Nama Lengkap : Diego da Silva Costa
Tempat Lahir : Lagarto, Brasil
Tanggal Lahir : 07 Oktober 1988 (29 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Klub : Chelsea
Posisi : Penyerang
No Punggung : 19
Tinggi : 188 cm

Karir

Diego da Silva Costa atau Diego Costa lahir pada 7 Oktober 1988. Dia adalah pemain sepakbola profesional asal Brasil yang pindah kewarganegaraan menjadi Spanyol dan kini tengah bermain untuk Chelsea di Premier League. Diego Costa berposisi sebagai striker.

Diego memulai karirnya bersama klub dari Portugal; Braga. Ia kemudian menandatangani kontrak pada tahun 2007 dengan Atlético Madrid, namun dipinjamkan ke Celta, Albacete, dan dijual ke Valladolid sebelum akhirnya ia kembali ke Atletico 3 tahun kemudian dan menjadi ujung tombak klub.

Di level internasional, Costa bermain dua kali dengan tim nasional Brazil pada tahun 2013, tetapi kemudian menyatakan keinginannya untuk mewakili Spanyol setelah ia diberikan kewarganegaraan Spanyol pada bulan September 2013.

Lahir di Lagarto, Sergipe, Costa memulai karirnya di Barcelona Esportivo Capela di São Paulo, yang terbatas pada permainan sepakbola amatir sampai usia 16. Langkah pertamanya menjadi pemain profesional adalah saat ia menandatangani kontrak pada Februari 2006 dengan klub SC Braga, setelah itu ia menghabiskan waktunya di sana sebagai pemain cadangan klub.

Pada musim panas tahun 2006, Costa dipinjamkan ke FC Penafiel, di divisi kedua. Pada bulan Desember, ia dijual ke klub Spanyol, Atlético Madrid dengan biaya € 1,5 juta. Walaupun sudah menjadi milik Atletico Madrid ia tetap dipinjamkan ke Braga hingga akhir musim.

Pada tanggal 8 Juli 2009 Costa dijual ke Real Valladolid sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran kiper Sergio Asenjo. Kontrak itu juga termasuk opsi pembelian kembali yang bisa dilakukan oleh Atletico pada akhir musim ini.

Pada bulan Juni 2010 Costa kembali ke Atletico Madrid. Awalnya dia adalah cadangan untuk Sergio Aguero dan Diego Forlan. Pada tanggal 26 September, akibat dari cedera yang di alami Sergio Aguero, ia bermain dan mencetak satu-satunya gol saat melawan Real Zaragoza.

Pada tanggal 3 April tahun berikutnya, dia sudah menjadi pemain starter, ia mencetak hat-trick dalam kemenangan 3-2 atas Osasuna CA.

Di akhir Juli 2011, selama pramusim Atletico, Costa mengalami cedera lutut serius. Dia terpaksa harus absen di sebagian besar musim itu. Pada 23 Januari 2012 ia dipinjamkan ke klub Rayo Vallecano, sampai Juni. Di Rayo Vallecano dia mencetak empat gol dalam tiga penampilan.

Pada awal Agustus 2013 Costa sangat sering dikaitkan dengan kabar kepindahan ke Liverpool. Liverpool dikabarkan bersedia membayar €25 juta dan memberikan Diego gaji yang jumlahnya tiga kali lipat dari gajinya di Atletico. Namun dia memilih untuk tetap tinggal di Atletico dan memperbarui kontraknya sampai 2018.

Tanggal 24 September, Costa mencetak dua gol dalam kemenangan 2-1 atas Osasuna. Kemenangan itu membuat Atletico tetap memiliki poin yang sama dengan pimpinan klasemen FC Barcelona dalam enam pertandingan. Empat hari kemudian, dalam derby Madrid, dia mencetak satu-satunya gol di pertandingan tersebut, 1-0 untuk kemenangan Atletico.

Pada 22 Oktober 2013 Costa menandai debutnya di Liga Champions dengan mencetak dua gol saat melawan FK Austria Wien.

