FOLLOW US:

GIORGIOCHIELLINI

Giorgio Chiellini
Nama Lengkap : Giorgio Chiellini
Tempat Lahir : Pisa, Italia
Tanggal Lahir : 14 Agustus 1984 (35 Tahun)
Kebangsaan : Italia
Klub : Juventus
Posisi : Bek
No Punggung : 3
Tinggi : 187 cm

Karir

Italia memang merupakan salah satu negara penghasil pemain bertahan yang luar biasa. Salah satunya adalah bek dengan kemampuan sprint yang mumpuni, Giorgio Chielini. Ia merupakan penerus yang sempurna bagi bek – bek Italia sebelumnya seperti Paolo Maldini dan Fabio Cannavaro, dia mahir menjaga lawan dan memiliki kemampuan yang baik dalam urusan duel – duel udara.

Lahir di Pisa namun dibesarkan di Livorno, Chiellini menghabiskan masa berlatihnya selama empat tahun sebagai bek kiri di klub lokal dari kota di mana ia menghabiskan masa kecilnya, Livorno. Kemampuan alaminya segera membawa banyak perhatian yang lebih luas dari beberapa tim – tim lain. Dari usia 16 tahun, ia sudah dipercaya untuk bermain bersama dengan tim junior Italia, dan yang paling berkesan dalam karir juniornya adalah kala membawa Italia memenangkan gelar Eropa U - 19 pada tahun 2003.

Setelah menandatangani kontrak bersama dengan Juventus pada tahun 2004, ia segera dipinjamkan ke Fiorentina. Kala bermain untuk La Fiola, ia melakoni debut Serie A pada tanggal 12 September pada tahun yang sama. Dua bulan kemudian, pada tanggal 17 November, ia mendapat kesempatan bermain bersama dengan tim senior yang pertama oleh Marcello Lippi kala Italia berlaga melawan Finlandia.

Karir Chiellini kemudian memasuki fase baru pada tahun 2006 / 07. Hal itu terjadi ketika Didier Deschamps secara bertahap mulai memainkannya ke posisi pusat pertahanan Juve setelah sebelumnya ia bermain pada posisi bek kiri.

Hal tersebut terbukti sebagai keputusan yang cerdik dan musim berikutnya Chielini sukses menjadi pemain regular di barisan pertahanan Juve bersama dengan Nicola Legrottaglie. Sementara itu, fleksibilitas membuatnya bahkan lebih berguna untuk La Squadra Azzurra.

Dengan Italia menggunakan skema 4-4-2, ia turut membeerikan kontribusi baik di posisi tengah maupun sebelah kiri pertahanan Azzuri. Sejak pensiunnya Fabio Cannavaro pada tahun 2010 ia telah muncul sebagai pemimpin baru Italia di bagian belakang.

Selain bermain apik bersama dengan tim nasional, Chielini juga bermain menawan dilevel klub. Ia dipilih oleh rekan-rekannya sebagai pemain belakang terbaik Serie A tahun tiga kali berturut-turut antara 2008 dan 2010. Sifatnya yang menunjukkan keberanian dan komitmen adalah panutan bagi rekan-rekannya.

Keagresifannya pernah membuatnya mengalami patah hidung pada tiga kesempatan terpisah antara 2005 dan 2009, dan hal itu memaksanya mengenakan topeng pelindung wajah yang kemudian berkembang menjadi ciri khasnya bagi para fans Juve dan Italia. Meski demikian, ia juga merupakan sosok pengganti utama Gianluigi Buffon sebagai kapten dan pemimpin didalam lapangan baik untuk level klub maupun negera.

Sebagai pemain belakang dengan reputasi yang baik, Chiellini tidak asing dengan ppujian. Salah satunya ia dapatkan dari kekaguman pelatih Napoli Walter Mazzarri setelah timnya dikalahkan oleh Juventus musim lalu. " Juve sangat kuat dalam pertahanan," katanya. "Chiellini adalah pemain dari planet lain. Dia bisa menjaga tiga pemain dengan baik dan itu semuanya dilakukan oleh dirinya sendiri. "

Chielini yang dikenal sebagai salah satu bek tangguh dunia ini telah melakoni lebih dari 260 pertandingan untuk Juventus.Ternyata, selain menggeluti dunia sepak bola profesional, Chiellini juga memiliki gelar dalam Bisnis dan Ekonomi di University of Turin pada tanggal 16 Juli 2010, dengan capaian nilai akhir 109 dari 110.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Giorgio Chiellini

Chiellini Benci dan Enggan Melihat Antonio Conte di Inter Milan

Chiellini Benci dan Enggan Melihat Antonio Conte di Inter Milan

25-05-2019 08:44

Bek Juventus, Giorgio Chiellini, mengaku tak ingin melihat sosok Antonio Conte di pinggir lapangan dan memberikan arahan kepada tim rival, Inter Milan. Tapi apapun keputusan Conte, ia akan menerimanya dengan lapang dada.

