FOLLOW US:

DIEGOGODIN

Diego Godin
Nama Lengkap : Diego Roberto Godin Leal
Tempat Lahir : Rosario, Uruguay
Tanggal Lahir : 16 Februari 1986 (33 Tahun)
Kebangsaan : Uruguay
Posisi : Bek
No Punggung : 2
Tinggi : 185 cm

Karir

Godin dikenal sebagai bek dengan performa fisik yang baik dan kemampuan untuk bermain dengan baik di sisi pertahanan lapangan.

Dilahirkan di Rosario, Uruguay, Godin memulai karir sepakbolanya sebagai pemain profesional dengan bergabung dalam klub C.A. Cerro di umur 17 tahun. Setelah mampu memberikan penampilan yang baik, ia ditransfer ke klub divisi pertama, Club Nacional de Football. Dalam klub tersebut, dalam waktu cepat Godin berhasil mendapatkan kepercayaan untuk menjadi kapten tim karena kedewasaannya dan profesionalisme yang selalu ia tunjukkan selama karirnya.

Pada Agustus 2007, Godin setuju untuk menandatangani kontrak lima tahun dengan Villareal CF. Selama karirnya di klub tersebut, ia hanya mencetak gol satu kali yakni pada pertandingan keduanya melawan CA Osasuna yang berakhir dengan skor kekalahan 2-3. Godin ditetapkan menjadi pemain starter saat telah berjalan separuh dari musim 2007-2008, seringkali bermain dengan Argentine Gonzalo Rodriguez sebagai rekannya di jantung pertahanan Villareal.

Pada Agustus 2010, setelah menjalani musim keemasan selama karirnya bersama Villareal, bermain di 36 pertandingan dan mencetak tiga gol, Godin berbung dengan Atletico Madrid. Ia menandatangani kontrak lima tahun dengan manajemen klub dan menerima gaji sebesar 8 juta Euro. Ia turun pada pertandingan debut bersama Atletico Madrid melawan Inter Milan pada turnamen UEFA Super Cup.

Di usianya yang baru menginjak 19, Godin turun ke lapangan untuk membela Uruguay pada pertandngan persahabatan melawan Meksiko. Ia menjadi perwakilan untuk negaranya [ada turnamen Copa America 2007.

Godin ditunjuk untuk tergabung dalam skuat tim nasional Uruguay dan bermain di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, turun pada pertandingan pertama melawan Perancis yang berakhir dengan skor imbang 0-0.

Pada September 2013, Godin mengalami cidera pada lututnya setelah duel dengan Gareth Bale pada pertandingan derby melawan Real Madrid. Ia terpaksa tidak bisa mengikuti latihan rutin Minggu pagi karena dalam proses pemulihan.

Di bulan yang sama, dikabarkan bahwa manajemen Atletico Madrid tengah berusaha untuk mempertahankan Godin di dalam klub dan memaksanya menandatangani kontrak perpanjangan masa kerja. Hal itu dilakukan setelah adanya kabar bahwa Manchester City akan membeli Godin. Akhirnya Godin memutuskan untuk menandatangani kontrak perpanjangan tersebut dan bertahan di posisi bertahan klub tersebut.

Pada pertandingan melawan Real Club Celta de Vigodi bulan Oktober 2013, terdapat sedikit perdebatan antara Godin dan striker Atletico Madrid, Diego Costa. Perdebatan tersebut didasari oleh klaim gol pertama tim ke gawang Celta Vigo. Diego Costa mengklaim gol tersebut adalah hasil sentuhannya.

Kronologis dicetaknya gol pertama Atletico berawal dari umpan silang Filipe Luis dari sisi kiri. Di depan mulut gawang Celta sudah menunggu Diego Godin dan Costa. Godin menyambar bola sambil menjatuhkan diri. Hal yang sama dilakukan Costa yang berada di samping Godin.

Bahkan untuk memastikan kepemilikan gol tersebut, Diego Costa melihat tayangan ulang pertandingan tersebut di televisi dan menegaskan pada media bahwa gol tersebut adalah miliknya, bukan Godin. Godin menanggapinya dengan mengatakan bahwa ia juga menyentuh bola tersebut dan membiarkan perdebatan tersebut berlangsung di kalangan media massa.


