Nama Lengkap : Jack Andrew Garry Wilshere
Tempat Lahir : Stevenage, Inggris
Tanggal Lahir : 01 Januari 1992 (25 Tahun)
Kebangsaan : Inggris
Klub : Bournemouth
Posisi : Gelandang
No Punggung : 32
Tinggi : 172 cm

Jack Andrew Garry Wilshere atau yang lebih dikenal dengan nama Wilshere adalah pemain sepak bola kelahiran 1 Januari 1992 yang berasal dari Inggris. Pada usianya yang masih muda, Wilshere telah menjadi kapten Tim sepak bola Priory School dan memenangkan kejuaraan County Cup dan District Cup.

Wilshere bergabung dengan tim junior Luton Town sebelum akhirnya bergabung dengan tim junior Arsenal pada tahun 2001 ketika ia berusia sembilan tahun. Ia menajadi kapten tim junior Arsenal U-16 dan tampil untuk tim U-18.

Pada tahun 2007, Wilshere sempat bermain di liga Champions Youth Cup dan sekembalinya ia ke Inggris, pelatih Akademi Arsenal, Steve Bould, membawa Wilshere bertanding melawan tim Chelsea U-18.

Pemain asal Inggris ini berhasil mencetak gol pertamanya di pertandingan melawan Aston Villa U-18, dimana pertandingan tersebut dimenangkan oleh Arsenal dengan skor akhir 4-1. Ia kemudian mencetak hat-trick ke gawang Watford U-18s.

Wishere mengakhiri musim pertamanya di U-18 dengan 13 gol dalam 18 pertandingan. Ia berperan besar dalam  pertandingan semi final Arsenal pada liga FA Youth Cup tahun 2009 dimana ia mencetak gol penentu.

Pada bulan Juli 2008, Wilshere terpilih untuk bermain di tim inti Arsenal pada pertandingan  pra-musim. Ia memulai  debutnya di tim inti pada pertandingan melawan Barnet sebagai pengganti Henri Lansbury, dimana ia membantu Jay Simpson untuk mencetak gol.

Wilshere mencetak dua gol nya pertama bagi Arsenal di pertandingan melawan Burgenland XI. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 10-2, kemenangan untuk Arsenal, dan pemain sepak bola asal Inggris ini mencetak gol keduanya di pertandingan persahabatan melawan Stuttgart.

Di musim 2009-10, Wilshere mencetak dua gol dan dua kali membawa pulang gelar Man of the Match. Pada tanggal 22 September 2009, ia tampil di pertandingan Football League Cup melawan West Bromwich Albion dan pada menit ke-37, ia terlibat dalam insiden kontroversial dengan Jerome Thomas, dimana pemain Albion ini mendorong wajah Wilshere dan mendapat kartu merah atas tindakan tersebut.

Pada tanggal 29 Januari 2010, Wilshere bergabung dengan klub Liga Utama Inggris, Bolton Wanderers, dengan status pinjaman hingga akhir musim 2009-10. Ia memulai debutnya untuk Bolton di pertandingan melawan Manchester City pada tanggal 9 Februari dan mencetak gol pertamanya untuk Bolton di Liga Premier melawan West Ham United pada tanggal 6 Maret 2010.

Bolton menawarkan kontrak dengan status pinjaman untuk musim berikutnya kepada Wilshere, namun ia menolak dan kembali bermain untuk Arsenal pada tanggal 15 Agustus 2010 di Liga Premier Inggris melawan Liverpool di Anfield.

Pada bulan September 2010, Wilshere mendapatkan gelar Arsenal's Player of The Month dan pada tanggal 16 Oktober 2010, ia mendapat kartu merah dan terpaksa keluar dari pertandingan Liga Premier Inggris melawan Birmingham City, dimana ia menantang Nikola igic. Pada tanggal 1 November, ia memperbarui kontraknya dengan Arsenal dan pada bulan April 2011, Wilshere memenangkan PFA Young Player of the Year.

Pada musim 2011-12, Wilshere mengalami cedera pergelangan kaki di pertandingan persahabatan melawan New York Red Bulls dan pada tanggal 26 September, pemain berkebangsaan Inggris ini harus menjalani operasi yang mengharuskannya beristirahat selama empat sampai lima bulan.

Pada tanggal 27 Januari Wilshere kembali menderita cedera pergelangan kaki dan sejak bulan April 2012 ia harus absen selama sisa musim dan melewatkan 2012 Olympics dan UEFA Euro 2012 di Inggris.