Pada tanggal 5 Maret 2013 Costa dipanggil oleh pelatih tim nasional Brasil Luiz Felipe Scolari untuk bermain di pertandingan persahabatan dengan Italia di Jenewa dan melawan Rusia di London.

Pada bulan September 2013, Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol mengirim surat permintaan izin resmi ke FIFA untuk memanggil Costa untuk memperkuat Tim Nasional Spanyol. Sebelumnya, dia telah mendapatkan kewarganegaraan Spanyol di awal musim panas.


Oleh: A. Fiekri I.

Berita Terbaru Diego Costa

Keane: Jika Saya di Chelsea, Saya Akan Tendangi Costa!

Keane: Jika Saya di Chelsea, Saya Akan Tendangi Costa!

15-09-2017 18:28

Legenda Manchester United Roy Keane melihat Diego Costa layaknya bocah manja dan jika ia jadi rekan satu timnya ia akan menendangi striker tersebut sampai ia jadi pemain yang dewasa.

Belum Resmi, Saul Sudah Yakin Costa Akan Masif di Atletico

Belum Resmi, Saul Sudah Yakin Costa Akan Masif di Atletico

15-09-2017 15:30

Saul Niguez memperkirakan Diego Costa akan memberikan dampak yang luar biasa masif di Atletico Madrid.

Keane: Diego Costa Seperti Balon

Keane: Diego Costa Seperti Balon

15-09-2017 07:00

Roy Keane mengatakan bahwa striker yang kehadirannya tak diinginkan di Chelsea, Diego Costa, sebagai sebuah 'balon'.

Buntut Pemberontakan, Chelsea Akan Kirim Costa ke Arab Saudi

Buntut Pemberontakan, Chelsea Akan Kirim Costa ke Arab Saudi

14-09-2017 13:40

Pemain yang tak diinginkan Chelsea, Diego Costa, kabarnya akan menghabiskan waktunya selama beberapa bulan mendatang di Arab Saudi.

Presiden Atletico Tak Punya Petunjuk Keberadaan Costa

Presiden Atletico Tak Punya Petunjuk Keberadaan Costa

13-09-2017 12:40

Presiden Atletico Madrid, Enrique Cerezo, berkeras bahwa ia sama sekali tidak tahu di mana keberadaan Diego Costa.

Zola Akui Chelsea Rugi Besar Kehilangan Diego Costa

Zola Akui Chelsea Rugi Besar Kehilangan Diego Costa

13-09-2017 11:30

Legenda Chelsea, Gianfranco Zola, mengaku kecewa usai klub mengalami masalah dengan striker Diego Costa.

Termahal Klub, Costa Jadi Milik Atletico Pekan Ini

Termahal Klub, Costa Jadi Milik Atletico Pekan Ini

13-09-2017 07:00

Chelsea akhirnya sepakat untuk melanjutkan negosiasi dengan Atletico Madrid terkait penjualan Diego Costa, yang sudah bersedia kembali ke Eropa, menurut Marca.

Atletico Madrid Ingin Selesaikan Transfer Costa

Atletico Madrid Ingin Selesaikan Transfer Costa

09-09-2017 16:00

Atletico Madrid dikabarkan sudah mengirimkan delegasi ke London untuk menyelesaikan transfer Diego Costa, menurut laporan Express.

Presiden Atletico Pede Datangkan Costa di Januari

Presiden Atletico Pede Datangkan Costa di Januari

08-09-2017 14:50

Presiden Atletico Madrid, Enrique Cerezo, memilih tutup mulut soal negosiasi yang digelar klubnya untuk merekrut Diego Costa.

'Hubungan Costa dan Chelsea Tak Bisa Disambung Lagi'

'Hubungan Costa dan Chelsea Tak Bisa Disambung Lagi'

08-09-2017 14:10

Eks manajer Newcastle dan West Ham, Sam Allardyce, berpikir bahwa hubungan antara Chelsea dan Diego Costa sudah begitu parah hingga tak bisa disambung lagi.