Oleh: Dhianita Kusuma Pertiwi

Berita Terbaru Diego Godin

Inter vs Juventus, Duel antara Ronaldo dan Godin yang Tak Pernah Usai

Inter vs Juventus, Duel antara Ronaldo dan Godin yang Tak Pernah Usai

05-10-2019 21:36

Dua tim raksasa, Inter Milan dan Juventus, akan kembali bertemu di ajang Serie A 2019/20. Laga kali ini juga bakal mempertemukan dua pemain gaek yang kerap berhadapan di satu lapangan, Cristiano Ronaldo dan Diego Godin.

Godin Peringatkan Inter Betapa Bahayanya Barcelona

Godin Peringatkan Inter Betapa Bahayanya Barcelona

30-09-2019 17:15

Diego Godin memperingatkan rekan-rekannya di skuat Inter Milan bahwa Barcelona akan berusaha mendominasi penguasaan bola dan membuat mereka sengsara saat bermain di Camp Nou.

Kualitas Stefano Sensi Bikin Godin Terkejut

Kualitas Stefano Sensi Bikin Godin Terkejut

27-09-2019 19:17

Bek anyar Inter Milan Diego Godin mengaku terkejut setelah melihat secara langsung kualitas yang dimiliki oleh Stefano Sensi.

Dengan Conte, Godin Tegaskan Inter Ingin Sapu Bersih Semua Gelar

Dengan Conte, Godin Tegaskan Inter Ingin Sapu Bersih Semua Gelar

27-09-2019 18:56

Diego Godin menegaskan bersama dengan Antonio Conte, Inter Milan siap berjuang untuk merebut semua trofi juara yang tersedia.

Plus Minus Performa Rafael Leao di Laga AC Milan vs Inter Milan

Plus Minus Performa Rafael Leao di Laga AC Milan vs Inter Milan

22-09-2019 23:52

Pelatih AC Milan Marco Giampaolo mengatakan Rafael Leao masih harus belajar memahami gaya main yang diinginkannya namun ia senang karena sang penyerang tidak merasa gugup saat dimainkan lawan Inter Milan.

Conte dan Simeone Punya Banyak Kesamaan di Mata Diego Godin

Conte dan Simeone Punya Banyak Kesamaan di Mata Diego Godin

18-09-2019 22:30

Diego Godin tidak menemukan perbedaan yang mencolok antara Inter Milan dengan bekas klubnya, Atletico Madrid. Terutama pada sosok yang menduduki kursi kepelatihan.

Cristiano Ronaldo, Pemain Top yang Terkadang Tak Kenal Respek

Cristiano Ronaldo, Pemain Top yang Terkadang Tak Kenal Respek

27-07-2019 21:30

Diego Godin menuding Cristiano Ronaldo sebagai pemain yang kurang menunjukkan rasa hormat pada rival. Godin menuding selebrasi Ronaldo kurang menghargai lawannya.

Diego Godin Antusias Jajal Serie A Bersama Inter Milan

Diego Godin Antusias Jajal Serie A Bersama Inter Milan

08-07-2019 06:51

Bek anyar Inter Milan Diego Godin mengaku ia antusias untuk bermain di pentas Serie A, apalagi karena ia sudah sejak kecil mengikuti perkembangan sepakbola Italia.

Diego Godin Siap Berikan Jiwa dan Raganya untuk Bawa Inter Milan Raih Kemenangan

Diego Godin Siap Berikan Jiwa dan Raganya untuk Bawa Inter Milan Raih Kemenangan

01-07-2019 23:24

Bek veteran asal Uruguay Diego Godin mengaku ia siap memberikan segalanya di atas lapangan demi membawa Inter Milan meraih kemenangan.

Inter Milan Resmi Datangkan Diego Godin

Inter Milan Resmi Datangkan Diego Godin

01-07-2019 16:43

Diego Godin resmi bergabung dengan klub Serie A, Inter Milan.