Nama Lengkap : Hugo Lloris
Tempat Lahir : Nice, Prancis
Tanggal Lahir : 26 Desember 2013 (4 Tahun)
Kebangsaan : Prancis
Posisi : Kiper
No Punggung : 25
Tinggi : 188 cm

Karir

Hugo Lloris adalah anak dari ibunya seorang pengacara dan ayahnya adalah bankir. Lloris memulai karir sepakbolanya pada usia enam tahun, dia bermain di CEDAC (Centre de Difusi et d'Action Culturelle), sebuah pusat kebudayaan lokal di pinggiran kota Nice. Lloris sempat memainkan berbagai posisi sebelum menjadi penjaga gawang, bahkan dia sempat menjadi penyerang.

Akhirnya pelatih menyadari bahwa Lloris memiliki kualitas untuk menjadi seorang kiper, dia memiliki ketrampilan menagkap bola dan refleks yang cepat . Kualitas Lloris menarik perhatian mantan kiper tim nasional Perancis Dominique Baratelli yang juga pernah bermain di OGC Nice, dia merekomendasikan Hugo untuk bergabung dengan mantan klubnya, OGC Nice.

Pada usia sepuluh tahun, Lloris bergabung dengan akademi sepakbola remaja Nice. Ia menghabiskan beberapa tahun di akademi sebagai kiper utama untuk tim U- 17 klub. Dia dan timnya juga memenangkan “Championnat Nationaux des 18 ans” pada tahun 2003-2004, sebuah kompetisi liga domestik untuk pemain di bawah usia 18 tahun.

Sukses dengan tim U-18 Nice, Lloris dipromosikan ke tim cadangan Nice yg bermain di Championnat de France amateur, tingkat keempat sepak bola Prancis, untuk musim 2004-2005. Dia adalah kiper pengganti kiper utama Hilaire Munoz .

Menjelang musim 2005 - 2006 Lloris akhirnya dipromosikan ke tim utama dan mendapat jersey bernomor punggung 1. Ia ditunjuk oleh manajer Frederic Antonetti sebagai kiper utama tim. Lloris membuat debut profesional pada tanggal 25 Oktober 2005, pada usia 18 tahun, mencatat clean sheet saat Nice menang 2-0 atas Chateauroux.

Setelah menjalani musim yang baik bersama Nice, Lloris di isukan akan bergabung dengan banyak klub besar seperti AC. Milan, Lyon, dan Tottenham Hotspur. AC. Milan mengklaim bahwa mereka sudah mendapatkan Hugo Lloris, tapi ternyata masih belum ada kontrak resmi, Lloris ternyata batal bergabung dengan AC. Milan karena kiper utama AC. Milan menolak untuk pergi ke Palermo. Akhirnya Lloris bergabung dengan Lyon dengan alasan dia ingin bermain sebagai kiper utama, sedangkan di AC. Milan dia tidak dijamin untuk bermain sebagai kiper utama.

Lloris membuat debut bersama klubnya barunya Lyon dalam pertandingan pembuka di liga Perancis di musim 2008-2009 pada tanggal 10 Agustus 2008. Lyon menang 3-0 atas Toulouse, pertandingan ini memberikan clean sheet pertama bagi Lloris untuk tim barunya.

Usai memulai musim debut bersama Lyon, Lloris terus berkembang pesat. Kiper berusia 23 tahun ini adalah salah satu pemain kunci bagi Lyon yang menempatkan mereka ke posisi kedua Ligue 1 Prancis serta menembus babak semi-final Liga Champions.

Di kompetisi Eropa, Lloris benar-benar unjuk gigi. Penampilan konsistennya pada babak 16 besar melawan Real Madrid mengantarkan Lyon pada kemenangan 2-1. Meski terus ditekan para pemain Madrid, ketangguhan Lloris tak terbantahkan. Dia mampu mengawal gawang selayaknya seorang penjaga gawang veteran. Di babak perempat-final, Lloris melakukan penyelamatan kelas dunia untuk mematahkan sundulan pemain Girondins Bordeaux, Wendel.

Meskipun dengan harga yang lebih rendah Lyon bersedia melepas Hugo Lloris menuju Tottenham. Akan tetapi, klub Prancis tersebut juga meminta sejumlah persyaratan. Kesepakatan Tottenham dan Lyon hampir saja berakhir. Pasalnya The Lilywhites tidak konsisten dengan penawaran yang mereka berikan terkait transfer Lloris. Harga yang mereka sepakati sebelumnya adalah 12 juta poundsterling. Namun kabar terakhir menyebutkan bahwa penawaran Spurs sangat jauh dari harga tersebut. Meski begitu, Lyon tetap saja rela melepaskan kiper utamanya tersebut.

Dikabarkan bahwa klub London tersebut berhasil membawa pulang Lloris hanya dengan 7,9 juta Poundsterling untuk durasi empat tahun. Akan tetapi nilai tersebut akan naik seiring dengan baiknya performa kiper timnas Prancis tersebut. Selain itu, pihak Lyon juga menambahkan satu syarat lagi. Kubu Ligue 1 ini meminta 20% dari keuntungan yang didapatkan Spurs jika kelak mereka menjual Lloris.

