Nama Lengkap : Diego da Silva Costa
Tempat Lahir : Lagarto, Brasil
Tanggal Lahir : 07 Oktober 1988 (28 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Klub : Chelsea
Posisi : Penyerang
No Punggung : 19
Tinggi : 188 cm

Karir

Diego da Silva Costa atau Diego Costa lahir pada 7 Oktober 1988. Dia adalah pemain sepakbola profesional asal Brasil yang pindah kewarganegaraan menjadi Spanyol dan kini tengah bermain untuk Chelsea di Premier League. Diego Costa berposisi sebagai striker.

Diego memulai karirnya bersama klub dari Portugal; Braga. Ia kemudian menandatangani kontrak pada tahun 2007 dengan Atlético Madrid, namun dipinjamkan ke Celta, Albacete, dan dijual ke Valladolid sebelum akhirnya ia kembali ke Atletico 3 tahun kemudian dan menjadi ujung tombak klub.

Di level internasional, Costa bermain dua kali dengan tim nasional Brazil pada tahun 2013, tetapi kemudian menyatakan keinginannya untuk mewakili Spanyol setelah ia diberikan kewarganegaraan Spanyol pada bulan September 2013.

Lahir di Lagarto, Sergipe, Costa memulai karirnya di Barcelona Esportivo Capela di São Paulo, yang terbatas pada permainan sepakbola amatir sampai usia 16. Langkah pertamanya menjadi pemain profesional adalah saat ia menandatangani kontrak pada Februari 2006 dengan klub SC Braga, setelah itu ia menghabiskan waktunya di sana sebagai pemain cadangan klub.

Pada musim panas tahun 2006, Costa dipinjamkan ke FC Penafiel, di divisi kedua. Pada bulan Desember, ia dijual ke klub Spanyol, Atlético Madrid dengan biaya € 1,5 juta. Walaupun sudah menjadi milik Atletico Madrid ia tetap dipinjamkan ke Braga hingga akhir musim.

Pada tanggal 8 Juli 2009 Costa dijual ke Real Valladolid sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran kiper Sergio Asenjo. Kontrak itu juga termasuk opsi pembelian kembali yang bisa dilakukan oleh Atletico pada akhir musim ini.

Pada bulan Juni 2010 Costa kembali ke Atletico Madrid. Awalnya dia adalah cadangan untuk Sergio Aguero dan Diego Forlan. Pada tanggal 26 September, akibat dari cedera yang di alami Sergio Aguero, ia bermain dan mencetak satu-satunya gol saat melawan Real Zaragoza.

Pada tanggal 3 April tahun berikutnya, dia sudah menjadi pemain starter, ia mencetak hat-trick dalam kemenangan 3-2 atas Osasuna CA.

Di akhir Juli 2011, selama pramusim Atletico, Costa mengalami cedera lutut serius. Dia terpaksa harus absen di sebagian besar musim itu. Pada 23 Januari 2012 ia dipinjamkan ke klub Rayo Vallecano, sampai Juni. Di Rayo Vallecano dia mencetak empat gol dalam tiga penampilan.

Pada awal Agustus 2013 Costa sangat sering dikaitkan dengan kabar kepindahan ke Liverpool. Liverpool dikabarkan bersedia membayar €25 juta dan memberikan Diego gaji yang jumlahnya tiga kali lipat dari gajinya di Atletico. Namun dia memilih untuk tetap tinggal di Atletico dan memperbarui kontraknya sampai 2018.

Tanggal 24 September, Costa mencetak dua gol dalam kemenangan 2-1 atas Osasuna. Kemenangan itu membuat Atletico tetap memiliki poin yang sama dengan pimpinan klasemen FC Barcelona dalam enam pertandingan. Empat hari kemudian, dalam derby Madrid, dia mencetak satu-satunya gol di pertandingan tersebut, 1-0 untuk kemenangan Atletico.

Pada 22 Oktober 2013 Costa menandai debutnya di Liga Champions dengan mencetak dua gol saat melawan FK Austria Wien.

