IMADE WIRAWAN

I Made Wirawan
Nama Lengkap : I Made Wirawan
Tempat Lahir : Gianyar, Bali
Tanggal Lahir : 12 Januari 1981 (35 Tahun)
Kebangsaan : Indonesia
Posisi : Kiper
No Punggung : 87
Tinggi : 180 cm

Karir

Penjaga gawang berpostur tegap ini merupakan sosok penjaga gawang yang dikenal pendiam oleh rekan-rekan satu timnya. Sikapnya yang pendiam itu jugalah yang membuatnya banyak disukai oleh para suporter. Meski pendiam, pria kelahiran Gianyar ini bukanlah tipikal penjaga gawang yang bisa diremehkan. Sifat pendiamnya sama sekali tak terlihat ketika ia berlaga di lapangan. Pekerja keras, pantang menyerah dan kokoh dibawah mistar gawang adalah Made Wirawan kala bertanding di lapangan.

Pria kelahiran 12 Januari 1981 merupakan tipikal penjaga gawang yang tak kenal meyerah. Hal itu dapat dilihat dari usahanya menghentikan berkali-kali gempuran Cina ke gawang Indonesia kala Indonesia berlaga dalam ajang kualifikasi Piala Asia pada Oktober 2013. Berkali-kali gawangnya digempur oleh para punggawa Cina namun ia hanya memungut bola dari gawangnya sebanyak 1 kali sepangjang pertandingan.

Made Wirawan bermain sepak bola secara profesional bersama dengan Perseden Denpasat pada 2003. Tak butuh waktu lama bagi penjaga gawang asli Bali ini untuk bisa merebut posisi inti di klubnya tersebut. Pada 2005 ia hijrah ke Persekaba Kabupaten Badung. Bersama dengan klub asal Kabupaten Badung tersebut, ia bermain dengan bagus sebelum akhirnya ditransfer ke Persiba Balikpapan pada pertengahan 2007.

Pria Bali ini mendarat di Balikpapan kala Persiba masih berjuang di divisi Utama Liga Indonesia. Pada awal kedatangannya, banyak yang meragukan performa penjaga gawang tersebut. Hal itu dikarenakan penjaga gawang Persiba sebelumnya, Sumardi, sukses tampil apik bersama dengan tim berjuluk Beruang Madu tersebut. Penampilan Sumardi yang juga eks penjaga gawang tim nasional Indonesia tersebut sudah melekat di hati masyarakat Balikpapan.

Namun Made menjawab keraguan tersebut dengan penampilan gemilang. Tak butuh waktu lama baginya untuk mendapatkan posisi utama dan ketika ia diberi kepercayaan, ia membalasnya dengan berkali-kali ia menyelamatkan gawang Persiba dari serangan lawan. Ia juga sukses membawa tim Beruang Madu tersebut promosi ke ISL pada musim 2009/2009 dan menjalani musim dengan sangat kompetitif.

Penampilan apiknya selama beberapa musim bersama tim Berunag Madu tersebut membuat banyak klub mencoba untuk menggodanya agar ia bersedia hijrah dari Persiba. Dan akhirnya Persib Bandung lah yang sukses mendapatkan tanda tangan penjaga gawang yang saat masih menimba ilmu sepak bola dulu sempat berposisi sebagai striker ini. Ia resmi hijrah ke Persib terhitung sejak musim 2012/2013. Ia tak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan posisi utama di kubu Maung Bandung. Penampilan gemilangnya juga membuatnya dilirik oleh pelatih Timnas Indonesia.

Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru I Made Wirawan

Persib Tahan Imbang Arema di Kanjuruhan

Persib Tahan Imbang Arema di Kanjuruhan

18-12-2016 20:53

Arema Cronus gagal memetik poin penuh saat menjamu Persib Bandung di stadion Kanjuruhan di pekan terakhir kompetisi Indonesia Soccer Championship, Minggu (18/12).

Penyerang Bali United Tak Mau Pandang Enteng Gresik United

Penyerang Bali United Tak Mau Pandang Enteng Gresik United

01-08-2016 10:09

Kendati secara peringkat di klasemen sementara Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016 timnya berada di atas Gresik United, I Made Wirahadi menegaskan tak mau meremehkan lawan mereka tersebut. Menurut penyerang Bali United ini, timnya harus menjaga fokus kala menghadapi Gresik United.

ISC Tanpa Promosi dan Degradasi, Ini Kata Kiper Persib

ISC Tanpa Promosi dan Degradasi, Ini Kata Kiper Persib

02-03-2016 14:53

Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan tak terlalu mempermasalahkan jika Indonesia Soccer Championship (ISC) pada bulan April mendatang tanpa sistem promosi dan degradasi.

Terkejut Menang Besar, Riedl Apresiasi Made Wirawan

Terkejut Menang Besar, Riedl Apresiasi Made Wirawan

28-11-2014 21:53

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Alfred Riedl kaget karena timnya menang dengan skor telak 5-1 dalam pertandingan lawan Laos, Jumat (28/11) malam di Hang Day Stadium, Hanoi.

Jajal Nepal, Timnas Pertahankan Komposisi Pemain

Jajal Nepal, Timnas Pertahankan Komposisi Pemain

24-06-2014 15:01

Timnas Indonesia akan menjamu Nepal dalam laga uji coba di Stadion Gajayana, Malang, Rabu (25/6) besok.

Meiga, Made dan Salampessy Dipastikan Absen

Meiga, Made dan Salampessy Dipastikan Absen

21-06-2014 12:16

Tim Nasional (Timnas) Indonesia dipastikan tak akan turun dengan dua penjaga gawang andalannya, Kurnia Meiga dan I Made Wirawan, saat menghadapi Pakistan, Sabtu (21/6) sore ini. Bek Persebaya Ricardo Salampessy juga tak bisa diturunkan.

Gawat, Dua Kiper Timnas Cedera

Gawat, Dua Kiper Timnas Cedera

19-06-2014 15:28

Menjelang pertandingan kontra Pakistan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (21/6) besok lusa, Timnas Indonesia diterpa badai cedera.

Dokter Timnas: Cedera I Made Wirawan Cukup Parah

Dokter Timnas: Cedera I Made Wirawan Cukup Parah

27-02-2014 09:41

Penjaga gawang milik Persib Bandung, I Made Wirawan, terlihat absen dalam pemusatan latihan perdana Timnas Indonesia di Lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, Rabu (26/2) pagi.

Choirul Huda Gantikan Posisi I Made Wirawan di Timnas Senior

Choirul Huda Gantikan Posisi I Made Wirawan di Timnas Senior

26-02-2014 18:15

Penjaga gawang klub Persib Bandung, I Made Wirawan, dipastikan tidak dapat mengikuti training centre (TC) tim nasional Indonesia senior sebagai persiapan tampil di laga pamungkas babak Kualifikasi Piala Asia 2015, lawan Timnas Arab Saudi

Review: Dua Gol Irak Kandaskan Indonesia

Review: Dua Gol Irak Kandaskan Indonesia

19-11-2013 20:58

Timnas Indonesia gagal memanfaatkan status tuan rumah untuk mendulang poin setelah kalah 0-2 dari Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (19/11) malam