbangkan lima belas gol untuk Everton dalam musim pertamanya dalam klub tersebut. Selama musim 2004-2005, Everton mampu menyelesaikan musim tersebut dengan bertengger di posisi empat klasemen dan memastikan tempat di turnamen Champion League musim selanjutnya.

Pada Mei 2013, manajemen Manchester United mengumumkan bahwa Moyes akan bertugas sebagai manajer klub untuk menggantikan Sir Alex Ferguson. Ia menandatangani kontrak enam tahun dengan manajemen klub dan secara resmi mendapatkan posisi manajerial pada Juli 2013.

Disamping karirnya sebagai pemain sepakbola dan manajer, Moyes sempat menjadi komentator pada beberapa pertandingan di turnamen FIFA World Cup 2010 di Afrika Selatan. Pertandingan tersebut dipilih untuk diisi oleh Moyes sebagai komentator dan disiarkan di BBC Radio 5 secara langsung. Disamping itu, Moyes juga memiliki sebuah bisnis balapan kuda Desert Cry.

Karir Manajerial
1998–2002 Preston North End
2002–2013 Everton
2013–          Manchester United

 

Oleh: Dhianita Kusuma Pertiwi

Berita Terbaru David Moyes

Everton Tak Inginkan Reuni Moyes?

Everton Tak Inginkan Reuni Moyes?

24-10-2017 12:50

David Moyes kabarnya tak masuk dalam pertimbangan Everton sebagai pengganti Ronald Koeman sebagai manajer anyar di Goodison Park.

Moyes Didukung Tukangi Everton Lagi

Moyes Didukung Tukangi Everton Lagi

24-10-2017 09:10

Eks gelandang Everton, Leon Osman, percaya David Moyes akan menjadi kandidat ideal untuk menggantikan Ronald Koeman di Goodison Park, namun ia tak yakin pria Skotlandia akan jadi solusi jangka panjang yang tepat.

Moyes Kembali Tangani Everton?

Moyes Kembali Tangani Everton?

23-10-2017 13:30

Manajemen Everton dikabarkan tengah mempertimbangkan reuni mengejutkan dengan David Moyes, usai masa depan Ronald Koeman terus diwarnai tanda tanya besar.

Moyes Ungkap Kegagalan MU Gaet Bale dan Fabregas

Moyes Ungkap Kegagalan MU Gaet Bale dan Fabregas

15-10-2017 03:40

David Moyes merasa bahwa Gareth Bale dan Cesc Fabregas hampir menjadi pemain Manchester United, meski keduanya akhirnya tak berhasil didaratkan ke Old Trafford.

Moyes Sambut Baik Rumor Skotlandia

Moyes Sambut Baik Rumor Skotlandia

14-10-2017 23:40

David Moyes mengindikasikan bahwa ia terbuka dengan kans menangani Skotlandia.

Jeblok di klub, David Moyes Beralih ke Timnas

Jeblok di klub, David Moyes Beralih ke Timnas

13-10-2017 13:30

Mantan bos Manchester United dan Sunderland, David Moyes, dikabarkan sudah mengatakan pada Asosiasi Sepakbola Skotlandia, bahwa ia berminat menggantikan posisi Gordon Strachan sebagai manajer tim nasional.

Gagal di MU, David Moyes Masih Ingin Latih Tim Elit

Gagal di MU, David Moyes Masih Ingin Latih Tim Elit

09-10-2017 11:50

David Moyes mengungkap bahwa ia cukup selektif dalam menentukan pekerjaan berikutnya, karena ia ingin membangun reputasi sebagai manajer top.

Moyes: Tak Ada Suksesor Fergie Yang Lebih Baik dari Saya

Moyes: Tak Ada Suksesor Fergie Yang Lebih Baik dari Saya

09-10-2017 02:43

David Moyes mengklaim bahwa tak ada manajer lain yang melakukan tugas lebih baik dalam membesut Manchester United sepeninggal Sir Alex Ferguson.

Moyes Prediksi Rooney Sarangkan Gol di Old Trafford

Moyes Prediksi Rooney Sarangkan Gol di Old Trafford

17-09-2017 07:00

Eks bos Everton dan Manchester United, David Moyes, mengatakan bahwa Wayne Rooney bakal mencetak gol di Old Trafford besok.

Moyes: Pogba Bukan Pemain Spesial

Moyes: Pogba Bukan Pemain Spesial

11-08-2017 22:07

Sebuah pernyataan keras dilontarkan oleh David Moyes jelang bergulirnya Premier League pada akhir pekan ini. Moyes menilai bahwa Paul Pogba bukan sosok pemain yang spesial untuk Manchester United.