Pada tanggal 5 Maret 2013 Costa dipanggil oleh pelatih tim nasional Brasil Luiz Felipe Scolari untuk bermain di pertandingan persahabatan dengan Italia di Jenewa dan melawan Rusia di London.

Pada bulan September 2013, Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol mengirim surat permintaan izin resmi ke FIFA untuk memanggil Costa untuk memperkuat Tim Nasional Spanyol. Sebelumnya, dia telah mendapatkan kewarganegaraan Spanyol di awal musim panas.


Oleh: A. Fiekri I.

Berita Terbaru Diego Costa

HT Review Chelsea vs Arsenal: Skor 1-0

HT Review Chelsea vs Arsenal: Skor 1-0

04-02-2017 20:18

Chelsea berhasil ungul tipis 1-0 atas Arsenal pada babak pertama dalam lanjutan kompetisi Premier League 2016-2017, Sabtu (04/02) malam.

Fabregas Bicara Hubungan Dan Kekaguman Pada Diego Costa

Fabregas Bicara Hubungan Dan Kekaguman Pada Diego Costa

04-02-2017 13:30

Gelandang Chelsea, Cesc Fabregas mengungkapkan bahwa dirinya memiliki hubungan yang baik dengan Diego Costa. Bukan itu saja, dia juga melempar pujian kepada mantan penyerang Atletico Madrid itu.

Diego Costa Hajar Anjing Milik Alexis Sanchez

Diego Costa Hajar Anjing Milik Alexis Sanchez

04-02-2017 07:17

Pertemuan Chelsea dan Arsenal malam nanti menjadi arena pembuktian siapa yang lebih hebat antara Diego Costa dan Alexis Sanchez.

Costa Tepis Rumor yang Menyebutnya Akan Gabung Klub Tiongkok

Costa Tepis Rumor yang Menyebutnya Akan Gabung Klub Tiongkok

04-02-2017 01:02

Diego Costa membantah bahwa dirinya akan hengkang dari Chelsea dan gabung dengan klub Tiongkok pada akhir musim ini.

Klopp Tak Janji Akan Bisa Bersikap Santun di Pinggir Lapangan

Klopp Tak Janji Akan Bisa Bersikap Santun di Pinggir Lapangan

03-02-2017 23:15

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku dirinya tak bisa berjanji akan bersikap santun di pinggir lapangan dan tak lagi berteriak di hadapan wasit.

Bamford: Costa Juga 'Ganas' Saat Sesi Latihan

Bamford: Costa Juga 'Ganas' Saat Sesi Latihan

03-02-2017 13:27

Mantan penyerang Chelsea, Patrick Bamford mengungkapkan bahwa sosok Diego Costa selalu memberikan totalitas dan juga meledak-ledak saat sesi latihan tim.

Diego Costa Main di Tiongkok Musim Depan

Diego Costa Main di Tiongkok Musim Depan

03-02-2017 12:40

Diego Costa sepertinya akan benar-benar meninggalkan Chelsea untuk memulai karir di Tiongkok di musim panas nanti.

Ravanelli: Karakter Costa Hebat untuk Chelsea

Ravanelli: Karakter Costa Hebat untuk Chelsea

03-02-2017 12:10

Diego Costa adalah striker yang hebat untuk Chelsea, karena ia bertindak sebagai pemain pertama yang membantu timnya bertahan, menurut eks Middlesbrough, Fabrizio Ravanelli.

Costa Gagal Cetak Gol, Cahill Rileks

Costa Gagal Cetak Gol, Cahill Rileks

02-02-2017 15:00

Bintang Chelsea, Gary Cahill, mengaku tidak ada masalah meski Diego Costa belakangan ini gagal mencetak gol untuk timnya.

Wijnaldum Syukuri Hasil Imbang Kontra Chelsea

Wijnaldum Syukuri Hasil Imbang Kontra Chelsea

01-02-2017 20:33

Gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum, mengaku bersyukur timnya berhasil mendapatkan satu poin saat berhadapan dengan Chelsea.