Wilshere mendapatkan kaos bernomor punggung 10 pada tanggal 17 Agustus 2012 yang dulunya dikenakan oleh Robin Van Persie sebelum ia meninggalkan Arsenal dan bergabung dengan Manchester United. Pada tanggal 19 Desember 2012,  Wilshere memperpanjang kontraknya dengan Arsenal.

Pada tanggal 7 Agustus 2010, Wilshere bergabung dengan Timnas Inggris untuk pertama kalinya. Ia memulai debutnya sebagai pemain Tim Nasional Inggris pada tanggal 11 Agustus 2010, tampil sebagai pengganti dari Steven Gerrard pada menit ke-83 di laga kontra Hungaria.

Pada tanggal 6 Februari 2013, Wilshere tampil di pertandingan antara Inggris dan Brasil di Wembley dimana ia berhasil menyabet gelar Man of The Match. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 2-1, untuk kemenangan Inggris.

Oleh: Baby Nabilah

Berita Terbaru Jack Wilshere

Henry Tak Kaget dengan Aksi Fantastis Nketiah

Henry Tak Kaget dengan Aksi Fantastis Nketiah

26-10-2017 10:40

Thierry Henry memuji bintang anyar Arsenal, Eddie Nketiah, usai ia mencetak dua gol kemenangan atas Norwich City.

Gara-gara Wilshere, Ozil Bisa Gabung MU

Gara-gara Wilshere, Ozil Bisa Gabung MU

25-10-2017 15:40

Bintang Arsenal, Mesut Ozil, dikabarkan bisa bergabung dengan Manchester United karena berebut nomor punggung dengan Jack Wilshere.

Wilshere Akan Dapat Kesempatan ke Piala Dunia

Wilshere Akan Dapat Kesempatan ke Piala Dunia

25-10-2017 15:00

Bos Inggris, Gareth Southgate, memastikan bahwa gelandang Arsenal, Jack Wilshere, akan punya kesempatan untuk masuk dalam rencananya di Piala Dunia tahun depan di Rusia.

Banyak Waktu Luang, Wilshere Kursus Kepelatihan

Banyak Waktu Luang, Wilshere Kursus Kepelatihan

25-10-2017 10:30

Gelandang Arsenal, Jack Wilshere, mengungkap bahwa ia dan rekannya, Per Mertesacker, sudah mulai menjalani kursus kepelatihan dengan visi untuk menjadi manajer di masa mendatang.

Mau Sukses, Wilshere Diminta Jaga Kebugaran

Mau Sukses, Wilshere Diminta Jaga Kebugaran

21-10-2017 16:30

Jack Wilshere diklaim akan kembali menjadi pemain penting bagi Arsenal jika ia terus menjaga tubuhnya tetap fit menurut pandangan Jermaine Jenas.

Wenger Isyaratkan Wilshere Segera Main di EPL

Wenger Isyaratkan Wilshere Segera Main di EPL

21-10-2017 14:50

Wenger menyebut sang pemain sudah cukup kuat untuk bermain kembali di EPL dalam waktu dekat.

Performa Impresif Wilshere Tak Kejutkan Arsenal

Performa Impresif Wilshere Tak Kejutkan Arsenal

20-10-2017 14:15

Performa apik Jack Wilshere semalam ternyata sama sekali tak mengejutkan skuat Arsenal.

Arsenal Raih Poin Sempurna, Wilshere: Kami Punya Kualitas

Arsenal Raih Poin Sempurna, Wilshere: Kami Punya Kualitas

20-10-2017 12:25

Gelandang Arsenal, Jack Wilshere mengatakan bahwa sejak awal yakin bahwa timnya memiliki cukup kualitas untuk tampil baik di Liga Europa. Itulah mengapa dirinya tak terlalu terkejut dengan kesuksesan mereka meraih poin sempurna.

Wilshere Bicara Soal Gol Akrobatik Giroud

Wilshere Bicara Soal Gol Akrobatik Giroud

20-10-2017 11:46

Gelandang Arsenal, Jack Wilshere mengatakan bahwa dirinya sangat senang dengan kemenangan timnya atas Red Star Belgrade dan juga memuji gol tunggal nan cantik dari Olivier Giroud pada kemenangan tersebut.

Wenger: Wilshere Akan Dapat Kesempatan di Premier League

Wenger: Wilshere Akan Dapat Kesempatan di Premier League

20-10-2017 11:20

Gelandang Arsenal, Jack Wilshere, akan mendapat peluang untuk bermain di Premier League, menurut manajer Arsene Wenger.