Nama Lengkap : Diego da Silva Costa
Tempat Lahir : Lagarto, Brasil
Tanggal Lahir : 07 Oktober 1988 (28 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Klub : Chelsea
Posisi : Penyerang
No Punggung : 19
Tinggi : 188 cm

Karir

Diego da Silva Costa atau Diego Costa lahir pada 7 Oktober 1988. Dia adalah pemain sepakbola profesional asal Brasil yang pindah kewarganegaraan menjadi Spanyol dan kini tengah bermain untuk Chelsea di Premier League. Diego Costa berposisi sebagai striker.

Diego memulai karirnya bersama klub dari Portugal; Braga. Ia kemudian menandatangani kontrak pada tahun 2007 dengan Atlético Madrid, namun dipinjamkan ke Celta, Albacete, dan dijual ke Valladolid sebelum akhirnya ia kembali ke Atletico 3 tahun kemudian dan menjadi ujung tombak klub.

Di level internasional, Costa bermain dua kali dengan tim nasional Brazil pada tahun 2013, tetapi kemudian menyatakan keinginannya untuk mewakili Spanyol setelah ia diberikan kewarganegaraan Spanyol pada bulan September 2013.

Lahir di Lagarto, Sergipe, Costa memulai karirnya di Barcelona Esportivo Capela di São Paulo, yang terbatas pada permainan sepakbola amatir sampai usia 16. Langkah pertamanya menjadi pemain profesional adalah saat ia menandatangani kontrak pada Februari 2006 dengan klub SC Braga, setelah itu ia menghabiskan waktunya di sana sebagai pemain cadangan klub.

Pada musim panas tahun 2006, Costa dipinjamkan ke FC Penafiel, di divisi kedua. Pada bulan Desember, ia dijual ke klub Spanyol, Atlético Madrid dengan biaya € 1,5 juta. Walaupun sudah menjadi milik Atletico Madrid ia tetap dipinjamkan ke Braga hingga akhir musim.

Pada tanggal 8 Juli 2009 Costa dijual ke Real Valladolid sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran kiper Sergio Asenjo. Kontrak itu juga termasuk opsi pembelian kembali yang bisa dilakukan oleh Atletico pada akhir musim ini.

Pada bulan Juni 2010 Costa kembali ke Atletico Madrid. Awalnya dia adalah cadangan untuk Sergio Aguero dan Diego Forlan. Pada tanggal 26 September, akibat dari cedera yang di alami Sergio Aguero, ia bermain dan mencetak satu-satunya gol saat melawan Real Zaragoza.

Pada tanggal 3 April tahun berikutnya, dia sudah menjadi pemain starter, ia mencetak hat-trick dalam kemenangan 3-2 atas Osasuna CA.

Di akhir Juli 2011, selama pramusim Atletico, Costa mengalami cedera lutut serius. Dia terpaksa harus absen di sebagian besar musim itu. Pada 23 Januari 2012 ia dipinjamkan ke klub Rayo Vallecano, sampai Juni. Di Rayo Vallecano dia mencetak empat gol dalam tiga penampilan.

Pada awal Agustus 2013 Costa sangat sering dikaitkan dengan kabar kepindahan ke Liverpool. Liverpool dikabarkan bersedia membayar €25 juta dan memberikan Diego gaji yang jumlahnya tiga kali lipat dari gajinya di Atletico. Namun dia memilih untuk tetap tinggal di Atletico dan memperbarui kontraknya sampai 2018.

Tanggal 24 September, Costa mencetak dua gol dalam kemenangan 2-1 atas Osasuna. Kemenangan itu membuat Atletico tetap memiliki poin yang sama dengan pimpinan klasemen FC Barcelona dalam enam pertandingan. Empat hari kemudian, dalam derby Madrid, dia mencetak satu-satunya gol di pertandingan tersebut, 1-0 untuk kemenangan Atletico.

Pada 22 Oktober 2013 Costa menandai debutnya di Liga Champions dengan mencetak dua gol saat melawan FK Austria Wien.

