Nama Lengkap : Francisco Roman Alarcon Suarez
Tempat Lahir : Benalmadena, Spanyol
Tanggal Lahir : 21 April 1992 (25 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Klub : Real Madrid
Posisi : Gelandang
No Punggung : 23
Tinggi : 176 cm

Karir

Francisco Roman Alarcon Suarez lahir pada 21 April 1992, lebih dikenal sebagai Isco. Dia adalah pemain sepakbola profesional Spanyol yang bermain untuk Real Madrid terutama sebagai gelandang menyerang.

Isco lahir di Benalmadena, Malaga, Andalusia. Dia adalah produk dari Valencia youth system, ia melakukan debut bersama tim utama pada 11 November 2010, melawan UD Logrones untuk musim Copa del Rey, mencetak dua gol dalam kemenangan kandang dengan skor 4- 1 (agregat 7-1). Sebelumnya, ia menghabiskan satu musim penuh di tim cadangan di Segunda División B, mencetak satu gol dalam 25 pertandingan dan terdegradasi.

Isco memainkan pertandingan La Liga pertamanya pada tanggal 14 November 2010, bermain 20 menit dalam kemenangan kandang melawan Getafe CF 2-0 setelah masuk sebagai pengganti Aritz Aduriz.

Pada pertengahan Juli 2011, setelah membantu tim B Valencia kembali ke peringkat ketiga dengan mencetak 15 gol, Isco menandatangani kontrak lima tahun dengan Malaga CF. Dia mencetak gol pertamanya untuk tim barunya pada 21 November 2011 dalam kemenangan tandang 3-1 melawan Racing de Santander.

Isco juga menyumbang gol lagi minggu berikutnya dalam kemenangan 2- 1 melawan Villarreal CF , dan selesai musim pertamanya dengan 32 pertandingan dan lima gol. Malaga lolos ke Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Pada 18 September 2012 , dalam pertandingan pertama Málaga dalam penyisihan grup Liga Champions , Isco mencetak dua gol dalam kemenangan kandang 3-0 atas FC Zenit Saint Petersburg , juga terpilih sebagai Man of the Match. Pada tanggal 22 Desember ia mencetak gol pertama dalam akhirnya menang 3-2 melawan Real Madrid di La Rosaleda.

Pada 28 Januari 2013 , Isco mengakhiri spekulasi mengenai masa depannya dengan menandatangani kontrak baru dengan Málaga. Dia mencetak gol kesebelas pada 13 Maret, gol pembuka dalam kemenangan kandang 2-0 melawan FC Porto.

Pada 17 Juni 2013, Isco menegaskan bahwa ia telah menerima tawaran dari Real Madrid dan mantan manajer Malaga Manuel Pellegrini Manchester City, tapi menyatakan ia hanya akan membuat keputusan akhir tentang masa depannya setelah final Piala Eropa U-21 Championship.

Pada 26 Juni, presiden Real Madrid Florentino Pérez menegaskan bahwa kesepakatan telah dicapai dengan pemain dan bahwa ia akan diperkenalkan oleh klub minggu depan, setelah ia melewati tes medis, hari berikutnya ia menandatangani kontrak lima tahun, dengan real Madrid membayar € 30 juta jasanya, sehingga menjadi transfer pertama yang ditunjuk manajer baru, Carlo Ancelotti.

Isco muncul dengan Timnas Spanyol U-17 di Piala Dunia FIFA 2009, mencetak tiga gol yang menghantar Spanyol finish di urutan ketiga. Pada tahun 2011 ia mewakili negaranya di Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan di Kolombia, mencetak satu gol dan melaju ke  perempat final pada akhirnya.

Pada 28 Februari 2012 Isco dipanggil ke tim U23 Spanyol untuk pertandingan persahabatan melawan Mesir, tapi tidak sampai dimainkan. Pada tanggal 15 Mei ia diangkat untuk pertama kalinya ke tim senior untuk pertandingan persahabatan dengan Serbia dan Korea Selatan, namun tidak mengambil bagian dalam pertandingan kedua.

