FOLLOW US:

Nama Lengkap : David William Moyes
Tempat Lahir : Glasgow, Scotland
Tanggal Lahir : 25 April 1963 (56 Tahun)
Kebangsaan : Republik Irlandia
Klub : Sunderland
Posisi : -
No Punggung : -
Tinggi : 185 cm

David William Moyes adalah seorang manajer sepakbola yang juga seorang mantan pemain sepakbola berkewarganegaraan Skotlandia. Sebelum menjadi manajer Manchester United, ia adalah manajer dari klub Everton. Moyes dianugerahi penghargaan League Managers Association Manager of the Year pada tahun 2003, 2005 dan 2009. Ia juga menjadi salah satu pengurus League Managers Association di bagian eksekutif.

Moyes telah tampil di 540 pertandingan sebagai pemain tengah dengan Celtic sebagai tim pertamanya. Ia kemudian bermain untuk Cambridge United, Bristol City, Shrewsbury Town dan Dunfermline Athletic sebelum mengakhiri karirnya sebagai pemain dengan klub Preston North End. Moyes menjadi pelatih di Preston, mengawali karirnya menjadi asisten manajer sebelum sepenuhnya menjadi seorang manajer pada tahun 1998.

Moyes menjadi manajer Everton pada Maret 2002 dan dibawah arahannya, klub tersebut berhasil lolos kualifikasi turnamen Champion League 2005 dan mencapai babak final FA Cup 2009. Saat mencapai tahun ke sepuluhnya menjadi manajer Everton, ia mendapatkan banyak pujian dari rekan-rekan manajer lain seperti Sir Alex Ferguson, Arsene Wenger dan Kenny Dalglish atas prestasinya bersama Everton.

Keputusan mengundurkan diri yang diambil oleh Sir Alex Ferguson dari Manchester United setelah 26 tahun berkarir di klub tersebut, membuka kesempatan bagi Moyes untuk menjadi penggantinya. Ia memulai karirnya sebagai manajer Manchester United pada Juli 2013 dengan menandatangani kontrak enam tahun.

Moyes menjadi manajer Preston sejak bulan Januari 1998, menggantikan manajer sebelumnya yaitu Gary Peter. Pada saat itu Preston tengah berjuang keras di Divisi Dua dan berada di bawah ancaman degradasi. Ia menghabiskan sisa waktunya sebagai pemain sepakbola dengan mempersiapkan urusan manajerial dan menjadi pelatih pada usia 22 tahun. Akhirnya Preston berhasil bebas dari ancaman degradasi di penghujung musim 1997-1998 dan bertanding di turnamen Divisi Dua, walau harus mengalami kegagalan.

Pada musim selanjutnya, Moyes mengantarkan Preston menjuarai turnamen Divisi Dua dan mendapatkan promosi menuju Divisi Satu. Preston kalah pada pertandingan final pada Mei 2001. Satu bulan kemudian, Moyes menandatangani kontrak baru berumur lima tahun dengan klub tersebut.

Pada penghujung musim 2001-2002, Moyes meninggalkan Everton dan memberikan kursi manajer pada Scotsman Walter Smith. Tercatat Moyes telah bertugas untuk Preston pada 243 pertandingan, dengan 113 kemenangan, 63 kekalahan dan 67 seri.

Moyes bergabung dengan Everton pada Maret 2002. Di bawah arahan Moyes, Everton mampu bertahan dengan kondisi aman dan bebas dari degradasi yang merupakan ancaman terberat saat Moyes ditunjuk untuk bergabung dalam Everton.

Pada musim panas 2004, Tim Cahill dianggap sebagai pemain terbaik yang berhasil ditunjuk oleh Moyes untuk bergabung dalam Everton disamping beberapa pemain lain yang kurang memberikan kontribusi pada tim. Cahill berhasil menyumbangkan lima belas gol untuk Everton dalam musim pertamanya dalam klub tersebut. Selama musim 2004-2005, Everton mampu menyelesaikan musim tersebut dengan bertengger di posisi empat klasemen dan memastikan tempat di turnamen Champion League musim selanjutnya.

Pada Mei 2013, manajemen Manchester United mengumumkan bahwa Moyes akan bertugas sebagai manajer klub untuk menggantikan Sir Alex Ferguson. Ia menandatangani kontrak enam tahun dengan manajemen klub dan secara resmi mendapatkan posisi manajerial pada Juli 2013.