Dia melakukan debut untuk Spurs dalam pertandingan Liga Europa melawan Lazio pada tanggal 20 September 2012, hasil dari pertandingan itu 0-0. Lloris mulai bermain di Liga Premier Inggris melawan Aston Villa pada tanggal 7 Oktober 2012, membuat clean sheet dalam kemenangan 2-0.

Setelah hanya kebobolan 4 gol dalam 6 pertandingan , ia dinominasikan untuk “Barclays Premier League Player of the Month” untuk bulan Desember 2012, tetapi akhirnya kalah dari Robin Van Persie dari Manchester United. Kemudian di musim 2012 - 2013, Lloris menyelesaikan musim dengan membuat dua puluh lima penampilan dan sembilan kali clean sheet .

Setelah dikaitkan dengan AS Monaco , Lloris menolak spekulasi pembicaraan transfer ke Monako, Lloris bersikeras bahwa ia meninggalkan Lyon untuk bermain di luar negeri. Di timnas Prancis, Lloris tak menunjukkan kegugupan ketika harus tampil di Piala Dunia. Padahal Les Bleus mengalami krisis internal. Tapi, Lloris tak membuat kesalahan berarti ketika tampil berlaga.

Penampilan tersebut merupakan catatan menanjak setelah dia menerima kartu merah dalam pertandingan kualifikasi menghadapi Serbia. Di babak play-off melawan Irlandia, Prancis harus berterima kasih kepada Lloris karena hanya kebobolan sekali selama 90 menit partai kedua di Paris.

Oleh: A. Fiekri I.

Berita Terbaru Hugo Lloris

Lawan Madrid, Lloris Tak Menyesal Bertahan di Spurs

Lawan Madrid, Lloris Tak Menyesal Bertahan di Spurs

20-10-2017 14:10

Kapten Tottenham, Hugo Lloris, mengatakan bahwa hasil imbang di kandang Real Madrid membuktikan bahwa ia sudah mengambil keputusan yang benar dengan bertahan di klub pada musim panas.

Lloris Tak Ragukan Kemampuan Benzema

Lloris Tak Ragukan Kemampuan Benzema

18-10-2017 15:50

Kiper Tottenham, Hugo Lloris, memberikan pujian pada striker Real Madrid, Karim Benzema.

Lloris: Tottenham Layak Dapat Poin di Madrid

Lloris: Tottenham Layak Dapat Poin di Madrid

18-10-2017 15:30

Hugo Lloris mengatakan Tottenham layak meninggalkan Spanyol dengan satu angka, usai Spurs bermain imbang 1-1 melawan Real Madrid di Liga Champions semalam.

Bikin Madrid Frustrasi, Lloris Dicap Kiper Terbaik Dunia

Bikin Madrid Frustrasi, Lloris Dicap Kiper Terbaik Dunia

18-10-2017 12:25

Bos Tottenham, Mauricio Pochettino, mengungkap bahwa ia berpikir Hugo Lloris sudah membuktikan dirinya sebagai salah satu kiper terbaik dunia.

Navas Larang Madrid Berpuas Diri

Navas Larang Madrid Berpuas Diri

18-10-2017 07:00

Keylor Navas mengakui Real Madrid pantang berpuas diri usai bermain imbang 1-1 melawan Tottenham di Liga Champions semalam.

Hugo Lloris Akui Terinspirasi Oleh Zidane

Hugo Lloris Akui Terinspirasi Oleh Zidane

17-10-2017 21:01

Penjaga gawang Tottenham Hotspur, Hugo Lloris, membuat sebuah pengakuan jelang laga kontra Real Madrid. Lloris mengaku bahwa ia selama ini terinspirasi oleh Zinedine Zidane, pelatih Madrid.

Lloris: Ronaldo Seperti Mesin Kesuksesan

Lloris: Ronaldo Seperti Mesin Kesuksesan

17-10-2017 15:45

Hugo Lloris memberikan pujian pada bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, yang menurutnya merupakan 'mesin' penghasil kesuksesan.

Lloris Lihat Madrid Lebih dari Sekedar Ronaldo

Lloris Lihat Madrid Lebih dari Sekedar Ronaldo

17-10-2017 15:20

Kapten Tottenham, Hugo Lloris, mengatakan bahwa Real Madrid, calon lawan mereka di Liga Champions malam nanti, lebih dari sekedar tim yang hanya mengandalkan kekuatan Cristiano Ronaldo.

Lloris Antusias Jajal Kekuatan Real Madrid

Lloris Antusias Jajal Kekuatan Real Madrid

17-10-2017 13:40

Kapten Tottenham, Hugo Lloris, mengungkap bahwa ia amat antusias menjelang persiapan klubnya untuk menguji kemampuan dalam pertandingan Liga Champions melawan Real Madrid di Bernabeu pekan ini.

Zidane Waspadai Peran Krusial Lloris

Zidane Waspadai Peran Krusial Lloris

17-10-2017 08:50

Zinedine Zidane mewaspadai peran krusial kompatriotnya, Hugo Lloris, jelang pertandingan antara Real Madrid dan Tottenham di Liga Champions pekan ini.