Nama Lengkap : Fabio Pereira da Silva
Tempat Lahir : Petropolis, RJ, Brasil
Tanggal Lahir : 09 Juli 1990 (26 Tahun)
Kebangsaan : Brasil
Klub : Cardiff City
Posisi : Bek
No Punggung : 22
Tinggi : 172 cm

Karir

Fabio Pereira da Silva, atau yang lebih akrab disapa Fabio ini, adalah pesepakbola profesional asal Brazil yang juga dikenal sebagai saudara kandung Rafael da Silva.

Terlahir di Petropolis dan tumbuh dewasa bersama saudara kembarnya Rafael, membuat mereka memiliki ketertarikan dan hobi yang sama, sepak bola, sejak berusia 5 tahun.

Mereka bermain di klub sepak bola lokal sejak di umur 11 tahun, Fluminense. Di klub tersebut, Fabio diplot sebagai bek kiri. Ketika klub berpartisipasi di turnamen Nike Premier Cup 2005 di Hong Kong, bakat tidak biasa yang dimiliki kembar Da Silva ditemukan oleh salah satu kru sepak bola Manchester United.

Dengan segala cara, Lew Kershaw menghubungi Fluminense dan pada akhirnya berhasil membuat si kembar berada di bawah kontrak United pada Februari 2007. Kembar Da Silva diboyong ke London pada Januari 2008.

Fabio baru bisa diregistrasi dan berkesempatan bermain hingga ulang tahunnya yang ke-18 pada tanggal 9 Juli 2008. Dia melakoni debut bersama United pada 4 Agustus 2008 ketika dimainkan untuk menggantikan Patrice Evra di laga persahabatan melawan Peterborough United. Performanya di pertandingan tersebut mendapat pujian, bahwa United telah menemukan "sesuatu" yang selama ini hilang.

Namun, debutnya di kompetisi bersama Manchester United harus tertunda karena cedera pundak yang mengharuskannya untuk menjalani operasi.

Kesempatan debutnya tiba pada 24 Januari 2009 di FA Cup yang berhasil mengalahkan Tottenham Hotspurs. Belum lama bermain, Fábio harus menderita cedera lagi, kali ini di bagian betisnya dan digantikan oleh Richard Eckersley.

Pada 27 Oktober 2010, kembar Da Silva melanggar peraturan dengan bermain sebagai Rafael di pertandingan melawan Barnsley. Panitia FA dan United mengakui bahwa hal ini terjadi akibat kesalahan manajemen, dan hukuman pun diberikan kepada Rafael.

Fabio memperpanjang kontrak bersama United pada 1 April 2010. Fábio berhasil mencetak gol pertamanya bersama Manchester United pada 26 Februari 2011 di laga tandang yang berakhir dengan memberi kemenangan 4-0 untuk klub. 2 minggu setelah itu, pemain bertinggi badan 172 sentimeter ini menambah koleksi golnya, sekaligus pertama kalinya di FA Cup di Stadion Old Trafford.

Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, mengumumkan bahwa Fábio akan bermain sebagai pemain pinjaman selama musim 2012-2013. Hal ini dilakukan agar menambah pengalamannya menjadi tim inti di tim lain, karena pada saat itu United masih belum bisa menyediakan tempat kosong untuk Fábio di tim inti.

Pada 2 Juli 2012, Fabio menandatangani kontrak dengan status sebagai pemain pinjaman di Queens Park Rangers. Fábio debut bersama QPR di laga kandang melawan Swansea City pada 18 Agustus 2012. Di pertandingan tersebut, dia menerima kartu kuning karena melanggar Nathan Dyer. Gol pertamanya untuk QPR tercipta saat melawan MK Dons di FA Cup, walaupun QPR harus kalah 2-4.