Pada tanggal 5 Maret 2013 Costa dipanggil oleh pelatih tim nasional Brasil Luiz Felipe Scolari untuk bermain di pertandingan persahabatan dengan Italia di Jenewa dan melawan Rusia di London.

Pada bulan September 2013, Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol mengirim surat permintaan izin resmi ke FIFA untuk memanggil Costa untuk memperkuat Tim Nasional Spanyol. Sebelumnya, dia telah mendapatkan kewarganegaraan Spanyol di awal musim panas.


Oleh: A. Fiekri I.

Berita Terbaru Diego Costa

Costa Enggan Memperjuangkan Tempatnya di Chelsea

Costa Enggan Memperjuangkan Tempatnya di Chelsea

12-06-2017 22:27

Diego Costa menyatakan dirinya tidak memiliki opsi lain selain meninggalkan Chelsea pada musim panas ini karena ia yakin ia tidak akan diberikan kesempatan yang adil untuk berjuang memperebutkan tempat inti.

Costa Siap Dilego Kemanapun, Asal Tidak ke Tiongkok

Costa Siap Dilego Kemanapun, Asal Tidak ke Tiongkok

12-06-2017 19:25

Diego Costa mengaku dirinya siapa saja dilego oleh Chelsea ke klub manapun, namun ia tidak bersedia dijual ke klub-klub asal Tiongkok demi tampil di Piala Dunia 2018.

Di Mata Costa, Milan Klub Yang Fantastis

Di Mata Costa, Milan Klub Yang Fantastis

12-06-2017 17:53

Diego Costa mengisyaratkan dirinya bersedia untuk bergabung dengan AC Milan karena ia menganggap klub tersebut adalah klub yang fantastis.

Costa Siap Dipinjamkan ke Atletico Madrid

Costa Siap Dipinjamkan ke Atletico Madrid

12-06-2017 13:50

Diego Costa mengakui bahwa hanya Chelsea yang bisa menentukan masa depannya, namun ia siap jika memang bisa kembali ke Atletico Madrid.

Costa ke Milan, Chelsea Siap Subsidi Gajinya

Costa ke Milan, Chelsea Siap Subsidi Gajinya

12-06-2017 13:40

Chelsea bakal dipaksa untuk ikut menanggung sebagian gaji Diego Costa, agar sang striker bisa datang ke AC Milan dengan status pinjaman.

Chelsea Siap Lepas Costa Murah ke Atletico

Chelsea Siap Lepas Costa Murah ke Atletico

12-06-2017 09:50

Chelsea akan memberikan izin pada Diego Costa untuk bergabung kembali dengan Atletico Madrid dengan setengah harga, dari yang mereka minta untuk striker Spanyol tahun lalu, menurut AS.

Costa: Spanyol Raih Kemenangan Penting

Costa: Spanyol Raih Kemenangan Penting

12-06-2017 07:30

Diego Costa mengatakan Spanyol meraih kemenangan penting usai mereka menaklukkan Makedonia di laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia di Skopje belum lama ini.

Diego Costa: Saya Tunggu Chelsea

Diego Costa: Saya Tunggu Chelsea

12-06-2017 07:20

Diego Costa mengatakan ia masih menunggu Chelsea membuat keputusan soal masa depannya, usai mencetak gol kemenangan Spanyol atas Makedonia.

Highlights Kualifikasi Piala Dunia 2018: Makedonia 1-2 Spanyol

Highlights Kualifikasi Piala Dunia 2018: Makedonia 1-2 Spanyol

12-06-2017 03:50

Dua gol La Roja dicetak oleh David Silva dan Diego Costa pada babak pertama. Sementara itu, Makedonia memperkecil kedudukan di babak kedua lewat aksi Stefan Ristovski. Berikut cuplikan pertandingannya:

Hasil Pertandingan Makedonia vs Spanyol: Skor 1-2

Hasil Pertandingan Makedonia vs Spanyol: Skor 1-2

12-06-2017 03:37

Stadion Nacionalna Arena Filip II Makedonski kedatangan tamu besar pada Senin (12/6) dini hari WIB. Tuan rumah Makedonia berjumpa Spanyol pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa di Grup G. Spanyol menang tipis dengan skor 1-2.