Disamping karirnya sebagai pemain sepakbola dan manajer, Moyes sempat menjadi komentator pada beberapa pertandingan di turnamen FIFA World Cup 2010 di Afrika Selatan. Pertandingan tersebut dipilih untuk diisi oleh Moyes sebagai komentator dan disiarkan di BBC Radio 5 secara langsung. Disamping itu, Moyes juga memiliki sebuah bisnis balapan kuda Desert Cry.

Karir Manajerial
1998–2002 Preston North End
2002–2013 Everton
2013–          Manchester United

 

Oleh: Dhianita Kusuma Pertiwi

Berita Terbaru David Moyes

David Moyes Mengenang Momen Saat 'Dijebak' Sir Alex untuk Latih Manchester United

David Moyes Mengenang Momen Saat 'Dijebak' Sir Alex untuk Latih Manchester United

06-11-2019 02:05

Ternyata, David Moyes mendapatkan jabatan pelatih di Manchester United dengan cara yang cukup menjebak. Ia berkata bahwa mantan pelatih the Red Devils, Sir Alex Ferguson, tidak memberinya pilihan.

'Manchester United Bisa Lebih Baik kalau Mau Bersabar dengan Moyes'

'Manchester United Bisa Lebih Baik kalau Mau Bersabar dengan Moyes'

11-10-2019 08:57

Manchester United diyakini bisa lebih baik sekarang andai masih diasuh oleh salah satu mantan pelatihnya, David Moyes. Klaim itu terlontar dari mulut eks pemain Manchester City, Trevor Sinclair.

Moyes Tegaskan Rooney Tak Pernah Ingin Membelot ke City

Moyes Tegaskan Rooney Tak Pernah Ingin Membelot ke City

30-09-2019 20:53

David Moyes mengungkapkan bahwa Wayne Rooney sama sekali tak pernah berniat untuk mengkhianati Manchester United dan pindah ke Manchester City.

David Moyes Punya Dua Peringatan untuk Arsenal Perihal Kieran Tierney

David Moyes Punya Dua Peringatan untuk Arsenal Perihal Kieran Tierney

05-08-2019 03:00

Mantan pelatih Manchester United, David Moyes, punya sedikit peringatan kepada Arsenal yang tengah mendekati Kieran Tierney. Ia meyakini bahwa bek Glasgow Celtic tersebut bakalan butuh waktu untuk beradaptasi di Premier League.

MU Sudah Siapkan Helikopter untuk Jemput Bale

MU Sudah Siapkan Helikopter untuk Jemput Bale

18-03-2019 19:15

David Moyes mengaku ia dahulu sudah sempat menyiapkan helikopter untuk menjemput Gareth Bale dari Tottenham namun pada akhirnya gagal merekrutnya ke Manchester United.

Moyes Berbagi Kisah 'Nyaris Sukses Rekrut Pemain Bintang' Lagi

Moyes Berbagi Kisah 'Nyaris Sukses Rekrut Pemain Bintang' Lagi

18-03-2019 18:59

Eks manajer Manchester United David Moyes mengaku ia dahulu pernah hampir berhasil mendatangkan Cesc Fabregas dan Toni Kroos ke Old Trafford.

Moyes: MU Bisa Atasi Barcelona

Moyes: MU Bisa Atasi Barcelona

15-03-2019 20:46

Eks manajer Manchester United David Moyes menyebut Setan Merah sanggup mengatasi Barcelona di babak perempat final Liga Champions 2018-19.

Opini Tidak Populer Schmeichel: MU Harusnya Pertahankan Moyes

Opini Tidak Populer Schmeichel: MU Harusnya Pertahankan Moyes

11-02-2019 20:29

Legenda Manchester United Peter Schmeichel mengatakan Setan Merah harusnya mempertahankan David Moyes lebih lama di Old Trafford.

David Moyes Sedikit Lebih Jago Ketimbang Jose Mourinho di MU

David Moyes Sedikit Lebih Jago Ketimbang Jose Mourinho di MU

18-12-2018 19:40

Statistik menyebutkan bahwa raihan gol rata-rata Manchester United per laga di EPL di era David Moyes lebih baik ketimbang era Jose Mourinho.

Iri dengan Mourinho, Moyes Merasa Layak Lebih Lama Melatih MU

Iri dengan Mourinho, Moyes Merasa Layak Lebih Lama Melatih MU

27-11-2018 12:00

David Moyes merasa layak mendapatkan waktu lebih lama sebagai pelatih Manchester United. Dia merasa waktunya terlalu singkat, dia butuh waktu lebih lama untuk merevolusi MU pasca kepergian Sir Alec Ferguson.