FOLLOW US:

Nama Lengkap : Franck Ribery
Tempat Lahir : Boulogne-sur-Mer
Tanggal Lahir : 07 April 1983 (35 Tahun)
Kebangsaan : Prancis
Klub : Bayern Munich
Posisi : Gelandang
No Punggung : 7
Tinggi : 170 cm

Karir

  • 2000 - 2002 : Boulogne
  • 2002 - 2003 : Olympique Ales
  • 2003 - 2004 : Stade Brestois 29
  • 2004 - 2005 : Metz
  • 2005 - : Galatasaray
  • 2005 - 2007 : Marseille
  • 2007 - : Bayern Munich

Franck Ribery merupakan salah satu gelandang yang beroperasi di sektor sayap. Ia kerap merepotkan lini pertahanan lawan dengan dribel dan kecepatan yang ia miliki. Kemampuannya sebagai seorang pemain sayap sangat diandalkan oleh Timnas Perancis. Sejak bergabung dengan tim senior Les Blues, Ribery hampir selalu disertakan dalam skuad Perancis yang berlaga dalam suatu kejuaraan.

Ribery terkenal sebagai salah seorang pemain sayap yang kerap mengecoh pemain belakang lawan dengan kemampuan dribelnya yang cepat dan akurat. Ia telah menjadi salah satu pemain terbaik di Eropa. Bersama dengan Arjen Roben dan Thomas Muller, Ribery sukses membawa Bayern Munich menjadi salah satu tim yang paling ditakuti di dunia.

Awal karir sepak bola Ribery bisa dikatakan tak secemerlang beberapa bintang lain pada periode awal mereka memulai karir. Ia menghabiskan empat tahun pertama kehidupan sepakbolanya di Prancis dengan bermain untuk empat klub yang berbeda. Boulogne, Alès, Stade Brestois dan Metz pernah merasakan jasa pemain yang kerap beroperasi di sektor sayap kiri ini sebelum Galatasaray merekrutnyapaa 2005 silam.

Waktunya bersama Galatasaray berlangsung singkat. Ia hanya berada di Turki guna memperkuat Galatasaray tak lebih dari separuh musim. Ribery kemudian memutuskan untuk pergi dari Turki setelah selama empat bulan ia bermain tanpa mendapat bayaran yang sudah menjadi hakknya.

Ribery kemudian menggunakan keputusan FIFA yang memungkinkan dia untuk membatalkan kontraknya bersama Galatasaray dan memutuskan untuk kembali ke Perancis. Setelah hanya 15 pertandingan di Turki, Ribery memilih untuk kembali ke Prancis dan bergabung dengan Olympique Marseille dengan status bebas transfer.

Penampilannya kala ia bermain kembali di Perancis membuat banyak klub elit Eropa menyatakan ketertarikan mereka terhadap gelandang sayap tim nasional Perancis tersebut. Setelah kekecewaan yang ia rasakan akibat kekalahan di partai final Piala Dunia 2006 oleh Italia, kabar kepindahan bintang Perancis tersebut semakin santer dikaitkan dengan beberapa klub elit Eropa.

Akhirnya, klub raksasa asal Jerman, Bayern Munich, memenangi "perlombaan" untuk mendapatkan tanda tangan Ribery kala ia sepakat menandatangani kontrak berdurasi empat tahun untuk Munchen. Nilai kontrak tersebut mampu memecahkan record transfer klub kala itu dengan nominal senilai € 26 juta.

Tidak butuh waktu lama baginya untuk memberikan pengaruh positif bagi Munchen. Ia sukses mencetak 11 gol dengan tujuh assist di musim pertamanya. Sebuah torehan impresif bagi seorang winger. Tak hanya berhenti disitu, ia terus tampil mengesankan di musim berikutnya.

Meskipun ia kerap dihantui oleh masalah cedera, ia tetap sanggup memberikan penampilan terbaiknya kala ia diturunkan oleh FC Hollywood. Ribery sendiri sukses membantu Bayern memenangkan dua gelar pada musim 2009-10. Atas hasil tersebut, ia sukses mencatatkan namanya dalam jajaran pemain elit Eropa.

Musim 2012/13 menjadi musim yang tak terlupakan bagi pemain kelahiran Perancis tersebut. Banyak kenangan manis yang ia torehkan bersama dengan FC Hollywood pada musim tersebut. Diawali dengan kesuksesannya mengandaskan perlawanan Dortmund pada laga Supercup 12 Agustus 2012 silam, Ribery terus memberikan penampilan yang mempesona sepanjang musim.

