Nama Lengkap : Didier Yves Drogba Tebily
Tempat Lahir : Abidjan, Pantai Gading
Tanggal Lahir : 11 Maret 1978 (38 Tahun)
Kebangsaan : Pantai Gading
Klub : Montreal Impact
Posisi : Penyerang
No Punggung : 11
Tinggi : 189 cm

Didier Yves Drogba Tébily (lahir 11 Maret 1978 di Abidjan, Pantai Gading) adalah seorang pemain sepak bola Pantai Gading yang bermain di posisi pemain depan (striker).

Ia bermain untuk klub Chelsea di Liga Utama Inggris dan merupakan kapten serta pencetak gol terbanyak sepanjang masa dari Tim nasional sepak bola Pantai Gading.

Ia mencetak lebih banyak gol bagi Chelsea dibanding pemain asing lainnya dan saat ini ia berada di urutan kesembilan pencetak gol terbanyak sepanjang masa The London Blues Chelsea.

Sejak kecil Drogba telah mengadu nasib di Prancis, Drogba membuat debut profesional saat berusia 18 tahun untuk klub Ligue 2 Le Mans.

Dia menandatangani kontrak profesional pertamanya berumur 21 tapi tidak sampai satu musim 2002-03 ia menyadari potensinya, ia mencetak 17 gol dalam 34 penampilan di Ligue 1 untuk Guingamp.

Selama musim yang sama ia membuat penampilan internasional pertama bagi Pantai Gading pada bulan September dan mencetak gol internasional pertamanya pada bulan Februari.

Dia pindah ke Olympique de Marseille pada tahun 2003 seharga £ 3.3 juta dan melanjutkan keproduktifannya di sana, ia mengakhiri musim itu sebagai pencetak gol terbanyak ke-3 di liga dengan 19 gol dan mengantarkan klubnya ke Final Piala UEFA 2004.

Drogba pindah ke Chelsea musim berikutnya untuk pemecah rekor biaya transfer sebesar £ 24 juta, membuat dia menjadi pemain Pantai Gading yang paling mahal dalam sejarah. Selain itu, Drogba mencetak gol menentukan tahun 2005 di FA Community Shield dan Final Piala Liga dan membantu klubnya memenangkan gelar juara liga.

Dia juga pernah terpilih sebagai pemain sepak bola terbaik benua Afrika tahun 2006.

Usai sempat berlabuh di klub China, Shanghai Shenhua pada 2012, Drogba akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Galatasaray, pada bursa transfer musim dingin Januari 2013.

Berita Terbaru Didier Drogba

Drogba: Karena Senyumannya, Wasit Tak Beri Kante Kartu

Drogba: Karena Senyumannya, Wasit Tak Beri Kante Kartu

13-04-2017 15:40

Didier Drogba menjelaskan bagaimana pemain Chelsea yang tengah dalam performa terbaik, N'Golo Kante, menghindar dari hukuman kartu kuning usai melakukan pelanggaran.

Drogba Sanjung Keputusan Berani Chelsea Datangkan David Luiz

Drogba Sanjung Keputusan Berani Chelsea Datangkan David Luiz

13-04-2017 14:40

Didier Drogba belum lama ini memuji keputusan Chelsea untuk mendatangkan David Luiz ke Stamford Bridge di musim panas.

Drogba: Costa Kini Tak Lagi Emosional

Drogba: Costa Kini Tak Lagi Emosional

13-04-2017 12:10

Didier Drogba memberikan pujian pada striker Chelsea, Diego Costa, yang dianggapnya jauh lebih dewasa dibandingkan dengan dua musim terakhir karirnya di Premier League.

Drogba Yakin Lukaku Kembali ke Chelsea

Drogba Yakin Lukaku Kembali ke Chelsea

13-04-2017 01:05

Eks striker andalan Chelsea, Didier Drogba merasa yakin bahwa bomber haus gol milik Everton, Romelu Lukaku bakal kembali ke The Blues, kemungkinan pada musim panas mendatang.

Lampard dan Drogba Jadi Panutan Azpi di Chelsea

Lampard dan Drogba Jadi Panutan Azpi di Chelsea

20-02-2017 14:50

Cesar Azpilicueta belum lama ini memuji dua legenda Chelsea, Frank Lampard dan Didier Drogba.

Diego Costa Angkat Topi untuk Drogba di Chelsea

Diego Costa Angkat Topi untuk Drogba di Chelsea

10-02-2017 08:10

Diego Costa belum lama ini memberikan pujian pada Didier Drogba, yang ia anggap banyak membantu dirinya meraih sukses di Chelsea.

Didier Drogba Jadi Contoh Sempurna Bagi Diego Costa

Didier Drogba Jadi Contoh Sempurna Bagi Diego Costa

09-02-2017 23:49

Penyerang andalan Chelsea, Diego Costa mengaku punya sosok yang menjadi idola yang sekaligus menjadi acuan gaya bermainnya. Sang pemain tak lain adalah pendahulunya di Chelsea, Didier Drogba.

Ake: Saya ke Chelsea Bukan Karena Drogba

Ake: Saya ke Chelsea Bukan Karena Drogba

04-02-2017 23:00

Nathan Ake mengungkap bahwa Didier Drogba secara pribadi memberikannya nasihat untuk bergabung dengan Chelsea namun ia membuat keputusan itu setelah mempertimbangkannya sendiri, dan menyatakan ia tidak punya idola khusus di dunia sepakbola.

Lampard Pensiun Dengan Sederet Rekor Super

Lampard Pensiun Dengan Sederet Rekor Super

03-02-2017 09:36

Frank Lampard pensiun sebagai pesepakbola profesional dengan New York City FC sebagai klub terakhirnya. Eks gelandang Inggris dan salah satu pemain terbaik dalam sejarah Chelsea itu gantung sepatu di usia 38 dengan sederet rekor super atas namanya.

Drogba Tolak Kontrak Dan Mobil Lapis Baja Dari Klub Brasil

Drogba Tolak Kontrak Dan Mobil Lapis Baja Dari Klub Brasil

01-02-2017 17:36

Harapan Corinthians untuk bisa mendaratkan penyerang Didier Drogba di bulan Januari harus kandas. Pasalnya, eks penyerang Chelsea ini telah menolak sodoran kontrak dari klub asal Brasil tersebut.