Pada 6 Februari 2013 Isco melakukan debutnya bersama skuad utama, bermain 30 menit terakhir dalam kemenangan 3-1 atas Uruguay di Doha, Qatar. Juga pada tahun itu dia tampil di UEFA European Under-21 Football Championship di Israel, menjadi pencetak gol terbanyak ketiga dalam kompetisi itu.


Oleh: A. Fiekri I.

Berita Terbaru Isco

Madrid Terancam Tanpa Isco di Laga Derby

Madrid Terancam Tanpa Isco di Laga Derby

13-11-2017 01:04

Laga jeda internasional nampaknya membawa kabar buruk untuk Real Madrid. Pasalnya, mereka sedang dilanda kemungkinan akan kehilangan Isco di pertandingan derby Madrid pekan depan di lanjutan La Liga.

Lopetegui: Isco Masuk Jajaran Elit Pemain Kelas Dunia

Lopetegui: Isco Masuk Jajaran Elit Pemain Kelas Dunia

12-11-2017 16:35

Pelatih tim nasional Spanyol Julen Lopetegui menyebut Isco sudah masuk jajaran elit pemain terbaik dunia dan performanya saat ini masih bisa lebih baik lagi.

Morata Berharap Isco Yang Fenomenal Lekas Pulih

Morata Berharap Isco Yang Fenomenal Lekas Pulih

12-11-2017 11:59

Penyerang timnas Spanyol Alvaro Morata mengatakan Isco hanya menderita cedera ringan dan mendoakannya cepat pulih.

Isco: Bale Alami Masa Sulit Karena Cedera

Isco: Bale Alami Masa Sulit Karena Cedera

11-11-2017 15:00

Isco mengakui kalau rekan satu timnya di Real Madrid Gareth Bale mengalami masa sulit setelah bintang Wales itu kembali mengalami cedera.

Alba Tak Senang Lihat Isco Bermain Bagus

Alba Tak Senang Lihat Isco Bermain Bagus

11-11-2017 14:40

Bek kiri Barcelona Jordi Alba mengatakan kalau Isco adalah salah satu pemain terbaik di dunia.

Isco: Biarkan Asensio Berkembang

Isco: Biarkan Asensio Berkembang

10-11-2017 22:58

Gelandang kreatif Real Madrid Isco mengatakan bahwa juniornya yakni Marco Asensio harus diberi waktu dan ruang untuk mengembangkan bakatnya yang begitu besar.

Kecewa Isco, Ronaldo Rindukan Gareth Bale

Kecewa Isco, Ronaldo Rindukan Gareth Bale

08-11-2017 14:50

Hubungan antara Isco dan bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, dikabarkan masih cukup dingin.

Manchester City Yakin Sanggup Datangkan Isco

Manchester City Yakin Sanggup Datangkan Isco

31-10-2017 12:00

Manchester City dikabarkan sudah menentukan gelandang Real Madrid, Isco, sebagai target transfer potensial di masa mendatang dan merasa pemain Spanyol bisa dibujuk untuk meninggalkan Etihad.

Jelang Tottenham, Madrid Krisis Pemain

Jelang Tottenham, Madrid Krisis Pemain

31-10-2017 11:10

Real Madrid kemungkinan akan tampil tanpa Isco, Raphael Varane, Gareth Bale, dan Keylor Navas, di pertandingan Liga Champions melawan Tottenham.

Isco Usai Madrid Dipermalukan Girona: Pertandingan Aneh

Isco Usai Madrid Dipermalukan Girona: Pertandingan Aneh

30-10-2017 12:00

Gelandang Real Madrid, Isco mengatakan bahwa melihat permainan melawan Girona memberinya perasaan aneh. Meskipun unggul lebih dahulu, Los Blancos justru kehilangan momentum dan pada akhirnya kalah.