Pada musim tersebut pula, Franck Ribery sukses membantu FC Hollywood meraih treble winner pada musim 2012/13 dengan sumbangan gelar Bundesliga, DFB Pokal dan LIga Champions.

Atas penampilan apiknya sepanjang musim, Ribery dianugerahi gelar pemain terbaik Eropa untuk tahun 2013. Sayangnya, meski penampilannya istimewa sepanjang 2013, ia tetap harus puas berada di belakang Cristiano Ronaldo dan Leo Messi dalam perebutan gelar Ballon D’or 2013.

Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Franck Ribery

Guardiola, Van Gaal, atau Heynckes? Ini Pelatih Munchen Terbaik Versi Ribery

Guardiola, Van Gaal, atau Heynckes? Ini Pelatih Munchen Terbaik Versi Ribery

08-05-2019 00:30

Pemain Bayern Munchen, Franck Ribery, cukup beruntung pernah dilatih oleh sejumlah sosok hebat dalam karirnya. Di antara mereka yang hebat, ada satu pelatih yang dianggapnya sebagai yang terbaik.

Fix, Masa Abdi Ribery di Munchen Tuntas Pada Akhir Musim

Fix, Masa Abdi Ribery di Munchen Tuntas Pada Akhir Musim

06-05-2019 00:01

Franck Ribery adalah salah satu pemain yang terbilang cukup lama membela klub raksasa Jerman, Bayern Munchen. Namun perjalanan tersebut harus berhenti dalam waktu dekat setelah sang pemain mengkonfirmasi kepergiannya di akhir musim nanti.

Kekuatan Bayern Makin Melemah Jelang Duel Lawan Liverpool

Kekuatan Bayern Makin Melemah Jelang Duel Lawan Liverpool

18-02-2019 17:48

Bayern Munchen dipastikan tak akan diperkuat oleh Jerome Boateng saat berjumpa dengan Liverpool di leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Boateng Disarankan Tolak MU dan Arsenal

Boateng Disarankan Tolak MU dan Arsenal

07-08-2018 22:08

Jerome Boateng diminta oleh koleganya yakni Franck Ribery untuk menolak semua rayuan yang datang dari Manchester United maupun Arsenal.

Tersingkir Dari Liga Champions, Ribery Tatap Final DFB Pokal

Tersingkir Dari Liga Champions, Ribery Tatap Final DFB Pokal

03-05-2018 15:16

Tersingkir dari Liga Champions bukan berarti musim Bayern Munchen berakhir, sebab mereka masih harus tampil di kompetisi domestik. Sang penyerang, Franck Ribery, menyatakan bahwa timnya mengincar satu trofi lagi yaitu DFB Pokal.

Duel Lawan Ribery, Vazquez Kelimpungan

Duel Lawan Ribery, Vazquez Kelimpungan

26-04-2018 04:44

Penyerang sayap Real Madrid, Lucas Vazquez mengingatkan timnya bahwa perjuangan mereka belum usai kendati berhasil meraih kemenangan penting di leg pertama semifinal Liga Champions kontra Bayern Munchen (2-1), Kamis (26/4) dini hari WIB.

Franck Ribery dan Rekor Delapan Gelar Juara Bundesliga

Franck Ribery dan Rekor Delapan Gelar Juara Bundesliga

08-04-2018 00:30

Sudah satu dekade berlalu sejak Franck Ribery bergabung bersama Bayern Munchen di Bundesliga. Sepanjang itu pula, dari sepuluh kesempatan, Ribery sudah mengantongi delapan gelar juara Bundesliga.

Kiper Bayern Munchen Belum Siap Pisah dengan Ribery

Kiper Bayern Munchen Belum Siap Pisah dengan Ribery

15-01-2018 12:30

Franck Ribery mungkin sudah berusia 34 sekarang, namun Sven Ulreich meyakini mantan pemain Prancis bisa terus menjadi bintang Bayern selama dua tahun ke depan.

Bayern Munchen Masih Mempesona Bagi Ribery

Bayern Munchen Masih Mempesona Bagi Ribery

14-01-2018 00:40

Pesona Bayern Munchen rupanya belum luntur di mata Franck Ribery, yang mengatakan ingin terus bertahan di klub, usai mencetak gol kala timnya menang 3-1 atas Bayer Leverkusen belum lama ini.

Ribery Masih Kesal Dijadikan Kambing Hitam di Prancis

Ribery Masih Kesal Dijadikan Kambing Hitam di Prancis

09-01-2018 08:20

Franck Ribery mengaku masih trauma dengan sikap warga Prancis, yang sempat menjadikannya kambing hitam atas kegagalan tim nasional.