Kiprahnya di tim nasional sudah diawali dengan ketergabungannya di level U-17. Pada turnamen Piala Dunia U-17 tahun 2007, Fabio ditunjuk sebagai kapten di skuad U-17, dimana dia berhasil menyumbangkan 2 gol sekaligus. Walaupun Fabio bermain sebagai gelandang, ia telah menyumbangkan 10 gol dari 13 penampilannya bersama tim nasional U-17.

Fabio mendapat kesempatan untuk bermain bersama Timnas senior Brazil di laga melawan Kostarika dan Meksiko pada 7 dan 11 Oktober 2011.

Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru Fabio

Fabio Optimis Brasil Juara Dunia

Fabio Optimis Brasil Juara Dunia

08-07-2014 22:32

Bek Cardiff City asal Brasil Fabio sangat yakin sepenuhnya bila negaranya bisa melangkah sampai ke final di Piala Dunia 2014 kali.

Fabio Dan Zaha Siap Berbaju Cardiff City

Fabio Dan Zaha Siap Berbaju Cardiff City

28-01-2014 03:51

Dua pemain Manchester United Fabio dan Wilfried Zaha akan bergabung ke Cardiff City dengan status pinjaman. Bahkan khusus bagi Fabio, pemain asal Brazil ini sudah latihan bersama Cardiff.

Solskjaer Segera Kunci Zaha dan Fabio, Plus Jones

Solskjaer Segera Kunci Zaha dan Fabio, Plus Jones

27-01-2014 09:05

Solskjaer disebut oleh The Mirror sudah mendapatkan Wilfried Zaha dan Fabio da Silva dari United. Plus striker Stoke City, Kenywyne Jones.

Dibeli Cardiff, Fabio Bersiap Hadapi Kembarannya Rafael

Dibeli Cardiff, Fabio Bersiap Hadapi Kembarannya Rafael

24-01-2014 11:26

Fabio da Silva kemungkinan besar akan turun untuk menghadapi kembarannya, Rafael, setelah ia resmi dibeli oleh Cardiff City.

Duo Kembar Rafael & Fabio Siap Angkat Kaki dari MU

Duo Kembar Rafael & Fabio Siap Angkat Kaki dari MU

15-01-2014 07:14

Rafael dan Fabio disebut oleh agen mereka, amat mungkin meninggalkan Manchester United di akhir musim panas ini.

Kambing Hitam Moyes, Fabio Masuk Prioritas Buang

Kambing Hitam Moyes, Fabio Masuk Prioritas Buang

08-01-2014 10:05

David Moyes kabarnya masih gusar dengan kartu merah Fabio da Silva dalam kekalahan Manchester United kontra Swansea di FA Cup kemarin. Tak ayal ia pun memasukkan nama bek muda Brasil itu dalam prioritas buang.

Wasit Mike Dean Anti-Man United?

Wasit Mike Dean Anti-Man United?

06-01-2014 13:45

Manchester United dipaksa kembali mengecap kekalahan kandang. Kali ini dari Swansea City di putaran ketiga FA Cup. Namun ada kejadian menarik yang pantas disimak dari laga tersebut, terutama terkait sang pengadil.

Moyes: Masalah MU Hanya Satu, Minder

Moyes: Masalah MU Hanya Satu, Minder

06-01-2014 08:30

Moyes menyebut anak buahnya kurang percaya diri kala melakukan penetrasi ke kotak penalti lawan di laga melawan Swansea City baru-baru ini.

Review: Swansea Singkirkan United di Old Trafford

Review: Swansea Singkirkan United di Old Trafford

06-01-2014 01:30

Manchester United harus tersingkir di putaran ke tiga Piala FA setelah dikalahkan Swansea City di depan publik Old Trafford dengan skor 2-1 (5/1).

Buttner Dilepas MU ke Fulham?

Buttner Dilepas MU ke Fulham?

19-12-2013 15:47

Selain itu, agresivitas Buttner untuk naik membantu serangan juga dinilai cocok dengan gaya permainan Fulham.