Giorgio Chiellini Sebut Ronaldo Sebagai 'Dewa'

Giorgio Chiellini Sebut Ronaldo Sebagai 'Dewa'

25-05-2019 01:24

Bek senior Juventus Giorgio Chiellini memuji Cristiano Ronaldo sebagai sesosok 'Dewa' yang membantu Bianconeri mengatasi kepergian Gianluigi Buffon.

Chiellini Yakin Allegri Akan Balik ke Juventus

Chiellini Yakin Allegri Akan Balik ke Juventus

25-05-2019 00:50

Bek senior Juventus Giorgio Chiellini menyakini Massimiliano Allegri akan kembali ke Turin suatu saat nanti.

Tinggalkan Juventus, Allegri Akan Dirindukan Para Pemain

Tinggalkan Juventus, Allegri Akan Dirindukan Para Pemain

22-05-2019 11:15

Massimiliano Allegri sudah memutuskan untuk meninggalkan Juventus pada akhir musim 2018-2019.

Chiellini Ibaratkan Ronaldo-Messi Seperti Rivalitas Nadal dan Federer

Chiellini Ibaratkan Ronaldo-Messi Seperti Rivalitas Nadal dan Federer

04-05-2019 08:22

Kapten Juventus, Giorgio Chiellini, tampak bersyukur bahwa dirinya bisa berada di era yang sama dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Ia lalu menggambarkan keduanya seperti dua sosok tersohor di dunia Tenis, Rafael Nadal dan Roger Federer.

Chiellini dan Mandzukic Absen, Siapa yang Jadi Kapten Juventus?

Chiellini dan Mandzukic Absen, Siapa yang Jadi Kapten Juventus?

16-04-2019 06:46

Dengan cederanya Giorgio Chiellini dan kemungkinan absennya Mario Mandzukic, maka pertanyaan soal siapa yang akan menjadi kapten Juventus saat melawan Ajax nanti kini menguak. Massimiliano Allegri selaku pelatih menjelaskan semuanya.

Tidak Seperti Bonucci, Kapten Juventus Terus Bela Moise Kean

Tidak Seperti Bonucci, Kapten Juventus Terus Bela Moise Kean

04-04-2019 22:30

Jika Leonardo Bonucci sempat melayangkan kritikan terhadap rekan setimnya sendiri, Moise Kean, tidak demikian dengan Giorgio Chiellini. Kapten Juventus tersebut malah terus menegaskan dukungannya kepada pemain berumur 19 tahun tersebut.

Kean Dianggap Setara Trezeguet, Lebih Baik dari Balotelli

Kean Dianggap Setara Trezeguet, Lebih Baik dari Balotelli

31-03-2019 18:32

Pujian terus menghampiri Moise Kean yang berhasil menjadi penentu kemenangan Juventus atas Empoli pada Minggu (31/3) tadi. Bahkan sang kapten, Giorgio Chiellini, tidak ragu untuk menyamakan pemain berumur 19 tahun itu dengan sosok legenda, David Trezeguet.

Sebelum Liga Champions, Chiellini Ingin Juventus Fokus Ke Serie A Dulu

Sebelum Liga Champions, Chiellini Ingin Juventus Fokus Ke Serie A Dulu

29-03-2019 05:22

Kapten Juventus, Giorgio Chiellini, tak bermaksud untuk meremehkan calon lawannya di perempat final Liga Champions. Namun sebelum berfokus pada pertandingan tersebut, ia ingin Bianconeri segera mengunci gelar Serie A yang kedelapan kalinya berturut-turut.

Chiellini Berharap Tuah Ronaldo Bisa Menangkan Juventus

Chiellini Berharap Tuah Ronaldo Bisa Menangkan Juventus

12-03-2019 04:00

Harapan besar kini sedang tersemat di pundak Cristiano Ronaldo jelang laga leg kedua 16 besar Liga Champions antara Juventus melawan Atletico Madrid. Sang kapten, Giorgio Chiellini, yakin pemain asal Portugal tersebut akan memberikan kontribusi seperti biasanya.